Apakah kamu ingin terus menerus bersamanya? Ingin selalu tahu dia ada di mana dan sedang melakukan apa? Atau kamu juga berusaha mengendalikan perilaku mereka? Mungkin kamu memang benar-benar terobsesi pada pasanganmu. Kamu ingin memiliki mereka seutuhnya. Bukannya baik, justru pasanganmu akan merasa tertekan dan hubunganmu tidak akan berjalan panjang.

Jika kamu merasa sedang terobsesi dengan pasanganmu, baiknya kamu mulai berbenah dengan cara-cara ini.

1. Sadari bahwa kamu terobsesi

5 Cara Agar Kamu Tidak Terlalu Terobsesi dengan PasanganmuPexels.com/Jasmine Wallace Carter

Kesalahan pertama yang sering dilakukan orang obsesif adalah tidak menyadari kalau dia sedang terobsesi. Mereka tidak memahami bahwa mencintai artinya tidak sepenuhnya memiliki. Selalu ada ruang rindu dalam cinta sejati dan ruang rindu tercipta dengan jarak. Obsesi menguasai pikirannya untuk bertindak tidak rasional. Jika kamu merasa terlalu 'bucin', maka segeralah sadar bahwa kamu tengah terobsesi berlebihan.

2. Terimalah sudut pandangnya

5 Cara Agar Kamu Tidak Terlalu Terobsesi dengan PasanganmuPexels.com/Snapwire

Setiap orang memiliki prioritasnya masing-masing dan bisa berubah tiap waktu. Bisa jadi hari ini dia ingin bersamamu dan besok dia ingin bersama teman-temannya dulu. Harusnya ini tidak jadi masalah besar, karena dia tidak sedang menyalahi komitmen, namun hanya ingin 'mengisi' hidupnya. 

3. Cintai diri sendiri

5 Cara Agar Kamu Tidak Terlalu Terobsesi dengan PasanganmuPexels.com/Lucas Mendes

Sering kali orang yang obsesif dalam hubungan tidaklah mencintai diri mereka sendiri. Hingga pada akhirnya mereka mencari seseorang untuk mencintai mereka karena ini adalah satu-satunya cara agar mereka merasa berharga. Mungkin isu itu juga yang kamu alami sekarang. Jadi mulailah mencintai diri sendiri dengan mengenali kebutuhan emosionalmu.

4. Habiskan waktu bersama teman dan keluarga

5 Cara Agar Kamu Tidak Terlalu Terobsesi dengan PasanganmuPexels.com/Gustavo Fring

Alih-alih berfokus pada satu orang yang kamu cintai, pikirkan semua orang yang mencintaimu. Pasanganmu bukanlah segalanya dalam hidup dan menghabiskan waktu bersama teman dan keluarga akan membantumu menyadari bahwa kamu punya prioritas lain selain dia. Pola pikir ini akam membantumu jadi lebih mandiri dan tidak terobsesi padanya lagi.

5. Lakukan aktivitas yang kamu suka

5 Cara Agar Kamu Tidak Terlalu Terobsesi dengan Pasanganmuwww.instagram.com/adindathomas/

Apakah kamu punya kesukaan atau hobi? Cobalah untuk melakukan sesuatu yang menarik minatmu setiap hari, mulai dari membaca buku hingga menghadiri kelas yoga. Ini akan memberimu waktu setiap hari untuk menikmati hal-hal luar biasa pada dirimu sendiri. 

Baca Juga: Mirip Selena Gomez, Inilah Tandanya Kamu Terobsesi dengan Mantan

Baca Juga: Ini Pesan Chrissy Teigen untuk Pasangan yang Terobsesi dengan Relationship Goals

Baca Juga: 5 Kebiasaan Ini Selalu Muncul dalam Toxic Relationship, Tahukah Kamu?