Kado menjadi sebuah tanda sayang dan perhatian yang diberikan kepada orang yang spesial. Saat ini bentuk barang yang bisa dijadikan kado sangat beragam, mulai dari cokelat, sepatu, tas, jam tangan, dompet dan lain sebagainya.

Tapi, apakah kamu merasa jika barang-barang tersebut sudah terlalu mainstream untuk dijadikan sebuah kado? Saat kamu hendak memberikan seseorang hadiah yang unik, anti-mainstream, tapi tetap berkesan, tanaman hias bisa menjadi alternatif pilihan untuk kado yang kamu berikan kepada pasangan.

Memberikan tanaman hias sebagai hadiah bisa menjadi hal yang mengesankan bagi yang menerimanya, sebab tanaman hias bisa menjadi hadiah yang terus tumbuh dan indah. Sama seperti cinta kamu dan pasangan yang diharapkan juga terus tumbuh, jika dipupuk dengan cinta.

Kalau masih bingung jenis tanaman hias apa yang cocok untuk diberikan sebagai hadiah kepada pasangan, berikut Popbela telah merangkum 8 inspirasi kado tanaman hias untuk pasangan yang cocok kamu pilih.

1. Aechmea pink

8 Inspirasi Kado Tanaman Hias untuk Pasangan, Dijamin Anti-Mainstreamfreepik.com/martinleber

Bunga ini memiliki ukuran cukup besar yang dapat menarik perhatian bagi siapa pun yang melihatnya. Uniknya, tanaman hias ini hanya memiliki satu bunga saja. Ini bisa menjadi simbol kesetiaan kepada pasangan, bahwa hanya ada dia satu di hati kamu. Kamu dapat membelinya sekaligus dengan potnya, ini akan memudahkan si dia untuk merawat dan membiarkan tanaman cantik ini tumbuh.  

2. Kaktus

8 Inspirasi Kado Tanaman Hias untuk Pasangan, Dijamin Anti-Mainstreamunsplash.com/freddie marriage

Memberikan hadiah kaktus melambangkan kekuatan dan keabadian yang cocok untuk kamu berikan kepada pasangan. Apalagi saat hubungan yang terjalin sudah cukup lama di antara kalian berdua, kuat bagaikan kaktus.

Kaktus juga termasuk tanaman hias yang mudah dirawat dan tidak rewel, lho. Tanaman ini tidak memerlukan air terlalu banyak dan bisa diletakkan di mana saja. Namun, tempat yang terbaik adalah tempat yang terkena sinar matahari. 

3. Lavender

8 Inspirasi Kado Tanaman Hias untuk Pasangan, Dijamin Anti-Mainstreamid.pinterest.com/plantinstruction

Lavender terkenal sebagai bunga yang cantik dengan aromanya yang sangat khas juga bisa dijadikan sebagai kado unik untuk pasangan. Aromanya dapat menjadi aroma terapi sehingga kamu dan pasangan dapat lebih nyenyak tidur. Ternyata, lavender juga bisa digunakan untuk mengusir nyamuk yang kerap mengganggu, lho, Bela. Sangat bermanfaat bukan? 

4. Daun Mint

8 Inspirasi Kado Tanaman Hias untuk Pasangan, Dijamin Anti-MainstreamPexels.com/Cats Coming

Tanaman yang sering digunakan campuran bahan masakan dan minuman ini ternyata juga cocok untuk diajdikan kado tanaman hias untuk pasangan. Bentuknya yang sederhana, namun tetap cantik dapat kamu padu padankan dengan pot putih dan ditaruh di teras rumah. Dijamin ini akan semakim mampu menghidupkan suasana rumah kamu dan pasangan. 

5. Hypoestes

8 Inspirasi Kado Tanaman Hias untuk Pasangan, Dijamin Anti-Mainstreamid.pinterest.com/thespruce

Hypoestes merupakan tanaman dengan daun yang sangat cantik dan tergolong tanaman hias yang cukup popular. Tanaman ini cocok dijadikan sebagai kado untuk pasangan karena tampilannya indah dan perawataannya mudah. Tumbuhan hias daun polkadot pink ini dapat diletakkan dalam ruangan, di teras, atau di bawah naungan, tapi jangan lupa untuk memangkasnya jika sudah tumbuh panjang agar tetap terlihat indah dan rapi ya, Bela.

6. Calathea Medallion

8 Inspirasi Kado Tanaman Hias untuk Pasangan, Dijamin Anti-Mainstreamunsplash.com/Magali Merzougui

Apabila pasangan kamu merupakan orang yang gemar mengoleksi tanaman hias, calathea medallion menjadi pilihan yang tepat untuk diberikan kepadanya. Tanaman hias ini memiliki warna dan motif daun yang unik sehingga dapat memperindah tampilan ruangan karena calathea bisa tetap tumbuh dalam kondisi ruangan minim cahaya. Uniknya, daun tanaman hias ini bisa menutup dan membuka tergantung pada waktu dan cahaya yang diterima--ajaib, ya!

7. Hoya tricolor

8 Inspirasi Kado Tanaman Hias untuk Pasangan, Dijamin Anti-Mainstreamid.pinterest.com/waitgardenrose.com

Tanaman hias lainnya yang cocok untuk dijadikan sebagai hadiah ialah hoya tricolor. Tidak begitu susah untuk merawat tanaman hias satu ini, hanya dengan memastikan menyiramnya secara rutin agar tanaman tidak kering dan mati. Tanaman hias ini cenderung cepat tumbuh, namun jangan melupakan untuk tetap memberinya pupuk dan meletakkannya di tempat yang teduh, ya, Bela.

8. Red flamingo anthurium

8 Inspirasi Kado Tanaman Hias untuk Pasangan, Dijamin Anti-Mainstreamfreepik.com/farhadibrahimzad

Tanaman hias satu ini cukup populer dan sempat memiliki nilai jual tinggi beberapa waktu silam. Tidak heran, tanaman ini memang memiliki bentuk dan warna yang cantik. Tidak hanya satu warna, anthurium punya beberapa warna lain, mulai dari biru, oranye, hijau, putih, hingga pink. Tiap warnanya mempunyai perawatan yang berbeda, lho, Bela. Tidak ada salahnya memberikan hadiah orang tersayang dengan tanaman satu ini, konon katanya tanaman ini melambangkan kelanggengan.

Kado berupa tanaman hias akan lebih terasa abadi karena filosofi tanaman dapat diterapkan dalam hubungan kasih sayang. Tanaman butuh disiram dan dipupuk agar tumbuh subur. Begitu juga dengan hubungan yang membutuhkan kasih sayang untuk terus menumbuhkan rasa di antara keduanya, menjaganya agar tetap hidup.

Baca Juga: Tanaman Hias Makin Hits, Simak 5 Langkah & Tips untuk Mulai Bisnisnya

Baca Juga: 15 Rekomendasi Kado untuk Cowok yang Bikin Si Dia Makin Bahagia

Baca Juga: 13 Ide Kado Pernikahan Terbaik untuk Pasangan yang Baru Menikah