Kita memang tidak bisa memilih akan jatuh cinta kepada siapa, tapi yang dapat kita pilih adalah apakah kita tetap memilih untuk terus mencintainya atau tidak. Begitupun dengan pasangan kamu yang sekarang. Apakah kamu memilih untuk terus tetap mencintainya, Bela? 

Perasaan cinta itu juga perlu ditumbuhkan dan dipupuk setiap waktu agar mempererat hubungan, lho. Salah satu hal yang dapat dilakukan setiap pasangan untuk mepererat hubungan adalah dengan keintiman yang mereka miliki satu sama lain.

Keintiman adalah tentang kedekatan, kebersamaan, dan menciptakan serta memelihara hubungan asamara. Pada dasarnya setiap pengalaman yang dialami oleh setiap pasangan menimbulkan kehangatan dalam hubungan. 

Keintiman menjadi hal penting dalam hubungan asmara yang harmonis. Agar hubungan kamu dan pasangan semakin hangat, Popbela telah merangkum beberapa jenis keintiman yang dapat kamu lakukan bersama pasangan agar hubungan kamu semakin erat. Yuk, simak di bawah ini.

1. Keintiman fisik

Agar Makin Hangat, Ini 7 Jenis Keintiman untuk Mempererat Hubunganfreepik.com/fdrobotdean

Keintiman fisik tidak selalu perkara seks, lho, Bela. Kamu dapat melakukan aktivitas fisik bersama pasangan, seperti olahraga bersama atau berkebun bersama. Sentuhan-sentuhan fisik juga dapat kamu lakukan seperti, bergandengan tangan, berpelukan, atau menyenderkan kepala kamu di bahu pasangan. Terkesan sederhana bukan? Namun kenitiman fisik seperti itu dapat mempererat hubungan, lho.

2. Keintiman emosional

Agar Makin Hangat, Ini 7 Jenis Keintiman untuk Mempererat Hubunganfreepik.com/fArthurHidden

Kedekatan dalam hubungan membutuhkan keterbukaan dan kepercayaan serta rasa saling memiliki satu sama lain. Kedekatan yang terjalin akan membangun keintiman emosional di antara pasangan. Di sisi lain melalui suara, aroma, gestur, dan aspek visual lainnya juga dapat menjadi unsur keintiman emosional yang terbangun selama ini. Keintiman emosional bukan menjadi tujuan, melainkan pengalaman yang tercipta sehingga menciptakan keterkaitan kamu dengan pasangan menjadi semakin kuat dan erat. 

3. Keintiman intelektual

Agar Makin Hangat, Ini 7 Jenis Keintiman untuk Mempererat Hubunganpexels.com/Rosie Ann

Berbagi sudut pandang dan pemikiran kepada pasangan menjadi hal yang perlu untuk dilakukan. Meskipun tidak akan mudah menyatukan isi dua kepala, dengan belajar untuk menerima sudut padang pasangan, keintiman hubungan kamu dan dia juga dapat menjadi semakin erat.

4. Keintiman pengalaman

Agar Makin Hangat, Ini 7 Jenis Keintiman untuk Mempererat Hubunganunsplash.com/Scott Broome

Saling berbagi pengalaman antara kamu dengan dia akan membuat hubungan kalian menjadi semakin dalam. Di lain sisi, kamu juga dapat mencoba menciptakan momen keintiman kamu dengan pasangan agar hubungan kalian semakin erat. Memasak makan bersama, liburan bersama, atau sekadar mengerjakan pekerjaan rumah bersama menjadi hal yang dapat kamu lakukan untuk menciptakan kenangan dan keintiman yang tidak dimiliki orang lain.

5. Keintiman spiritual

Agar Makin Hangat, Ini 7 Jenis Keintiman untuk Mempererat Hubunganfreepik.com/jcomp

Keintiman spiritual sering kali merujuk pada kepercayaan, bahwa ada hal yang lebih besar dari diri kamu. Hal yang dapat kamu lakukan adalah dengan melakukan doa bersama atau beribadah bersama pasangan. Mampu membagikan keintiman spiritual dengan orang yang kamu cintai tanpa menghakimi adalah kebutuhan untuk mepererat hubungan.

6. Keintiman waktu

Agar Makin Hangat, Ini 7 Jenis Keintiman untuk Mempererat Hubunganpexels.com/Andrea Piacquadio

Tidak melulu hubungan suami istri sebatas di atas ranjang saja, kamu juga dapat menikmati waktu berdua bersama pasangan. Sesekali luangkan waktu untuk kamu dan pasangan pergi berdua atau menghabiskan waktu dengan menonton film bersama. Hal ini dapat meredakan stres karena aktivitas masing-masing dan setidaknya kalian sudah menghabiskan waktu bersama. Memiliki waktu berkualitas untuk mengobrol dapat menciptakan keintiman yang dapat mempererat hubungan.

7. Mengkespresikan perhatian dari pasangan

Agar Makin Hangat, Ini 7 Jenis Keintiman untuk Mempererat Hubunganfreepik.com/fprostooleh

Cara lain yang bisa dilakukan untuk menjaga keintiman hubungan adalah mengapresiasi setiap perhatian yang diberikan oleh pasangan, cukup sederhana bukan? Namun ternyata hal ini sangat penting untuk dilakukan, lho. Tentunya dia akan merasa senang jika hal yang dilakukannya dihargai. Jangan lupa untuk mengucapkan terima kasih atas setiap hal yang telah dia berikan atau lakukan untukmu ya, Bela.

Nah, itulah beberapa jenis keintiman yang dapat kamu dan pasangan lakukan agar hubungan kalian semakin erat. Selamat mencoba dan semoga hubungan yang kamu jalani saat ini menjadi semakin erat dan hangat ya.

Baca Juga: 6 Fakta Mengejutkan Soal Hubungan Harry-Meghan dan Keluarga Kerajaan

Baca Juga: Picu Hubungan Tidak Sehat, Ini 8 Tanda Pacar Manipulatif

Baca Juga: 7 Efek Samping yang Mungkin Kamu Rasakan Akibat Hubungan Toxic