Tak bisa dipungkiri bahwa terkadang ada hal-hal yang berjalan di luar keinginan kita, termasuk beberapa situasi yang tak sesuai dengan harapan. Biasanya, hal ini akan terjadi saat kita merasa gugup atau kebingungan akan suatu situasi dan kondisi, seperti saat berkencan misalnya.

Merasa antusias sekaligus gugup, kencan menjadi salah satu momen di mana setiap tindakan kita akan terasa salah dan mengkhawatirkan. Di antara banyaknya kemungkinan, salah satu yang mungkin akan terjadi adalah oversharing atau terlalu banyak bercerita pada partner kencan.

Sebab terkadang, kita tak bisa mengendalikan keinginan untuk menceritakan semuanya kepada partner kencan, terutama saat berusaha menghidupkan suasana. Padahal di lain sisi, oversharing justru bisa membuat kamu menyesal dan takut si dia akan merasa risih.

Melansir The New York Times, berikut beberapa cara mengatasi oversharing saat kencan yang bisa kamu terapkan untuk menghindari penyesalan tersebut, nih, Bela!

1. Terapkan batasan waktu pada diri sendiri

5 Cara Mengatasi Oversharing Saat Kencan untuk Pertahankan SuasanaPexels.com/Jep Gambardella

Cara pertama, kamu bisa mencoba untuk menerapkan batasan pada diri sendiri, yakni batasan waktu berbicara.

Misalnya, tentukan bahwa kamu akan berbicara untuk beberapa menit, yakni selama memakan beberapa gigitan makanan pembuka. Lalu setelahnya, berhenti bicara dan biarkan partner kencan yang mulai bercerita.

Menerapkan batasan seperti ini akan menghindari kamu dari sikap oversharing dan terlalu mendominasi percakapan.

2. Berpikir ulang sebelum mengatakan sesuatu

5 Cara Mengatasi Oversharing Saat Kencan untuk Pertahankan SuasanaPexels.com/Pavel Danilyuk

Untuk mengatasi oversharing, kamu juga disarankan untuk banyak merenungkan diri dan berpikir ulang sebelum mulai mengatakan sesuatu.

Daripada terburu-buru berbicara dengan partner kencan, cobalah untuk bertanya pada diri sendiri, apakah topik pembicaraan tersebut adalah sesuatu yang ingin dibagikan kepada orang lain atau tidak.

Melalui cara ini, kamu pun bisa mencegah bercerita terlalu banyak dan bersikap oversharing, karena kamu telah terlebih dahulu memfilter hal-hal apa saja yang ingin dan perlu diceritakan.

3. Perlahan-lahan memperbaiki kebiasaan tersebut

5 Cara Mengatasi Oversharing Saat Kencan untuk Pertahankan Suasanaunsplash.com/Jarritos Mexican Soda

Saat kamu menyadari bahwa dirimu sering oversharing saat kencan, maka salah satu cara mengatasinya adalah dengan memperbaiki kebiasaan tersebut.

Mulailah bangun kebiasaan untuk meminta maaf pada partner kencan setiap kali kamu bercerita tentang hal yang tidak perlu.

Hal ini juga menjadi salah satu langkah untuk mengakui bahwa kamu telah bersikap oversharing dan ingin memperbaikinya, serta berharap partner kencan bisa menimpali percakapan dengan seimbang di kemudian hari.

4. Meringankan dan menceriakan suasana kencan

5 Cara Mengatasi Oversharing Saat Kencan untuk Pertahankan Suasanaunsplash.com/Becca Tapert

Cara mengatasi oversharing saat kencan selanjutnya adalah dengan menceriakan suasana menggunakan lelucon. Bahkan, seutas senyum hangat darimu pun bisa lebih berguna daripada terlalu banyak bercerita saat kencan, lho.

Ingatlah bahwa kencan merupakan momen yang cukup penting bagi kamu dan partner, maka usahakanlah suasana atau mood tidak terlalu suram dan membosankan.

5. Menjembatani percakapan atau mengubah topik pembicaraan

5 Cara Mengatasi Oversharing Saat Kencan untuk Pertahankan Suasanapexels.com/Yaroslav Shuraev

Terakhir, kamu juga bisa mencoba untuk menjembatani percakapan dengan cara melontarkan pertanyaan kepada partner kencan. Misalnya, kamu sudah bercerita tentang beberapa hal, maka akhiri cerita kamu dengan bertanya padanya mengenai pendapatnya, atau kisah yang mungkin ia miliki.

Selain itu, mengubah topik pembicaraan juga akan berguna sebagai cara mengatasi oversharing saat kencan. Contohnya, kamu merasa telah bercerita terlalu banyak, namun tak bisa berhenti, padahal ia mulai terlihat bosan dan tak tertarik, maka inilah saatnya mengalihkan topik pembicaraan untuk kembali mendapatkan perhatiannya.

Bela, itulah dia beberapa cara mengatasi oversharing saat kencan yang wajib kamu terapkan. Semoga cara-cara di atas bisa menghindari kamu dari penyesalan bahkan kencan yang berakhir buruk, ya!

Baca Juga: 11 Tanda Dia Menyukaimu tapi Takut untuk Mengajak Berkencan

Baca Juga: 15 Alasan Berkencan di Usia 30-an Lebih Baik daripada Usia 20-an

Baca Juga: 6 Ide 'Affordating', Kencan Seru nan Kreatif yang Ramah di Kantong!