Indahnya hubungan asmara Rafael Tan dengan Sabina Paz yang berencana menikah di bulan Juli 2023 mendatang, akhirnya kandas. Desas-desus kabar pasangan ini batal menikah awalnya tidak terdengar, sampai kemudian Rafael Tan sendiri yang mengonfirmasi. Mantan personel boyband SM*SH tersebut memilih mengakhiri hubungan dengan perempuan yang telah dilamarnya pada Januari 2022 lalu dengan alasan perbedaan prinsip.

Dalam sebuah wawancara, Rafael mengatakan kalau hubungan asmaranya dengan perempuan asal Australia itu terlalu terburu-buru hingga sudah berpikiran ke jenjang yang serius. Rafael Tan juga menyinggung perbedaan budaya, pola pikir, hingga cara komunikasi yang seharusnya bisa saling mengenal lebih dalam lagi sebelum naik pelaminan.

Keputusan Rafael Tan dan Sabina Paz berpisah mengundang rasa kecewa dari berbagai pihak. Bukan hanya Rafael, keluarganya juga menyayangkan perihal batal melanjutkan hubungan hingga ke jenjang pernikahan. Apalagi Sabina sudah sangat dekat dengan keluarga Rafael. 

Sebuah perpisahan memang bukanlah hal mudah. Sama seperti perjalanan cinta Rafael Tan dengan Sabina Paz dari awal bertemu hingga lamaran. Namun, sangat disayangkan, hubungan bahagia mereka harus berakhir. Ingin tahu fakta hubungan asmara Rafael dan Sabina? Simak di bawah ini, ya.

1. Awal kedekatan

Batal Nikah, Ini 7 Fakta Hubungan Asmara Rafael Tan dan Sabina PazInstagram.com/rafaell_16

Pentolan boyband SM*SH ini pertama kali bertemu kekasih bulenya di tahun 2017. Namun, hubungan mereka tidak langsung intens, bahkan keduanya sempat hilang kontak. Rafael dan Sabina kemudian bertemu lagi di tahun 2020 ketika sang gadis bule menjadi model di video klip Rafael.

"Sebenarnya waktu pertama ketemu itu tahun 2017 di Bali, dia sudah stay di Bali lima tahun. Waktu itu dikenalin cuma selewat, sudah lama nggak ketemu, nggak tahu kontaknya. Tahun 2020 ketemu waktu aku kerja sama rapper, dia ini sahabat istri rapper itu, jadi ketemu," kata Rafael, dikutip dari YouTube TRANS TV Official.

2. Sempat terkendala bahasa

Batal Nikah, Ini 7 Fakta Hubungan Asmara Rafael Tan dan Sabina PazYoutube.com/RafaelTan Official

Di tengah keharmonisan hubungan asmara mereka, ternyata Rafael dan Sabina sama-sama memiliki kendala bahasa dalam berkomunikasi. Di awal masa PDKT dengan Sabina, Rafael mengaku masih belum percaya diri berbahasa Inggris, sehingga dia sering menghindar saat diajak mengobrol oleh perempuan bule itu.

"Jadi waktu aku kerja, kalau dia ajak ngomong, aku berusaha lari-lari gitu. Tapi, ternyata sudah tiga kali ketemu, dia ngerti bahasa Indonesia. Dia bilang juga, aku mau belajar bahasa Indonesia, supaya bisa komunikasi terus," ungkapnya.

"Kalau ngobrol pakai bahasa Indonesia dia ngerti, tapi harus pelan-pelan. Aku pun ngerti kalau dia ngomong bahasa Inggris, tapi kalau untuk ngomong bahasa Inggris, aku belum pede. Dia juga sama," sambung Rafael.

Walaupun pasangan ini masih terkendala bahasa, mereka tetap berusaha saling belajar dan memahami komunikasi antara keduanya. Bahkan, Sabina saat itu memutuskan ingin belajar bahasa Indonesia agar bisa terus menjaga komunikasi.

3. Ternyata nggak pacaran

Batal Nikah, Ini 7 Fakta Hubungan Asmara Rafael Tan dan Sabina PazDok. internet

Di balik kabar kedekatan Rafael Tan dan Sabina Paz hingga momen tunangan, ternyata mereka sama sekali nggak pacaran. Laki-laki berusia 35 tahun ini mengatakan dirinya dan Sabina hanya melakukan PDKT tanpa pacaran. Terlebih karena ia memiliki resolusi di tahun 2020 agar bisa mendapat pendamping yang serius, laki-laki asal Garut ini langsung mengajak kekasih bulenya bertunangan pada Januari 2022 lalu.

"Kalau aku sebenarnya tipikal yang santai, waktu ditanya kapan nikah, ya, sudah nanti dikasih sama Tuhan. Cuma tahun 2020 kemarin, aku lagi kayak punya resolusi 2021 ingin punya pasangan yang benar-benar bisa diajak serius," kata Rafael.

"Nggak ada pacaran, kita PDKT dari April, Agustus aku propose untuk tunangan. Selama PDKT itu bukan ngobrol hal ringan, tapi ke depannya seperti apa," ungkapnya.

Jadi alasan pendekatan mereka singkat dan langsung bertunangan karena Rafael ternyata sudah memiliki resolusi menikah di tahun 2020 yang kemudian dipertemukan dengan Sabina Paz sebagai kekasih.

4. Saling suka karena kebaikan hati

Batal Nikah, Ini 7 Fakta Hubungan Asmara Rafael Tan dan Sabina PazInstagram.com/rafaell_16

Awalnya Rafael Tan tidak menyangka akan mendapat kekasih bule. Namun karena sering bertemu dan kerja bareng dengan Sabina, akhirnya mereka menjalin cinta. Belum lama dekat, Rafael dan Sabina kemudian sudah mantap menjalin hubungan serius hingga pelaminan. Rafael pun sudah mengenalkan Sabina dengan kepada keluarganya di Garut.

Mereka saling berkomitmen untuk membangun hubungan asmara karena saling tertarik dengan kebaikan hati. Rafael mengatakan Sabina adalah sosok perempuan yang sayang keluarga, sabar, dan baik hati. Begitu juga hal yang sama diungkapkan oleh Sabina.

"Dia itu sabar, kelihatan sayang sama keluarga. Kan semua keluarga dia di Australia. Setiap hari komunikasi, bahkan sama kakek neneknya pun di Prancis komunikasi. Waktu dikenalkan ke keluarga, dia tulus sayang sama keluarga aku, dia bisa benar-benar ngertiin dan nggak pernah nuntut," ujar Rafael.

5. Resmi tunangan di tahun 2021

Batal Nikah, Ini 7 Fakta Hubungan Asmara Rafael Tan dan Sabina PazYoutube.com/RafaelTan Official

Setelah menjalin hubungan asmara yang dekat, Rafael Tan berniat akan menikah dengan Sabina Paz. Laki- laki kelahiran tahun 1986 ini akhirnya melamar Sabina di bulan Agustus 2021 lalu. Dua sejoli ini melangsungkan pemotretan tunangan dengan nuansa putih di ruangan terbuka. Perempuan yang bekerja sebagai desain interior itu terlihat menunjukkan cincin tunangannya dan sedang memegang karangan bunga.

6. Rencana menikah bulan Juli 2023 di Bali

Batal Nikah, Ini 7 Fakta Hubungan Asmara Rafael Tan dan Sabina PazInstagram.com/rafaell_16

Tak lama dari pertunangan tersebut, mereka berniat akan melangsungkan acara pernikahan di Bali pada 2023 tahun depan. Alasan Rafael menikah di tahun 2023 karena dirinya ingin pandemi bisa cepat berakhir, sehingga pasangan ini dapat mengundang sanak keluarga yang banyak dan jauh sekalipun.

7. Batal menikah karena perbedaan prinsip

Batal Nikah, Ini 7 Fakta Hubungan Asmara Rafael Tan dan Sabina PazYoutube.com/RafaelTan Official

Namun sayang, hubungan mereka justru kandas di tengah jalan. Kabarnya, mereka telah berpisah dan membatalkan pernikahan yang rencananya akan digelar di tahun depan. Tidak ada yang tahu pasti mengapa Rafael dan Sabina batal menikah. Namun, pada suatu kesempatan, pelantun lagu Cenat Cenut ini mengatakan dirinya masih perlu mengenal pasangannya lebih dalam lagi. Rafael juga menduga melangsungkan pernikahan terlalu cepat seperti buru-buru.

"Kalau boleh dibilang proses pengenalan satu dengan lain terlalu cepat dan untuk ke jenjang pernikahan banyak hal yang harus dipikirin," kata Rafael Tan pada media, Senin (20/6/2022).

Rafael menambahkan, dirinya dan Sabina memiliki perbedaan prinsip yang dikhawatirkan akan menjadi masalah ketika dibawa ke jenjang pernikahan. Hubungan mereka yang terlihat harmonis, akhirnya harus saling berpisah. Walaupun keluarga menyayangkan keputusan ini, Rafael meyakinkan bahwa dirinya tak ingin mengorbankan tanggapan keluarga karena dalam rumah tangga nanti, dirinya yang akan menjalani.

Cukup sedih dan kaget, ya, mendengar kabar Rafael dan Sabina batal nikah. Tapi, apa pun masalah yang mereka hadapi, hanya mereka yang tahu keputusan terbaik untuk hubungannya ke depan. Kita doakan agar Rafael dan Sabina bisa bertemu jodohnya di waktu yang tepat ya, Bela.

Baca Juga: 10 Momen Manis Rafael Tan Melamar Sabina Paz di Atas Bukit

Baca Juga: Potret Sabina Pazz, Si Cantik Penakluk Hati Rafael Tan

Baca Juga: 10 Potret Mesra Rafael SM*SH dengan Pacar yang Bikin Nggak Berkedip