Apa kamu sering mendengar atau bahkan pernah mendapati, hubungan yang sudah berlangsung lama namun akhirnya harus berakhir dengan nggak bahagia? Nggak semua hubungan ditakdirkan untuk langgeng. Di antara sekian banyak alasan, lima hal di bawah ini cukup sering dinyatakan sebagai penyebab kandasnya sebuah hubungan. Semoga lima hal ini bisa menyadarkanmu, ya!

1. Visi masa depan bertentangan

5 Hal yang Sering Jadi Penyebab Berakhirnya Hubungan Seriusimdb.com

Biasanya masalah yang satu ini kerap terjadi pada pasangan yang berusia 20-an. Kamu dan dia sudah sangat merasa cocok dan nampak saling melengkapi satu sama lain. Hanya saja, masa depan yang direncanakan benar-benar berlawanan. Padahal, memiliki keinginan yang sama untuk masa depan begitu penting untuk keberlangsungan hubungan. Kalau rencana soal masa depan nggak dapat dikompromikan, untuk apa melanjutkan hubungan?

2. Permasalahan keuangan

5 Hal yang Sering Jadi Penyebab Berakhirnya Hubungan Seriusimdb.com

Pada awalnya, masalah uang akan diremehkan saat menjalin hubungan. Namun semakin lama, survei Money Magazine menyebutkan, pasangan bertengkar tentang uang dua kali lebih banyak dibandingkan bertengkar karena seks yang buruk. Untukmu yang ingin melanjutkan hubungan ke arah yang lebih serius, urusan keuangan nggak bisa disepelekan. Bicarakan secara terbuka urusan finansial kepada pasanganmu, ya.

3. Restu kedua orangtua

5 Hal yang Sering Jadi Penyebab Berakhirnya Hubungan Seriuscollider.com

Cukup banyak pasangan yang terpaksa mengakhiri hubungan mereka karena terganjal izin orangtua. Padahal hubungan sudah berjalan bertahun-tahun dan ketika ternyata restu nggak mampu didapat, mau nggak mau hubungan harus putus di tengah jalan. Izin orangtua memang penting dalam hal apa pun, termasuk percintaan.

4.Nggak ada komitmen

5 Hal yang Sering Jadi Penyebab Berakhirnya Hubungan Seriusaceshowbiz.com

Ada beberapa orang yang meski telah memiliki pasangan, namun saat bertemu orang baru yang menarik, mereka akan menyebut dirinya single. Kalau pasangannya tahu akan hal ini, hubungan mereka akan langsung berada di ujung tanduk. Ketidakseriusan komitmen macam ini bisa jadi penyebab hancurnya hubungan. Masalah komitmen lainnya yang membuat hubungan retak ialah ketika salah satu dari pasangan nggak menginginkan peningkatan status hubungan jadi lebih serius.

5. Terlalu sering bersama

5 Hal yang Sering Jadi Penyebab Berakhirnya Hubungan Seriusimdb.com

Mungki hal yang satu nggak sampai mampir di pikiranmu. Ternyata selalu bersama pasangan bukanlah sebuah hal yang baik. Kebiasaan ini dapat membuat hubungan membosankan. Selain itu, kebiasaan ini dapat menimbulkan rasa nggak nyaman karena nggak ada privasi lagi di antara kamu dan pasangan. Karena itulah, menjadi penting untuk memiliki kehidupan sosial di luar hubungan yang kalian miliki.
 
Apa lima alasan kandasnya hubungan di atas cukup mengejutkanmu, Bela? Semoga hubunganmu dan dia bisa berakhir bahagia, ya!
 

BACA JUGA: Pelajaran Berharga Setelah Menjalin Hubungan 4 Tahun dan Berakhir Putus