Memiliki rasa cinta pada seseorang adalah hal menakjubkan yang dapat kamu rasakan dalam hidup. Namun dalam hubungan, kamu perlu menunjukkan perasaan itu pada pasangan, nggak peduli selama apa pun usia kebersamaan kalian. Kamu perlu secara rutin menunjukkannya pada pasangan agar ia selalu tahu dan ingat dengan perasaanmu, serta merasa aman dalam hubungan. Sebab jika jarang atau berhenti menunjukkannya, pasangan dapat meragukan perasaanmu. Lebih buruk lagi, ia bisa lupa dengan perasaan cintamu dan hubungan kalian.

Menunjukkan rasa kasih sayang nggak perlu selalu dengan cara yang megah, seperti membelikannya hadiah spesial, membawanya ke restoran untuk makan malam dengan lilin di antara kalian, dan sebagainya. Kadang, kamu hanya perlu melakukan hal-hal sederhana ini pada pasangan agar ia selalu ingat dan tahu kalau kamu menyayanginya, selalu.

1. Mengatakannya

8 Cara Sederhana Ingatkan Pasangan Kalau Kamu Selalu MenyayanginyaUnsplash.com/Ryan Jacobson

Nggak ada cara termudah dan tersederhana untuk menunjukkan rasa cinta dengan cara mengatakannnya pada pasangannya. Jangan pernah bosan untuk mengucapkan "Aku cinta kamu", "Aku sayang kamu", atau dengan bahasa asing lainnya yang kamu suka kepada pasangan. Dengan mengucapkan kalimat itu, pasangan akan selalu ingat kalau kamu menyayanginya. Bahkan ketika kalian sedang mengalami pertengkaran, mendengar kalimat itu terujar dari mulutmu dapat membuatnya merasa nyaman dan aman.

2. Mendedikasikan waktumu untuknya

8 Cara Sederhana Ingatkan Pasangan Kalau Kamu Selalu MenyayanginyaUnsplash.com/Sarah Sharp

Melansir dari Elite Daily, baik itu menghabiskan waktu bersama pasangan, maupun hanya sebatas mengobrol lama dengannya (jika kamu menjalani LDR), mendedikasikan waktu spesial untuk pasangan menjadi cara sederhana untuk mengingatkannya jika kamu menyayanginya.

3. Menggodanya

8 Cara Sederhana Ingatkan Pasangan Kalau Kamu Selalu MenyayanginyaUnsplash.com/Sept Commercial

Bukan rahasia lagi jika menggoda, atau genit, atau flirting, sangat dibutuhkan dalam hubungan. Hal itu dapat membuat kisah asmara menjadi lebih hidup dan berwarna, serta menjadi cara mudah lainnya untuk menunjukkan rasa ketertarikanmu pada pasangan. Namun terkadang, pada beberapa pasangan yang sudah menjalin hubungan cukup lama, mereka mulai malas mengeluarkan sikap flirting pada satu sama lain.

Ini kemudian dapat membawa hubungan menjadi terasa bosan! Jadi, jangan berhenti untuk bersikap genit pada pasangan, Bela. Coba sesekali menggodanya, ini menjadi salah satu cara untuk menunjukkan pada pasangan kalau kamu mencintainya.

4. Mengajaknya berkencan

8 Cara Sederhana Ingatkan Pasangan Kalau Kamu Selalu MenyayanginyaUnsplash.com/Thought Catalog

"Untuk menjaga dan menumbuhkan sebuah hubungan, penting untuk melakukan hal-hal yang menjadi awal kedekatan antara kamu dan pasangan, seperti mengajaknya berkencan," ujar Thomas Edwards, founder dating coach The Professional Wingman. Mungkin, menghabiskan waktu berdua di rumah terasa lebih nyaman dan menyenangkan. Namun, nggak ada salahnya untuk mengajak pasangan berkencan sekali dalam seminggu, seperti saat baru berpacaran lalu. 

5. Menyesuaikan dengan bahasa cinta pasangan

8 Cara Sederhana Ingatkan Pasangan Kalau Kamu Selalu MenyayanginyaUnsplash.com/Priscilla Du Perez

Masing-masing orang memiliki bahasa cinta yang berbeda, begitu pun kamu dan pasangan. Boleh jadi caramu gaya bahasa cintamu adalah dengan memberikannya hadiah, sedangkan gaya bahasa cinta pasangan adalah dengan mengucapkan kata-kata. Perbedaan ini dapat menimbulkan kesalahpahaman, kamu maupun pasangan akan merasa kalau satu sama lain nggak menunjukkan rasa cinta yang besar.

Karena itu, coba untuk memahami bahasa cinta pasangan. Cari tahu, dan ungkapkan perasaanmu seperti yang pasanganmu inginkan. Dengan begitu, ia tahu isi hatimu, Bela.

6. Melakukan sesuatu yang selalu kamu katakan pada pasangan

8 Cara Sederhana Ingatkan Pasangan Kalau Kamu Selalu MenyayanginyaUnsplash.com/Sarah Sharp

Kamu pernah menjanjikan pasangan untuk membawanya kencan di pantai, namun nggak sempat melakukannya? Maka, lakukan sekarang! Atau, pasangan pernah mengungkapkan keinginannya untuk liburan bersama ke wisata alam yang baru buka? Ajak dirinya ke tempat itu minggu ini. Mewujudkan hal yang pernah kamu katakan padanya, atau hal yang ia inginkan darimu, menjadi salah satu cara untuk menunjukkan kalau kamu perhatian pada pasangan.

7. Membelikannya sesuatu karena itu mengingatkanmu tentang dirinya

8 Cara Sederhana Ingatkan Pasangan Kalau Kamu Selalu MenyayanginyaUnsplash.com/Kira Auf Der Heide

Mungkin kamu baru saja melewati toko boneka dan melihat karakter kucing yang mengingatkanmu dengan pasangan, mengapa nggak membeli itu untuknya? Atau, kamu baru saja melewati rak cokelat dan melihat merek yang pasanganmu sukai, belikan untuknya! Nggak perlu menunggu hari ulang tahun atau hari jadi, berikan sesuatu pada pasangan yang mengingatkanmu tentang dirinya. Sikapmu itu dapat menunjukkan kalau kamu menyayangi pasangan, dan dirinya akan selalu mengingat perasaanmu padanya.

8. Mendukung pasangan

8 Cara Sederhana Ingatkan Pasangan Kalau Kamu Selalu MenyayanginyaUnsplash.com/Bruce Mars

Merasakan dukungan dalam hubungan itu sangat membantu menjaga serta meningkatkan kepercayaan diri seseorang, juga membuatnya merasa aman. Mungkin kamu nggak terlalu mengerti tentang impian dan kegemaran pasangan, tapi itu bukan menjadi alasan untuk nggak memberikannya dukungan, Bela. Memberikan dukungan pada pasangan menjadi cara termudah untuk menunjukkan kalau kamu menyayanginya.

Boleh jadi hubunganmu dan pasangan sudah berjalan lama sehingga kamu merasa nggak perlu menunjukkan rasa sayangmu padanya. Namun, hal itu dapat membawa rasa bosan dalam hubungan, juga nggak menutup kemungkinan jika pasangan akan meragukan perasaanmu padanya. Jadi, jangan pernah berhenti menunjukkan rasa cintamu pada pasangan. Cukup dengan cara sederhana, dan pasangan akan selalu ingat kalau kamu menyayanginya, selalu.

Baca Juga: Menurut Zodiak, Ini Cara Laki-Laki Mengungkapkan Perasaannya