Putus cinta kadang menyisakan getir pilu yang sulit terlupa. Sesaat setelah itu, kamu jadi punya agenda baru untuk melupakan segala kenangan yang sempat terukir berdua. Tentu saja masa-masa ini nggak gampang, justru akan rawan dengan kegalauan kalau kamu belum betulan mengikhlaskan. 

Tak perlu terlihat sok kuat atau buru-buru move on dengan menggandeng pengganti, karena boleh jadi itu hanya penyangkalan yang akan membuat kamu merugi sendiri. Tanpa perlu balas dendam, cukup dengan melakukan cara  elegan ini akan membuat dia menyesal pernah mutusin kamu. 

1. Ubah penampilanmu jadi berbeda dari biasanya

7 Cara Paling Gampang Membuat Mantan Menyesal Karena Mutusin KamuUnsplash.com/Kevin Laminto

Pasca putus, seharusnya tak menjadikan kamu abai terhadap diri. Kamu justru punya kesempatan dan waktu lebih banyak untuk memoles diri dengan sesuatu yang baru. Luapkan segala kekecewaan untuk lebih menyayangi dirimu. Ini adalah waktu yang tepat untuk lebih perhatian terhadap dirimu dengan melakukan perawatan, mulai dari tubuh sampai menyegarkan kembali pikiranmu. 

2. Tetap menjaga hubungan baik dengan teman dan keluarganya

Meski kamu sudah putus, tunjukkan kalau kamu bisa bersikap lebih dewasa. Tetaplah membina hubungan baik antara kamu dengan teman-teman dan keluarganya. Nanti dia bakal nggak enak sendiri saat kamu berani lakukan ini. Kamu barangkali masih menyimpan kekesalan, namun ingat bahwa teman-teman dan keluarganya nggak ada hubungannya dengan putusnya kalian. 

3. Ukir pencapaian lain

7 Cara Paling Gampang Membuat Mantan Menyesal Karena Mutusin KamuUnsplash.com/Kat Nelson

Barangkali kamu sekarang masih mengingat, segala peristiwa menyakitkan yang pernah dia lakukan padamu. Kata-kata kurang mengenakkan yang sampai sekarang masih melekat erat di telingamu. Mulai sekarang, balas itu dengan pencapaian lain, fokus pada apa yang kamu mau untuk dirimu. Tak perlu membalasnya dengan makian serupa, karena kalau kamu membalasnya dengan cara yang sama, nggak ada bedanya dia sama kamu. Nggak hanya menyesal, dia akan heran kalau kamu tetap bersikap baik dengannya. 

4. Bagikan kebahagiaanmu melalui media sosial

Nggak pernah ada yang namanya baik-baik saja pasca kamu putus. Akan ada rasa kehilangan, begitu pula keingintahuan perihal keadaan mantan setelah nggak bersamamu. Setiap orang pasti mengalami fase ini, begitupun dengan mantan kamu.

Tunjukkan bahwa meski kamu sedang jatuh bangun melepaskan segala hal tentangnya, kamu masih bisa berdiri di atas kakimu. Justru dengan putus, kamu punya banyak kesempatan untuk mengikuti kegiatan lain yang membuatmu lebih berkembang. 

5. Tunjukkan kamu masih punya orang-orang berharga yang selalu ada untukmu

7 Cara Paling Gampang Membuat Mantan Menyesal Karena Mutusin KamuUnsplash.com/Simon Maage

Setelah kamu putus, jangan sampai kamu kehilangan jati diri dan melupakan orang-orang yang selama ini sudah ada untukmu. Sahabat dan keluargamu adalah orang yang paling mengerti, tunjukkan kalau mereka selalu mendukung apa yang kamu lakukan. Meski kamu sekarang sudah nggak bersamanya, tunjukkan kalau kamu masih punya banyak kegiatan bersama orang-orang yang sayang padamu. 

6. Tak perlu cepat-cepat cari pengganti

Nggak perlu sampai repot cari pengganti kalau kamu belum siap menjalin hubungan baru. Kamu yang kedapatan cepat-cepat cari pengganti baru, kesannya hanya seperti melampiaskan kekesalan kamu saja. Justru dia akan tertawa saat melihat kamu ceroboh dalam mencari penggantinya. 

Alih-alih melakukan itu, fokus pada cita-cita dan hal lain seperti kuliah atau pekerjaan kamu. Dia bakal tercengang sendiri kala kamu makin gencar mengukir pencapaian lain.

7. Sapa duluan kalau ketemu

7 Cara Paling Gampang Membuat Mantan Menyesal Karena Mutusin KamuUnsplash.com/Alexis Brown

Apa yang kamu lakukan saat tiba-tiba ketemu mantan? Pasti ada berbagai emosi terpendam yang kamu rasakan kala itu. Mau memulai percakapan, takutnya dia mengabaikan. Kalau tidak menyapa, nanti dikira ada apa-apa. Biar mantan kamu menyesal, sapa dia terlebih dahulu kalau ketemu.

Itu menunjukkan kalau kamu sudah merelakan segala hal tentang masa lalu. Kamu sudah berbeda dan punya kehidupan sendiri yang nggak ada hubungan dengan dia. Ini juga pertanda kalau kamu sudah lebih menerima dirimu setelah putus dengannya.

Membuat mantan menyesal itu nggak perlu melakukan apa-apa, balas segala kekecewaan dengan kebaikan dan fokus terhadap dirimu. Dia akan heran sendiri melihat kehidupanmu justru lebih bersinar meski tanpa dia lagi di sisimu.

Disclaimer: Artikel ini sudah diterbitkan di laman IDN Times dengan judul "7 Cara Paling Gampang Membuat Mantan Menyesal Karena Mutusin Kamu"

Baca Juga: Antara Diputusin atau Mutusin Pacar, Lebih Baik yang Mana?