Seperti jatuh cinta yang datang tiba-tiba, hilang rasa juga bisa mendadak datangnya. Saat masih pacaran, jalan keluar untuk masalah ini adalah dengan putus supaya nggak lebih saling menyakiti. Namun, kaum laki-laki sering tidak tahu bagaimana melakukannya. 

Ada beberapa tanda yang sebenarnya menjadi isyarat keras kalau pacar sudah nggak sayang sama kamu lagi. Misalnya, menjauh secara emosional atau nggak mau menghabiskan waktu bersamamu.

Dilansir dari YourTango, berikut ini ada beberapa tanda kalau pacar sebenarnya sudah nggak suka lagi denganmu, tetapi juga nggak mau mutusin duluan.

1. Tak mau diajak ngobrol panjang lebar lagi

15 Tanda Si Dia Sudah Tak Ada Rasa, Tapi Tak Mau Minta Putus Duluan freepik.cpm/stefamerpik

Jika pacar tadinya orang yang suka mengobrol dan cerita, lalu tiba-tiba semua jawabannya hanya satu kata, itu pertanda buruk. Jika dia nggak berusaha untuk mencoba memberitahu apa pun tentang harinya, berarti dia sudah 'selesai' denganmu.

2. Dia tidak lagi mencoba berdebat denganmu

15 Tanda Si Dia Sudah Tak Ada Rasa, Tapi Tak Mau Minta Putus Duluan Pexels.com/Sagar Kumar

Lak-laki yang ingin menyelamatkan hubungannya, justru akan berdebat denganmu jika dia merasa ada masalah besar yang perlu ditangani. Jika kamu memperhatikan bahwa dia berhenti mencoba berdebat tentang hal-hal yang membuatnya kesal, dia sudah keluar dari hubungan itu.

3. Dia sering mendesah seperti memiliki beban saat bersamamu

15 Tanda Si Dia Sudah Tak Ada Rasa, Tapi Tak Mau Minta Putus Duluan Pexels.com/Vera Arsic

Mendesah sering kali menjadi cara orang menyampaikan kebosanan, kekesalan, atau bahkan sekadar rasa frustrasi. Jika dia merasa sefrustasi itu saat bersamamu, sampai sering mendesah tanpa disadarinya, itu tandanya dia sudah benar-benar bosan.

4. Dia berhenti mengeluarkan uangnya untukmu

15 Tanda Si Dia Sudah Tak Ada Rasa, Tapi Tak Mau Minta Putus Duluan Pexels.com/cottonbro

Saat baru-baru pacaran, dia tidak pernah pelit mengajakmu pergi, membelikan makanan, mengirimkan minuman kesukaan, bahkan memberikan hadiah kejutan. Jika dia nggak pernah melakukannya lagi, bahkan hanya untuk sekadar makan di luar, itu artinya perasaan dia mulai berubah padamu.

Disadari atau tidak, orang cenderung menghindari mengeluarkan uang untuk orang yang tidak dipedulikannya. Dengan kata lain, ketika minat laki-laki terhadap perempuan menurun, begitu juga jumlah uang yang dia keluarkan.

5. Dia jadi sangat mudah tersinggung

15 Tanda Si Dia Sudah Tak Ada Rasa, Tapi Tak Mau Minta Putus Duluan pexels.com/RODNAE Production

Ini adalah tanda bahwa hubungan harus diakhiri, bahkan jika kamu harus menjadi orang yang menarik pelatuknya. Ketika laki-laki jadi mudah marah sehingga kamu benar-benar harus berhati-hati di sekitarnya, itu bukan lagi situasi yang sehat.

Dipaksa berjalan di atas kulit telur adalah tanda bahwa hubungan itu sudah penuh dengan kebencian, kemarahan, dan sakit hati. Bantulah dirimu sendiri dan pasangan dengan meninggalkan hubungan beracun tersebut.

6. Dia berhenti peduli tentang tanggal penting

15 Tanda Si Dia Sudah Tak Ada Rasa, Tapi Tak Mau Minta Putus Duluan freepik.com/rawpixel.com

Dulu pacar selalu mengingat hari ulang tahun dan tanggal jadian, bahkan tanggal pertama kali kalian berkencan? Jika iya, itu karena dia peduli dan denganmu dan hubungan yang dijalani.

Jika dia sudah tidak ingat dengan alasan lupa, padahal kalian sudah pacaran bertahun-tahun, berarti ada masalah yang jauh lebih dalam dari sekadar “lupa".

7. Tak mau lagi bicara tentang rencana jangka panjang (atau bahkan menundanya)

15 Tanda Si Dia Sudah Tak Ada Rasa, Tapi Tak Mau Minta Putus Duluan Pexels.com/Rodnae Productions

Dia jadi badmood saat kamu bertanya mengenai rencana lamaran? Atau dia sudah nggak pernah lagi membicarakan tentang rencana liburan anniversary ke luar kota? Atau bahkan dia tiba-tiba membatalkan rencana untuk bertemu keluargamu?

Ini sangat mungkin artinya kamu sedang berurusan dengan laki-laki yang sebenarnya sudah tidak memiliki rasa lagi denganmu. Sayangnya, dia terlalu pengecut untuk mengakhirinya.

8. Kamu dan pacar bertengkar karena hal-hal yang tidak penting

15 Tanda Si Dia Sudah Tak Ada Rasa, Tapi Tak Mau Minta Putus Duluan Pexels.com/Keira Burton

Ini indikator bahwa ada masalah yang jauh lebih besar yang sedang terjadi, lebih dari masalah yang menjadi sumber pertengkaran. Selain selingkuh, laki-laki suka memilih pertengkaran acak atau selalu ingin membuat pasangannya kesal, sebagai tanda dia sudah tidak bahagia lagi dalam hubungannya.

9. Dia lebih mengutamakan orang lain daripada dirimu

15 Tanda Si Dia Sudah Tak Ada Rasa, Tapi Tak Mau Minta Putus Duluan pexels.com/helena lopes

Selama ini, yang lebih penting dari kamu untuk pacar adalah keluarganya. Namun, jika dia tiba-tiba membatalkan janji denganmu hanya untuk datang ke acara temannya (tanpa mengajakmu), ini tidak normal.

Pertanda pacar sebenarnya sudah selesai denganmu adalah dia selalu menempatkan orang lain di atasmu. Jika kamu menjadi prioritas terbawah untuknya, kamu harus pergi meninggalkannya.

10. Rasanya hanya kamu yang berusaha mempertahankan hubungan

15 Tanda Si Dia Sudah Tak Ada Rasa, Tapi Tak Mau Minta Putus Duluan Pexels/Alena Darmel

Para ahli bilang, laki-laki yang ingin mempertahankan hubungannya akan memindahkan gunung untuk seseorang yang dicintainya. Jika dia tidak pernah berusaha untuk menjadi (kembali) romantis denganmu atau merencanakan kencan yang sudah lama tidak dilakukan denganmu, itu bisa menjadi indikator yang baik bahwa dia sudah keluar dari hubungan.

11. Kamu sudah sering menangkap basah dia selingkuh

15 Tanda Si Dia Sudah Tak Ada Rasa, Tapi Tak Mau Minta Putus Duluan freepik.com/DCStudio

Dalam banyak kasus, laki-laki yang ingin putus akan mencoba "memprovokasi" pacarnya dengan selingkuh. Bahkan jika dia sebenarnya tidak sedang memprovokasi kamu, pacar yang sering selingkuh adalah tanda nyata kalau dia tidak lagi tertarik untuk menjalin hubungan denganmu.

12. Dia menghabiskan waktu dengan teman, tetapi tak pernah lagi mengajakmu

15 Tanda Si Dia Sudah Tak Ada Rasa, Tapi Tak Mau Minta Putus Duluan pexels.com/Helena Lopes

Semua orang membutuhkan sedikit ruang dalam hubungan yang sehat. Namun, jika pacar terus mengecualikan dirimu dari acara sosial dengan teman-temannya, itu bisa menjadi salah satu tanda dia sudah melupakanmu.

Apalagi jika dia tidak memberi tahu ke mana akan pergi, acaranya di mana, atau siapa saja temannya yang akan hadir di sana. Itu artinya dia tak mau kamu tahu. Padahal, dalam hubungan sehat, orang akan senang mengajak pasangannya ke acara temannya.

13. Dia berhenti menertawakan leluconmu

15 Tanda Si Dia Sudah Tak Ada Rasa, Tapi Tak Mau Minta Putus Duluan freepik.com/drobotdean

Apakah akhir-akhir pacar diam saja saat kamu mencoba melucu, padahal sebelumnya dia selalu tertawa tiap kamu melakukannya? Ini bisa menjadi red flag dalam suatu hubungan.

Saat fase bulan madu dari setiap hubungan, kamu atau pasangan tidak dapat menahan diri untuk menertawakan lelucon masing-masing. Namun, jika dia sudah tidak lagi melakukannya, itu tanda dia tidak menikmati kehadiranmu, apalagi leluconmu.

14. Teman dan keluarga melihat ada sesuatu yang terjadi

15 Tanda Si Dia Sudah Tak Ada Rasa, Tapi Tak Mau Minta Putus Duluan pexels.com/Karolina Grabowska

Jika kamu nggak menyadari tanda-tandanya, teman dan keluargamu pasti bisa melihatnya. Saat mereka bertanya, “Kamu sama dia baik-baik saja, kan?”, padahal kamu merasa tidak ada masalah, berarti sebenarnya ada masalah.

Coba bicarakan dengan teman dan keluarga yang benar-benar menyayangimu dan akan bicara jujur. Mereka dapat membantumu menentukan tanda-tanda peringatan yang mungkin tidak kamu perhatikan.

15. Dia sering meminta waktu sendiri sehingga kamu jadi jarang menemuinya

15 Tanda Si Dia Sudah Tak Ada Rasa, Tapi Tak Mau Minta Putus Duluan Pexels.com/Mikhail Nilov

Ada perbedaan antara dia membutuhkan lebih banyak "me time" dan membutuhkan lebih banyak "waktu tanpa dirimu".

Setiap orang membutuhkan waktu sendiri, tetapi kamu harusnya bisa membedakan antara ingin sendiri atau ingin jauh darimu. Kamu mungkin lama-lama akan menyadari kalau dia sudah melupakanmu dan selesai dengan hubungan ketika dia tidak ingin berada di dekatmu sama sekali.

Itulah 15 tanda kalau dia sebenarnya sudah tidak ada rasa lagi denganmu, tetapi tidak mau memutuskan duluan. Semoga kamu jadi lebih menyadarinya sehingga kamu dan dia bisa melanjutkan hidup tanpa perlu merasa saling tersakiti, ya.

Baca Juga: 9 Cara Melewati Masa Putus Cinta

Baca Juga: 9 Sikap Menyebalkan yang Bikin Hubungan Selalu Bermasalah  

Baca Juga: 6 Zodiak yang Suka Pura-pura Bahagia dalam Hubungan