Keintiman atau intimacy dalam hubungan selalu dikaitkan dengan seks. Namun dilansir dari Her Campus, keintiman bersama pasangan nggak selalu tentang bercinta, Bela. Menurut kamus Merriam-Webster, intimacy diartikan sebagai "hubungan pribadi yang dekat, akrab, dan biasanya penuh kasih sayang atau penuh cinta dengan orang atau kelompok lain". Karena nggak selalu tentang seks, maka kamu dan pasangan punya cara lain untuk bisa menunjukkan keintiman, kok.

1. Berpegangan tangan

7 Cara Membangun Keintiman dengan Pasangan Tanpa Harus Bercintaimdb.com

Terlihat sederhana, namun memegang tangan pasanganmu memiliki peranan yang sangat besar. Gerakan kecil ini membuatmu merasa terhubung sangat dalam dengan pasanganmu, bahkan walau hanya sedang berjalan bersama di jalan. Bahkan, berpegangan tangan juga dapat merilis hormon cinta, oksitosin, yang membuatmu merasa bahagia dan dicintai.

2. Memiliki percakapan yang mendalam

7 Cara Membangun Keintiman dengan Pasangan Tanpa Harus Bercintaimdb.com

Hubungan asmara yang berisi percakapan nggak berarti bukanlah hubungan yang sehat. Karena itu, kamu perlu mengajak pasangan untuk berkembang, dan salah satu caranya dengan bercakap-cakap. Membicarakan hal-hal yang disukai membantumu untuk menemukan persamaan yang kamu dan pasangan miliki. Lalu topik seperti apa yang enak untuk dibahas? Psikolog Arthur Aron menemukan dua bahasan terbaik berdasarkan hasil penelitiannya, yaitu: "Untuk apa dalam hidupmu yang membuatmu merasa sangat bersyukur?" dan "Bagaimana kalau segala sesuatunya terlalu serius untuk dibercandakan?".

3. Menyentuh secara non-seksual

7 Cara Membangun Keintiman dengan Pasangan Tanpa Harus Bercintaimdb.com

Sentuhan memiliki kekuatan yang luar biasa. Sudah menjadi insting bagi manusia untuk melihat sentuhan sebagai lambang cinta dan perlindungan. Memeluk dan memijit adalah cara termudah untuk menunjukkan keintiman. Seringkali kita melihat dua kegiatan itu berujung pada seks. Namun memeluk pasanganu lebih lama dapat membuatmu dan pasangan semakin terhubung. Memberikan pijatan atau menyentuh rambutnya juga menunjukkan kalau kamu peduli, serta menciptakan chemistry di antara kalian.

4. Mencoba kegiatan favorit satu sama lain

7 Cara Membangun Keintiman dengan Pasangan Tanpa Harus Bercintaimdb.com

Kamu dan pasangan pastinya punya kegemaran yang berbeda-beda. Jadi, coba untuk melakukan aktivitas yang pasanganmu suka, dan begitu juga sebaliknya. Dengan begitu, kamu dan pasangan saling mengerti passion yang dimiliki, saling menikmati waktu yang diluangkan bersama, dan saling menciptakan momen untuk dikenang. Ikatan yang dibangun dari pengalaman berbagi pengalaman sama adalah bentuk kuat dari keintiman.

5. Religius bersama

7 Cara Membangun Keintiman dengan Pasangan Tanpa Harus Bercintaimdb.com

Jika saling menganut suatu keyakinan, jalani ibadah bersama dapat membangun keintiman yang cerdas. Luangkan sedikit waktu untuk mendoakan pasangan serta impiannya, perjuangannya, dan kesuksesannya juga akan memperkuat hubungan, sekalipun pasangan nggak mengetahuinya. Namun selalu ingat kalau tujuan memiliki keyakinan adalah untuk hubungan pribadi. Jadi, jangan sampai kamu meyakini sesuatu hal karena pasanganmu melakukannya.

6. Menulis surat

7 Cara Membangun Keintiman dengan Pasangan Tanpa Harus Bercintaimdb.com

Menulis surat tetap menjadi suatu cara komunikasi yang romantis, nggak peduli seberapa canggihnya teknologi masa kini. Melihat sebuah tulisan tangan berisi kalimat romantis akan membuatmu berdebar, dan merasa bahwa seseorang mencintaimu. Berbeda dengan telepon atau video call, surat tulisan tangan menunjukkan betapa besar dan tulusnya cinta yang kamu punya.

7. Saling bertukar pandangan dalam waktu lama

7 Cara Membangun Keintiman dengan Pasangan Tanpa Harus Bercintaimdb.com

Nggak memungkiri kalau berpandangan mata dalam waktu lama bisa jadi hal yang canggung, sekalipun dengan pasangan sendiri. Namun, kamu harus melakukannya! Coba alihkan perhatian pasangan dan saling bertatapan selama empat menit, lalu ungkap yang kalian rasakan. Kontak mata seperti ini dapat membawa keintiman hubunganmu lebih berkualitas.

Keintiman adalah aspek penting yang nggak bisa dilewatkan dalam asmara, bahkan lebih berpengaruh daripada seks. Karena itu, mulai bangun keintiman dengan pasangan untuk hubungan yang bahagia.

BACA JUGA: 5 Cara Tak Terduga untuk Meningkatkan Kualitas Hubungan