Dalam hidup, banyak orang yang memiliki rasa penasaran sekaligus ragu perihal jodoh. Mendapatkan jodoh yang baik tentu menjadi keinginan semua orang. Banyak pula yang percaya bahwa jodoh itu sudah diatur oleh Tuhan Yang Maha Esa dan kita tak akan pernah tahu siapa jodoh kita, hingga nantinya dipertemukan.

Sebenarnya dalam Al-Quran ada beberapa kumpulan ayat yang membahas tentang jodoh. Kita sebagai umat Muslim hanya bisa terus bersabar dan berikhtiar untuk dipertemukan dengan jodoh. Jika kamu belum bertemu dengan jodoh, berikut ini adalah beberapa ayat yang bisa kamu amalkan.

1. QS. An Nur: 32

6 Ayat Alquran yang Bicara Tentang Jodoh, Yuk Amalkan!Pinterest.com/Tumblr

وَأَنْكِحُوا الْأَيَامَىٰ مِنْكُمْ وَالصَّالِحِينَ مِنْ عِبَادِكُمْ وَإِمَائِكُمْ ۚ إِنْ يَكُونُوا فُقَرَاءَ يُغْنِهِمُ اللَّهُ مِنْ فَضْلِهِ ۗ وَاللَّهُ وَاسِعٌ عَلِيمٌ

“Dan nikahilah orang yang masih membujang di antara kamu dan juga orang orang yang layak menikah dari hamba hamba sahaya mu yang laki laki dan perempuan. Allah akan memberikan kemampuan pada mereka denga karunia Nya dan Allah maha luas pemberian Nya”.

Ayat ini memberi tahu mengenai rezeki pernikahan yang akan ada ketika melakukan pernikahan. Kamu tak perlu takut memilih pasangan dengan pekerjaan apa pun, tentunya dengan ikhtiar yang juga terus dilakukan.

2. QS. Al Anbiya: 89

6 Ayat Alquran yang Bicara Tentang Jodoh, Yuk Amalkan!Freepik.com

                                                              وَزَكَرِيَّا إِذْ نَادَىٰ رَبَّهُ رَبِّ لَا تَذَرْنِي فَرْدًا وَأَنْتَ خَيْرُ الْوَارِثِينَ

“Ya Tuhanku, janganlah Engkau membiarkan aku seorang diri, Engkaulah ahli waris yang paling baik.”

Ayat ini merupakan doa yang bisa dipanjatkan untuk mendapatkan jodoh yang terbaik. Kamu bisa membaca ayat ini jika merasa sendirian dan memiliki keraguan akan jodohmu.

3. QS. Al Furqon: 74

6 Ayat Alquran yang Bicara Tentang Jodoh, Yuk Amalkan!freepik.com

                                      وَالَّذِيْنَ يَقُوْلُوْنَ رَبَّنَا هَبْ لَنَا مِنْ اَزْوَاجِنَا وَذُرِّيّٰتِنَا قُرَّةَ اَعْيُنٍ وَّاجْعَلْنَا لِلْمُتَّقِيْنَ اِمَامًا

"Ya Tuhan kami, anugerahkanlah kepada kami pasangan dan keturunan dari kalangan kami sebagai penenang hati.”

Ayat ini menggambarkan bahwa pasangan atau jodoh yang akan kita miliki nanti akan membuat hati menjadi tenang. Seorang pasangan digambarkan menjadi pelengkap dalam kehidupan.

4. QS. Ar-Rum: 21

6 Ayat Alquran yang Bicara Tentang Jodoh, Yuk Amalkan!freepik.com

وَمِنْ آيَاتِهِ أَنْ خَلَقَ لَكُمْ مِنْ أَنْفُسِكُمْ أَزْوَاجًا لِتَسْكُنُوا إِلَيْهَا وَجَعَلَ بَيْنَكُمْ مَوَدَّةً وَرَحْمَةً ۚ إِنَّ فِي ذَٰلِكَ لَآيَاتٍ لِقَوْمٍ يَتَفَكَّرُونَ

“Dan di antara tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah Dia menciptakan untukmu istri-istri dari jenismu sendiri, supaya kamu cenderung dan merasa tenteram kepadanya, dan dijadikan-Nya di antaramu rasa kasih dan sayang.”

Ayat ini sering kali ada pada undangan pernikahan. Pernikahan akan membuat kehidupan menjadi tenteram, karena adanya kasih sayang antara sepasang pasangan. 

5. QS. At Thaahaa : 39

6 Ayat Alquran yang Bicara Tentang Jodoh, Yuk Amalkan!freepik.com

أَنِ ٱقْذِفِيهِ فِى ٱلتَّابُوتِ فَٱقْذِفِيهِ فِى ٱلْيَمِّ فَلْيُلْقِهِ ٱلْيَمُّ بِٱلسَّاحِلِ يَأْخُذْهُ عَدُوٌّ لِّى وَعَدُوٌّ لَّهُۥ ۚ وَأَلْقَيْتُ عَلَيْكَ مَحَبَّةً مِّنِّى وَلِتُصْنَعَ عَلَىٰ عَيْنِىٓ

“Dan Aku telah melimpahkan kepadamu kasih sayang yang datang dari Ku, dan supaya kamu diasuh di bawah pengawasan Ku”.

Allah telah mengatur jodoh manusia dengan kuasa-Nya. Namun setiap orang memiliki waktunya masing-masing untuk bertemu dengan jodohnya. Kamu hanya perlu bersabar dan berusaha dengan giat agar mendapatkan jodoh yang terbaik.

6. QS. Yasin: 36

6 Ayat Alquran yang Bicara Tentang Jodoh, Yuk Amalkan!blog.salamplanet.com

سُبْحٰنَ الَّذِيْ خَلَقَ الْاَزْوَاجَ كُلَّهَا مِمَّا تُنْۢبِتُ الْاَرْضُ وَمِنْ اَنْفُسِهِمْ وَمِمَّا لَا يَعْلَمُوْنَ

"Mahasuci (Allah) yang telah menciptakan semuanya berpasang-pasangan, baik dari apa yang ditumbuhkan oleh bumi dan dari diri mereka sendiri, maupun dari apa yang tidak mereka ketahui."

Itulah lima ayat Al-Quran yang membahas tentang jodoh manusia. Kamu tidak perlu khawatir lagi. Beberapa ayat tersebut bahkan dengan jelas memberikan janji bahwa kamu tidak akan kesepian. Ayat-ayat ini juga bisa kamu panjatkan sebagai doa. 

Baca Juga: Jagain Jodoh Orang, 10 Artis Ini Putus Setelah Lama Pacaran

Baca Juga: 5 Misteri Soal Jodoh yang Sebenarnya Punya Makna Besar

Baca Juga: Bahagianya! 10 Pasangan Seleb Ini Temukan Jodoh di Lokasi Syuting