Kepribadian seseorang bisa dilihat dari sikap dan pembawaannya, termasuk apakah sudah dewasa atau masih kekanakan. Sayangnya, nggak semua orang memiliki kesadaran bahwa apa yang dilakukannya sering bikin gerah orang lain.

Seperti lima sikap yang sering dilakukan pada pasangan di bawah ini yang mungkin salah satunya sering kamu lakukan. Si dia mungkin diam karena takut bikin kamu nggak nyaman, tapi apa salahnya berkaca? Jangan sampai pasanganmu kabur!

1. Bertengkar karena lama balas chat

5 Tanda Kamu Belum Dewasa dalam Hubungan, Bikin Pasangan Nggak BetahPexels.com/picjumbocom

Mana, nih, yang masih sering marahan hanya karena pasangan lama balas chat? Please, ini pertengkaran a la anak SMA yang cintanya masih bercandaan, ya. Nggak lucu dong kalau kamu yang sudah masuk usia produktif ternyata belum memiliki pemakluman pada sesama manusia, apalagi dengan pasangan.

Tolong diingat bahwa lama balas chat nggak selalu karena si dia lagi selingkuh. Pun sebaliknya, orang yang fast respond nggak selalu dia setia. Ada banyak alasan kenapa seseorang lama balas chat, misalnya bekerja, tidur, asyik main game, dan lain-lain misalnya. 

2. Kesal karena ditinggal tidur duluan

5 Tanda Kamu Belum Dewasa dalam Hubungan, Bikin Pasangan Nggak BetahPexels.com/Mikotoraw Photographer

Bekerja seharian, berkendara jauh, dan kadang masih menyempatkan mengantarmu jalan-jalan, wajar jika pasanganmu lelah dan mengantuk. Pun hal lumrah jika ia tidur sebelum kamu memejam. Pasanganmu, bukan robot.

Setiap orang punya batasan atas tubuhnya sendiri, termasuk rasa lelah. Kamu nggak seharusnya ngambek hanya karena ia tidur lebih dulu, malah kamu harusnya mengerti dan memberikan ia waktu untuk dapatkan jam istirahat yang layak dan berkualitas. Yuk, bantu jaga kesehatan pasanganmu!

3. Mudah marah hanya karena lupa tanggal jadian

5 Tanda Kamu Belum Dewasa dalam Hubungan, Bikin Pasangan Nggak BetahPexels.com/Rodnae Productions

Iya paham, kok, kalau hari pertama pacaran adalah hari istimewa, nggak heran kalau kamu dan pasangan sepakat buat merayakannya setahun sekali, atau malah per bulan sebagai tanda cinta. Walau begitu, pasanganmu bukan dewa yang selalu ingat semua hal.

Wajar, kok, kalau ada saat di mana dia lupa monthversary kalian dan nggak sempat menyiapkan hadiah. Toh esensi sebuah hubungan kan nggak dilihat dari berapa lama waktu bersama, tapi proses saling mengenal saat berdua. 

4. Membatasi pertemanannya

5 Tanda Kamu Belum Dewasa dalam Hubungan, Bikin Pasangan Nggak BetahPexels.com/Maksim Goncharenok

Rasa sayang sering kali bikin orang jadi egois. Buatnya, nggak ada lawan jenis yang boleh berdekatan dengan pasangan, apa pun statusnya. Apa kamu salah satunya? Kalau iya, singkirkan, yuk, sifat menyebalkan itu?

Kehidupan pasanganmu bukan soal kamu saja. Ia bekerja pun nggak sendirian, pasti ada teman yang terlibat. Jangan membuat batasan di mana pasanganmu jadi nggak bisa leluasa bekerja atau main hanya karena kecemburuan. Rasa cemburu yang berlebihan justru hanya menunjukkan bahwa kamu nggak percaya diri.

5. Terus membahas masa lalu

5 Tanda Kamu Belum Dewasa dalam Hubungan, Bikin Pasangan Nggak BetahPexels.com/Cottonbro

"Mantan kamu cantik, deh. Nggak kaya aku ya, kan?"

Banyak yang nggak sadar bahwa hubungan yang semula baik-baik saja, bisa jadi keruh karena membicarakan topik yang sejatinya nggak perlu ada, mantan misalnya. Nggak sedikit pasangan yang kemudian bertengkar karena salah satunya membanding-bandingkan, membahas hal-hal yang pernah dilakukan berdua, atau alasan pisah dengan mantan.

Setiap orang punya masa lalu, juga kalian. Daripada sibuk mengulik apa yang terjadi di masa lalu pasangan, tentu akan lebih bermanfaat untuk sama-sama berproses menjadi pribadi yang lebih dewasa dan membangun hubungan yang berkualitas.

Berusaha menjadi pribadi yang lebih baik bukan hanya demi pasangan, tapi juga untuk diri sendiri. Jangan biarkan kamu jadi seseorang yang toxic dan perlahan membuat orang lain kabur dari sisimu. Sejatinya, lima hal ini nggak perlu ada lagi jika kamu sudah benar dewasa. 

Disclaimer: Artikel ini sudah diterbitkan di laman IDN Times dengan judul "5 Sikap Tanda Kamu Belum Dewasa, Bikin Pasanganmu Jadi Gak Betah"

Baca Juga: Kenali 7 Tanda Pasanganmu Belum Dewasa Menjalani Hubungan

Baca Juga: Nyesek! Ini 5 Tanda Kamu Nggak Dianggap Spesial Sama Pacar

Baca Juga: 7 Tanda Kamu Hanya Dijadikan Pelarian oleh Pacar