"I'm lucky I'm in love with my best friend.
Lucky to have been where I have been.
Lucky to be coming home again."

Mungkin lagu Jason Mraz sekarang sering sekali jadi playlist di ponselmu. Kamu sedang jatuh cinta, tergila-gila pada temanmu sendiri. Meski banyak orang bilang itu adalah keberuntungan besar, ternyata tak seindah itu saat menjalaninya nanti. Kamu mungkin sudah mengenal dia dengan baik sebelumnya, tapi tidak berarti dia akan jadi orang sama setelah kalian pacaran. 

Semua akan berubah dan kalian harus terbuka dengan perubahan itu. Bahkan masa transisi biasanya akan jadi masa paling sulit. Seseorang yang awalnya hanya teman main, sekarang sudah menjadi teman kencan.

Demi kewarasan, ada baiknya kamu dan dia tidak 'di atas awan' dan mengingat 6 hal ini, agar hubungan kalian tetap terjaga di hati.

1. Tujuan hubungan harus sama

Ingat 6 Hal Ini, Saat Kamu Ingin Berpacaran dengan Teman SendiriPexels.com/Helena Lopes

Sebuah visi sangat penting dalam hubungan baru, apakah kalian akan menjalani hubungan kasual, ingin menikah, atau seperti apa. Jangan sampai kamu dan dia punya pandangan yang berbeda soal hubungan baru ini. Buatlah diskusi yang  terbuka dan jujur soal ini.

2. Harus siap dengan rutinitas baru

Ingat 6 Hal Ini, Saat Kamu Ingin Berpacaran dengan Teman SendiriFreepik.com

Jangan bermimpi kalian bisa menjalani hari-hari layaknya saat masih berteman biasa. Rutinitas kalian pasti akan berubah. Akan ada hari khusus untuk kencan, akan ada pertemuan-pertemuan yang sebelumnya tidak pernah ada saat kalian cuma berstatus teman. Untuk itu, kalian harus mulai bersepakat, sebera sering kalian ingin bertemu.

3. Tidak perlu terburu-buru serius

Ingat 6 Hal Ini, Saat Kamu Ingin Berpacaran dengan Teman Sendirihttp://thebridedept.com/

Mungkin karena kalian sudah saling kenal, rasanya hubungan kalian berjalan dengan sangat cepat. Fase mengenal lebih dalam mungkin hanya butuh waktu sekejap mata saja. Lalu kalian tiba-tiba merasa sudah siap melangkah ke hubungan yang lebih serius. Padahal sebaiknya kamu menunggu terlebih dulu dan meluangkan waktu yang lebih lama untuk mengenalnya sebagai pacar. Karena dalam hubungan yang lebih serius, kalian nggak cuma akan jadi teman, harus ada keromantisan  juga di sana.

4. Lingkungan akan memandang 'aneh'

Ingat 6 Hal Ini, Saat Kamu Ingin Berpacaran dengan Teman Sendiridok.internet

Teman dan keluarga yang sebelumnya melihat kalian sebagai teman akan merasa aneh ketika kalian berdua tiba-tiba saling bermesraan. Karena itu penting untuk memberitahu mereka terlebih dahulu sebelum kalian menjalin hubungan yang lebih dalam lagi. Meski nanti akan tetap ada teman atau keluarga yang merasa 'asing' atau 'aneh' dengan hubungan baru kalian.

5. Cara berkomunikasi perlu diubah

Ingat 6 Hal Ini, Saat Kamu Ingin Berpacaran dengan Teman Sendiriukrainianspace.com

Obrolan kalian sebagian besar mungkin akan sama seperti saat masih jadi teman biasa, meski pasti ada yang berbeda. Rayuan dan kata-kata romantis sesekali akan muncul dalam obrolan kalian. Karena itu cara berkomunikasi kalian perlu sedikit diubah, mungkin lebih romantis?

6. Harus selalu terbuka terhadap perubahan

Ingat 6 Hal Ini, Saat Kamu Ingin Berpacaran dengan Teman Sendiricanva.com

Cara kalian bercanda akan berubah. Cara kalian memberi perhatian akan berubah. Cara kalian berbagi kasih juga tak akan sama lagi. Perubahan ini akan terjadi terus-menerus selama hubungan baru ini dimulai. 

Selain itu akan selalu ada risiko, hubungan romantis kalian tak bisa berjalan lama dan akhirnya kandas. Jika itu terjadi, ada kemungkinan kamu akan kehilangan dia, bukan hanya kehilangan pacar tapi juga kehilangan teman.

Jadi, perlu berpikir dua kali nggak ya kalau ingin berpacaran dengan teman sendiri?

Baca Juga: Pacaran dengan Mantannya Teman, Jahat Nggak Sih?

Baca Juga: 6 Hal yang Harus Dilakukan Kalau Nggak Suka dengan Teman-teman Pacarmu

Baca Juga: 5 Alasan Suamimu Lebih Memilih Bersama Temannya Dibanding Kamu