Di awal-awal pacaran, segalanya tampak berjalan mulus dan sepertinya kisah cinta kalian akan jadi yang terindah. Namun setelah menjalani hubungan kalian untuk beberapa lama, mulai muncul rasa bosan. Sebenarnya rasa bosan memang tak bisa dihindari lagi, secinta apa pun kalian pada satu sama lain. Ini karena sifat asli manusia adalah terus berkembang dan belajar. Jadi kalau hubungan kalian tidak berkembang dan kamu tidak mempelajari hal-hal apa pun yang baru tentang dirinya, dirimu sendiri, atau hubungan kalian, tentu saja kebosanan akan menyerang.

Menurut sebuah penelitian yang dilakukan oleh para pakar psikologi di Kanada, Eropa, dan Amerika Serikat, ada lima tipe kebosanan yang pernah menyerang setiap orang. Dari setiap tipenya, kamu bisa mengenali dengan baik perasaanmu sendiri sehingga bisa mencari solusi yang terbaik untukmu dan pasangan. Yuk, langsung kita simak informasinya di bawah ini. 

 

1. Sudah Tahu Belum, Ada 5 Tipe Kebosanan dan Salah Satunya Baik untuk Hubunganmu!

Tipe bosan yang ini kalian pasti sudah tahu dan pernah mengalami. Pada tahap ini kebosananmu hanya sampai malas melakukan apa pun dengannya. Kamu malas berkencan dengannya karena lagi malas kalau harus berdandan, memilih tujuan kencan, keluar rumah, dan berinteraksi dengan siapa pun. Bukannya kamu sedang bosan dengan pasangan, kamu hanya sedang ingin waktu sendiri saja. Tak perlu merasa bersalah atau menyalahkan dirinya secara berlebihan, Bela. Semua pasangan pasti pernah mengalaminya, kok. 

 

2. Sudah Tahu Belum, Ada 5 Tipe Kebosanan dan Salah Satunya Baik untuk Hubunganmu!

Kamu sedang bosan karena merasa kalian selama ini aktivitasnya itu-itu saja. Makan bareng, nonton, dan ngopi. Sekali-kali kalian memang perlu menambah variasi kegiatan yang kalian lakukan bersama, Bela. Kalau kamu diam saja dan tidak berbuat apa-apa untuk mengusir rasa bosan ini, kamu harus hati-hati. Lama-lama kamu akan mulai mencari kesenangan di tempat lain. Masih baik kalau kamu lari ke pekerjaan, yang gawat itu kalau kamu malah terpikir untuk berpindah ke lain hati. Masalah kebosanan ini masih bisa kamu selesaikan, kok! 

 

3. Sudah Tahu Belum, Ada 5 Tipe Kebosanan dan Salah Satunya Baik untuk Hubunganmu!

Nah, bosan yang ini sudah lebih parah dari yang pertama dan kedua. Kamu sampai pada tahap sudah mencoba segala hal bersamanya seperti ganti tempat kencan atau melakukan aktivitas baru. Namun, rasa bosan dan malas masih saja menggantung di bahumu. Saat bersamanya, kamu pun sibuk main hp atau pikiranmu lari ke mana-mana, tidak fokus pada dirinya. Bela, ini adalah saat yang sangat baik untukmu dan pasangan untuk merenungkan lagi soal hubungan kalian. Jika sampai bosan begini, berarti kalian sedang haus akan perubahan yang positif. Coba pikirkan bagaimana caranya supaya kalian bisa menambah warna pada hubungan kalian. Misalnya kalian saling jujur dan terbuka tentang segala kekesalan yang pernah kamu pendam soal pacar, dan sebaliknya. Dengan begitu, kalian akan melihat hubungan kalian dengan kacamata baru yang lebih jernih. 

 

4. Sudah Tahu Belum, Ada 5 Tipe Kebosanan dan Salah Satunya Baik untuk Hubunganmu!

Jika kamu sudah sampai fase bosan yang keempat ini, apa pun yang pasanganmu lakukan jadi tampak salah di matamu. Padahal dia tak ada maksud untuk mengajakmu bertengkar, tapi kalian jadi ribut hanya gara-gara masalah sepele misalnya menentukan tempat makan. Di titik ini, kamu harus merenungkan lagi, apa yang membuatmu merasa seperti ini? Dia tak sesuai dengan harapanmu? Atau selama ini kamu ada menyimpan rasa kecewa padanya terhadap sesuatu? Jangan tunggu sampai ada masalah besar dulu baru membicarakan perasaan masing-masing. 

 

5. Sudah Tahu Belum, Ada 5 Tipe Kebosanan dan Salah Satunya Baik untuk Hubunganmu!

Hati-hati kalau kamu sudah masuk kebosanan yang satu ini. Banyak pasangan yang akhirnya menyerah dan memutuskan untuk berpisah pada tahap akhir ini. Entah karena keduanya sudah tak mau berjuang lagi, atau yang satu terlalu keras kepala untuk berkompromi. Tapi jangan salah, Bela. Tak semuanya harus berakhir buruk kalau sudah sampai di sini. Buktinya banyak juga pasangan yang justru memanfaatkan momen ini sebagai fresh start untuk hubungan mereka. Dari sini, mereka akan bercermin pada diri masing-masing dan melihat apa yang bisa diperbaiki. Mereka menyadari bahwa pasti ada sesuatu yang menyebabkan mereka sama-sama tidak peduli lagi. Setelah mengenali masalahnya, baru mereka memutuskan apakah persoalan tersebut masih bisa ditangani atau benar-benar harus direlakan. 

 

Memahami lima tipe kebosanan di atas sangat penting untukmu dan pasangan saat mencoba menyelesaikan masalah di antara kalian. Jadi saat kalian merasa bosan atau lelah dalam menjalin hubungan kalian, segera cari tahu kalian sedang mengalami kebosanan yang mana supaya bisa mencari jalan keluarnya yang sesuai. Jangan cepat-cepat menyerah ya, Bela!