Kesepian menjadi salah satu masalah kesehatan umum yang diperhatikan oleh para ahli. Dalam asmara, perasaan itu dapat memberi pengaruh kurang baik pada jalan hubungan. Seseorang yang kesepian hanya ingin menjalin kedekatan demi mengusir perasaan negatif yang ada dalam dirinya, bukan karena kasih sayang yang ia miliki pada orang lain. Alhasil, kisah cinta nggak akan berjalan dengan harmonis, bahkan nggak akan bertahan lama.

Nggak semua orang mau atau mampu mengakui jika dirinya kesepian. Namun, ada beberapa sikap yang mereka tunjukkan ketika merasakan itu. Melansir dari Elite Daily, ini tanda-tanda yang terlihat ketika laki-laki merasa kesepian.

Kode, Ini 5 Tanda Kalau Laki-Laki Merasa Kesepian

Tanda umum yang dimiliki laki-laki kesepian adalah dia selalu memiliki banyak waktu luang. Jika pasangan atau teman kencanmu selalu mengatakan dirinya nggak memiliki kegiatan untuk dikerjakan di akhir pekan, atau rencana yang ingin ia lakukan di waktu senggangnya, besar kemungkinan dirinya nggak memliki banyak teman atau sering menyendiri. Para ahli asmara mengatakan jika kamu adalah satu-satunya sumber aktivitas yang ia miliki, pertimbangkan itu sebagai tanda yang kurang baik dari dirinya.

Kode, Ini 5 Tanda Kalau Laki-Laki Merasa Kesepian

Ketika seorang laki-laki mengaku sedang nggak ingin menjalin hubungan serius atau jangka panjang, kamu perlu memercayainya, Bela. Ada kemungkinan jika dirinya menjagamu tetap berada di sisinya untuk mengusir kesepian yang ia rasakan. "Kalau ia mengatakan hal itu sekali, jangan mengabaikannya. Sekalipun kamu dengan dirinya sudah menghabiskan banyak waktu bersama, ia mengatakan itu bukan tanpa sebab," ujar Stef Safran, matchmaker asal Chicago.

Ketika sudah mengetahui hal itu, usahakan untuk mengurangi waktu kebersamaan dengannya, terlebih terbujuk rayuannya untuk mau berada di sampingnya. Kalian berdua menghabiskan waktu bersama karena ia nggak memiliki kegiatan untuk dilakukan.

Kode, Ini 5 Tanda Kalau Laki-Laki Merasa Kesepian

Apa pasangan atau teman kencan sering membatalkan acara denganmu secara mendadak? Pertimbangkan itu sebagai kode merah. Jika ia membatalkan pertemuan atau kencan denganmu beberapa menit sebelum waktu pertemuan karena harus bertemu dengan orang lain, besar kemungkinan kamu hanya sosok yang mengisi hidupnya kala ia merasa kesepian. Ia nggak pernah memprioritaskanmu, hanya ada bersamamu ketika ia sedang sendiri.

Kode, Ini 5 Tanda Kalau Laki-Laki Merasa Kesepian

Boleh jadi ia seorang narsisis. Namun ketika seorang laki-laki nggak berhenti membicarakan tentang dirinya seorang dari segi apapun, itu adalah kode kalau dirinya sebenarnya kesepian. Kalau ia sampai menceritakan kisah hidupnya tentang dirinya sampai detail terkecil, itu menyiratkan rasa senang dalam dirinya karena menemukan seseorang yang mau mendengarkan cerita hidupnya, yakni kamu, Bela. Tanda lain yang mengikuti adalah ia nggak menunjukkan ketertarikan untuk menanyakan kehidupanmu atau keinginan untuk mengenal dirimu.

Kode, Ini 5 Tanda Kalau Laki-Laki Merasa Kesepian

Jika baru saja putus dan sudah mendekati dirimu, bahkan sering menghabiskan waktu bersamamu, itu tandanya laki-laki hanya menggunakanmu untuk mengisi kesepian yang ia rasakan. Terlebih jika ia masih sering membicarakan mantannya, atau mengungkapkan kesedihannya ketika mantannya telah move on, kamu bisa mengambil dua kesimpulan: Dia belum bisa lepas dari mantan dan hanya memanfaatkanmu untuk mengusir rasa kesendiriannya.

Hubungan asmara nggak bisa menyembuhkan kesepian dan kesendirian yang kamu atau orang lain rasakan. Sebaliknya, itu dapat menambah kesepian dalam hati. Karena itu, para ahli nggak menyarankan pada mereka yang kesepian untuk menjalin hubungan dengan siapa pun. Ketika menyadari kalau pasangan atau teman kencanmu merasa kesepian, katakan padanya untuk dapat mengatasinya sendiri. Karena memang hanya dirinya yang mampu mengusir perasaan itu. Bukan kamu, bukan pula orang lain.

Baca Juga: Hati-hati, Ini 5 Ciri Kalau Kamu Sedang Dilanda Kesepian