Setiap orang tentu menginginkan hubungan romantis dan bahagia bersama pasangan terbaik seumur hidupnya. Tak hanya itu, hubungan tersebut juga diharapkan bisa awet dan langgeng, serta mampu mengubah diri kita menjadi lebih baik.

Ternyata, ciri-ciri lak-laki yang layak dipertahankan serta berpotensi jadi pasangan terbaik bisa dilihat dari tingkah lakunya, lho, Bela! Hal ini tentu saja harus kamu ketahui agar tidak salah dalam memilih pasangan hidupmu nanti. Yuk, simak pembahasannya di sini!

1. Mampu bersikap dan berpikir secara dewasa

8 Ciri Laki-laki yang Layak Dipertahankan, Jangan Sampai Lepas!https://www.pexels.com/id-id/@cottonbro

Laki-laki yang mampu bersikap serta berpikir dewasa pada umumnya termasuk sebagai laki-laki yang layak dipertahankan dalam hubungan. Sebab, ketika laki-laki memiliki kemampuan ini, maka ia bisa membuat keputusan dengan baik. Tak hanya itu, dirinya juga cenderung mampu menentukan prioritas dan menjaga kestabilan mentalnya.

Namun, perlu kamu ingat bahwa lelaki dewasa tidak hanya dilihat dari usianya saja, melainkan dari pola pikir serta tingkah laku yang ditunjukkannya sehari-hari. Pastikan pula bahwa dirinya mampu menjaga diri dan mengambil langkah terbaik dalam segala hal.

2. Sabar serta tak gengsi meminta maaf

8 Ciri Laki-laki yang Layak Dipertahankan, Jangan Sampai Lepas!Pexels.com/Anete Lusina

Selanjutnya, laki-laki penyabar serta tidak gengsi mengakui kesalahannya dan mau meminta maaf juga layak dipertahankan nih, Bela! Sebab, tindakan tersebut bisa dijadikan indikator bahwa dirinya sungguh-sungguh mencintaimu, dan ingin selalu menjaga perasaanmu.

Biasanya, mereka akan bersikap sabar dan mampu meredam emosinya saat kalian bertengkar. Tujuannya, tentu saja untuk memastikan hubungan kalian akan baik-baik saja, tanpa harus menyakiti satu sama lain.

3. Pribadi yang mampu konsisten dan setia

8 Ciri Laki-laki yang Layak Dipertahankan, Jangan Sampai Lepas!https://www.pexels.com/id-id/@mentalhealthamerica

Tingkah laku dan semua kebaikan laki-laki cenderung tak berarti jika ia tidak mampu setia. Maka, laki-laki yang mampu konsisten pada hubungan dan setia pada pasangannya adalah laki-laki yang layak dipertahankan. Konsistensi dan rasa setianya itu juga menjadi tanda bahwa ia siap untuk berkomitmen pada hubungan kalian.

Jika kamu memiliki pasangan yang konsisten dan setia, maka kamu tak perlu khawatir atau takut disakiti olehnya. Selain itu, kecil pula kemungkinan dia akan berkhianat dan meninggalkanmu begitu saja. Sebaliknya, dia akan selalu berusaha yang terbaik untuk menjaga dirimu tetap di sisinya.

4. Bertanggung jawab dan dapat diandalkan

8 Ciri Laki-laki yang Layak Dipertahankan, Jangan Sampai Lepas!https://www.pexels.com/id-id/@william-fortunato

Bertanggung jawab juga menjadi salah satu ciri-ciri laki-laki yang layak dipertahankan dalam hubungan. Sebab, sikap ini mampu menjadi dasar dalam menjalani hubungan yang lebih serius, seperti misalnya pernikahan. Laki-laki yang bertanggung jawab juga cenderung berani saat mengakui kesalahan dan mengambil tindakan.

Tak hanya itu, laki-laki yang bertanggung jawab juga tentu dapat diandalkan di berbagai situasi. Jadi, dirimu akan selalu merasa aman dan tidak perlu khawatir selama dia ada bersamamu. Inilah yang nantinya akan membuat hubungan kalian menjadi semakin romantis.

5. Menghargai dirimu sebagai perempuan

8 Ciri Laki-laki yang Layak Dipertahankan, Jangan Sampai Lepas!freepik.com

Sikap paling menjanjikan dari seorang laki-laki adalah saat dirinya bisa menghargai perempuan, termasuk kamu sebagai pasangannya. Ketika dia menghargaimu serta perempuan-perempuan lain, maka dirinya juga akan senantiasa melindungi kamu. Jadi, besar kemungkinan hubungan kalian akan terhindar dari kekerasan, terutama kekerasan fisik maupun psikis.

6. Sosok laki-laki yang menyayangi keluarganya

8 Ciri Laki-laki yang Layak Dipertahankan, Jangan Sampai Lepas!Instagram.com/juniorliem

Memiliki pasangan yang menyayangi keluarga juga layak dipertahankan dalam hubungan lho, Bela! Sebab, rasa sayang tersebut telah tertatanam di dalam dirinya, sehingga ia tak ragu untuk menyayangi kamu dan keluargamu. Bahkan, sikap ini tentu akan dia terapkan pula saat membangun keluarga kecilnya sendiri nanti.

Selain itu, lak-laki yang menyayangi keluarga juga senantiasa selalu menjadikan keluarga sebagai prioritas dalam hidupnya. Sosok seperti ini tentu akan menjadi sosok terbaik ketika berumah tangga.

7. Bekerja keras dan peduli pada kebutuhanmu

8 Ciri Laki-laki yang Layak Dipertahankan, Jangan Sampai Lepas!freepik.com/freepic.diller

Tentu tak bisa dipungkiri bahwa laki-laki bertanggung jawab untuk mencari nafkah bagi keluarga. Dengan begitu, pria harus memiliki semangat bekerja keras dan tak mudah putus asa dalam hidupnya. Meski masih berpacaran, sikap ini juga akan berguna untuk menemukan jalan keluar dari permasalahan dalam hubungan kalian.

Maka, laki-laki yang memiliki semangat bekerja keras juga termasuk sebagai laki-laki yang layak dipertahankan, bahkan sampai menjalani pernikahan kelak. Kamu tak perlu khawatir akan merasa kekurangan, sebab pasanganmu bisa bekerja keras dan tetap peduli pada kebutuhanmu.

8. Memiliki kecerdasan emosional yang baik

8 Ciri Laki-laki yang Layak Dipertahankan, Jangan Sampai Lepas!Pexels.com/Vlada Karpovich

Seorang laki-laki yang pintar memang terlihat menarik, namun laki-laki yang cerdas secara emosional cenderung lebih menjanjikan dan layak dipertahankan. Bagian terbaiknya adalah ia mampu menerapkan kecerdasan emosional tersebut pada diri sendiri maupun orang lain.

Salah satu contoh laki-laki memiliki kecerdasan emosional adalah saat dirinya tidak malu untuk menangis. Bahkan sekalipun ia menangis, ia tidak malu mengakui bahwa ia sedang terluka. Dia tidak akan menyembunyikan masalahnya atau berharap masalah berlalu begitu saja.

Nah, itulah dia ciri-ciri laki-laki yang layak dipertahankan dalam hubungan. Semua sikap dan sifat di atas nantinya akan berguna dalam membangun rumah tangga yang harmonis lho, Bela! Bagaimana, ada ciri-ciri pasanganmu, nggak?

Baca Juga: 5 Janji Laki-laki yang Jarang Ditepati

Baca Juga: 6 Pesan Ini Jangan Dikirimkan ke Laki-laki, Bikin Si Dia Ilfeel!

Baca Juga: 5 Cara Agar Kamu Tidak Terlalu Terobsesi dengan Pasanganmu