Pernah dengar ungkapan ‘jatuh cinta berjuta rasanya’? Jika pernah, mungkin kamu setuju dengan ungkapan tersebut. Sebab, jatuh cinta memang mampu membuat kita merasakan beragam hal. Mulai dari senang, sedih, gembira, antusias, kecewa, dan lain sebagainya.

Namun, apa jadinya jika hubungan yang sedang dijalani terasa hampa? Setiap tindakan yang dilakukan pasangan, tidak terasa menyenangkan. Wah, bisa jadi kamu terjebak dalam empty love, tuh, Bela!

Secara sederhana, empty love dapat diartikan sebagai hubungan tanpa cinta yang tulus. Biasanya, pasangan yang memiliki hubungan empty love hanya berkencan demi tujuan tertentu. Akibatnya, hubungan jadi hambar, meragukan, serta berpotensi bikin sakit hati.

Untuk menghindarinya, yuk kenali beberapa ciri hubungan yang termasuk empty love berikut ini. Biar kamu nggak buang-buang waktu berkencan dengan orang yang salah.

1. Selalu setuju hanya untuk menghindari perselisihan

Kenali 6 Ciri Hubungan yang Termasuk Empty Love, Jangan Buang Waktu!Freepik.com/yanalya

Sudah sewajarnya apabila pasangan menjadi support system yang sering kita butuhkan ketika lelah menghadapi pekerjaan sehari-hari. Pasangan sebagai support system yang baik pun harus bisa memberi dukungan serta kritik yang membangun.

Nah, hubungan yang termasuk empty love justru tidak demikian. Biasanya, pasangan selalu setuju pada kita hanya untuk menghindari perselisihan, bukan benar-benar memberi dukungan.

Akibatnya, perbedaan yang ada di antara pasangan pun menjadi tertumpuk dalam hati masing-masing, tanpa sempat diungkapkan dan dicari jalan keluarnya bersama-sama.

2. Komunikasi tidak terbuka dan terasa berjarak

Kenali 6 Ciri Hubungan yang Termasuk Empty Love, Jangan Buang Waktu!freepik.com/our-team

Jika kamu dan pasanganmu terjebak dalam hubungan empty love, salah satu ciri yang bisa kamu kenali ialah bagaimana kamu dan pasangan berkomunikasi. Biasanya, hubungan empty love akan memiliki masalah komunikasi. Misalnya, tidak saling terbuka satu sama lain.

Bahkan, komunikasi yang seharusnya terjalin hangat justru terasa berjarak dan dipaksakan. Percakapan hanya dilakukan semata-mata untuk menghilangkan sunyi, tanpa upaya untuk saling memahami atau berbagi rahasia-rahasia kecil tentang diri.

3. Sering merasa canggung dan tidak nyaman satu sama lain

Kenali 6 Ciri Hubungan yang Termasuk Empty Love, Jangan Buang Waktu!dok.internet

Hubungan yang tidak didasari rasa cinta tentu tidak akan terasa nyaman. Kamu dan pasangan justru akan merasa canggung saat berada di dekat satu sama lain, apalagi saat menghabiskan waktu berdua. Bisa dikatakan bahwa kalian bagaikan orang asing yang terjebak dalam jalinan asmara.

4. Tidak peduli bahkan tidak ada kecemburuan

Kenali 6 Ciri Hubungan yang Termasuk Empty Love, Jangan Buang Waktu!freepik.com/tirachardz

Saat terjebak dalam hubungan empty love, sesungguhnya baik kamu atau pasangan tidak benar-benar mencintai satu sama lain. Akibatnya, dalam hubungan tersebut tidak akan ada rasa kepedulian, apalagi rasa cemburu.

Hal-hal yang terjadi dalam hubungan hanya dianggap sebagai formalitas belaka, serta tidak pernah mencoba saling memahami. Selain itu, cinta yang hampa juga tidak akan menghadirkan rasa cemburu, sekalipun pasangan dekat-dekat dengan lawan jenis.

5. Tidak ada kemesraan serta keintiman pada pasangan

Kenali 6 Ciri Hubungan yang Termasuk Empty Love, Jangan Buang Waktu!freepik.com/wavebreakmedia

Ciri hubungan empty love selanjutnya adalah tidak ada kemesraan, apalagi keintiman antar pasangan. Mungkin, seseorang yang berada dalam hubungan empty love akan berpikir bagaimana mungkin mau mesra, cinta saja tidak?

Jadi, apabila hubunganmu dan pasangan sekarang terasa hambar, tidak dipenuhi kehangatan serta kemesraan, bisa jadi kamu terjebak dalam hubungan empty love. Sebelum menyesal, lebih baik hubungan tersebut diakhiri secara baik-baik.

6. Meski sedang bersama, tapi merasa kesepian

Kenali 6 Ciri Hubungan yang Termasuk Empty Love, Jangan Buang Waktu!Pexels.com/Marina Abrosimova

Terakhir, pasangan yang tidak saling mencintai juga biasanya tidak begitu menghargai kehadiran pasangannya. Maka tak heran bila hubungan empty love ditandai dengan rasa kesepian, meskipun sedang bersama pasangan.

Kamu mungkin akan merasa diabaikan atau tidak dianggap di sekitar pasanganmu. Selain itu, kamu bukanlah prioritas dalam hidupnya. Kalau merasa demikian, tak ada salahnya bila kamu mulai berfikir ulang tentang hubungan tersebut.

Nah, itulah dia deretan ciri hubungan yang termasuk empty love. Lebih baik kamu sadari sedari sekarang ya, Bela! Sebelum kamu membuang-buang waktu untuk hubungan yang sia-sia.

Baca Juga: 5 Bahaya Red Flags dalam Hubungan Pernikahan

Baca Juga: Ini Reaksi 12 Zodiak Saat Masuk ke Dalam Hubungan Serius

Baca Juga: Kenali White Lies dalam Hubungan Percintaan, Bolehkah Dilakukan?