Bagaimana rasanya jika pacar kamu mengajak untuk bertemu orangtuanya? Pasti kamu merasa gugup luar biasa ya? Namun, ingin bagaimanapun akan tiba saat dimana kamu menghadapi kondisi itu. Maka yang harus kamu lakukan adalah mempersiapkan diri sebaik mungkin. Lalu apa yang harus disiapkan? Berikut ini Popbela menghadirkan 5 hal yang harus kamu siapkan saat bertemu sang calon mertua.

1. Pastikan status kalian

5 Hal yang Harus Disiapkan Sebelum Bertemu Calon Mertua
 

Aduh! Kamu pasti akan malu setengah mati. Itulah pentingnya memastikan status kalian sebelum dia memperkenalkan kamu kepada orang tuanya. Saat pria memperkenalkanmu ke orang tuanya, sering diartikan sebagai cara dia untuk menunjukkan kesungguhan hatinya. Jadi, lebih baik kalian diskusikan dulu akan sebagai apa kamu diperkenalkan olehnya. Pasti bahagia jika dia menyebutkan “Kenalkan Bu, ini calon istriku” atau “Kenalkan Bu, ini pacarku”.

2. Cari tahu topik yg menarik tentang calon mertua

5 Hal yang Harus Disiapkan Sebelum Bertemu Calon Mertuawww.mymoviewallpapers.com

Seperti kebanyakan orang, dia pasti akan memperkenalkan kamu terebih dahulu kepada ibunya. Dan supaya perbincangan tidak terasa awkward dan garing, kamu bisa mencari tahu dulu apa yang menjadi kegemaran ibunya. Caranya macam-macam, bisa kepo di Facebook, tanya adik atau kakaknya, atau langsung saja tanya ke pacar kamu. Namun, kamu juga bisa langsung bertanya, seperti “Tante sibuk apa sekarang?” lalu perbincangan akan semakin meluas dan suasana menjadi lebih cair. Bisa juga berkaitan dengan hobi calon ibu mertua, seperti berkebun, memasak, atau apapun itu. Jangan lupakan juga ayah mertua, tetap cari tahu apa yang menjadi latar belakang dan banyaknya melakukan penelitian terkait itu.

3. Cari tahu personality calon mertua

5 Hal yang Harus Disiapkan Sebelum Bertemu Calon Mertua
 

Inilah perlunya kamu tahu dulu bagaimana karakter dan kepribadian calon mertua kamu. Beruntunglah ketika dia adalah seorang yang biasa saja dan tidak repot. Namun, bagaimana jika sang calon mertua adalah seseorng OCD. Maka persiapkanlah segala kemungkinan dan pahami karakter serta kepribadian orangtua pasanganmu.

4. Diskusi tentang pakaian

5 Hal yang Harus Disiapkan Sebelum Bertemu Calon Mertuawww.imdb.com

Mendiskusikan tentang pakaian bukan berarti kamu harus menggunakan baju yang sama dengan pacar atau warna senada. Kita berbicara tentang kamu, karena dia sedang berusaha memperkenalkanmu pada orangtuanya. Jika untuk berkenalan dengan ayahnya, pakailah yang biasa saja karena ayah biasanya tidak terlalu mempermasalahkannya. Tapi jika ibunya, mungkin kamu harus mencari referensi yang berbeda. Gunakanlah pakaian yang membuat ibunya senang karena kesan pertama itu sangat penting untuk kelancaran seterusnya. Jika ibunya sangat fashionable, jangan lebih fashionable darinya atau kamu akan menerima tatapan seolah, “You think you’re better than me.” Untuk mengantisipasi hal yang semacam lebih baik memang kamu dan pacar mendiskusikan apa yang cocok untuk dipakai.

5. Jangan menceritakan rahasia keluarga

 

Tidak ingin itu terjadi padamu kan, Bela? Maka dari itu jangan bertindak sesuka hati mengungkapkan apapun yang pacarmu ceritakan padamu. Meski dia tidak mengatakan itu rahasia saat menceritakannya, jangan lalu mengatakan apa yang pacarmu ceritakan padamu. Bisa saja itu aib keluarga yang sebenarnya hanya ingin dia bagi denganmu. Jadi jangan sampai keceplosan bicara aib didepan keluarganya.

Setelah selesai menyiapkan 5 hal di atas, maka kamu sudah siap untuk dipertemukan dengan kelarganya. Good luck, Bela!

BACA JUGA: Ini Dia 9 Aturannya Kalau Kamu Bertemu Calon Mertua​