Dalam sebuah hubungan yang sehat, kedua belah pihak harus memiliki ketentuan yang jelas tentang apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan. Memang sih, banyak yang menganggap bahwa menetapkan aturan dalam sebuah hubungan itu justru tidak alamiah, bukankah kalau saling mencintai kalian seharusnya bisa saling tahu apa kebutuhan dan keinginan pasangan? Padahal, tanpa aturan main yang jelas, banyak sekali pasangan yang harus mengakhiri kisah cintanya. Ini dikarenakan mereka tak saling memahami apa yang diinginkan oleh pasangannya dan akhirnya kaget karena baru mengetahuinya belakangan. Secinta apa pun kalian pada satu sama lain, kalian tidak dilahirkan dengan kemampuan membaca pikiran orang lain. Tak mau kan hal serupa terjadi padamu dan pasangan? Yuk, kita cari tahu di bawah ini apa saja yang harus kamu dan pasangan tetapkan sejak awal hubungan kalian. 

1. 7 Aturan dalam Hubungan yang Justru Bikin Makin Romantis

Kelihatannya sederhana, tapi hal ini bisa menjadi sumber aura negatif dalam hubungan kalian. Kalau kamu tak senang dipanggil "Gendut", "Jelek", atau "Beb", katakan padanya sebelum kekesalanmu menumpuk. Kamu juga harus tahu panggilan apa yang ia harapkan darimu. 

2. 7 Aturan dalam Hubungan yang Justru Bikin Makin Romantis

Komunikasikan pada pasanganmu kecenderunganmu ketika kalian bertengkar. Misalnya, kamu lebih senang menunggu sampai suasana lebih tenang baru akan membicarakannya lagi. Atau kamu akan menumpahkan dulu semua kekesalanmu padanya saat itu juga supaya lega. Kalau kalian tak sama-sama tahu, kalian akan sangat bingung dengan satu sama lain saat kalian ribut. Akibatnya masalah kalian jadi semakin runyam lagi, bukannya terselesaikan.

3. 7 Aturan dalam Hubungan yang Justru Bikin Makin Romantis

Secinta-cintanya kalian pada satu sama lain, kalian pasti membutuhkan waktu sendiri juga. Nah, tetapkan dulu aturannya saat kalian sedang ingin menghabiskan waktu tanpanya. Apakah kalian boleh saling mengontak untuk mengingatkan makan? Atau kalian lebih suka tidak berkomunikasi sama sekali selama sehari? Tentukan dulu aturannya, jangan menghilang begitu saja tanpa kabar. 

4. 7 Aturan dalam Hubungan yang Justru Bikin Makin Romantis

Diskusikan dulu dengan pasanganmu hal-hal apa saja yang bisa dipublikasikan di media sosial kalian. Tak semua orang nyaman ketika foto selfie mesranya dengan pasangan diumbar di Instagram. Mungkin juga dia lebih suka kamu mengucapkan selamat pagi secara pribadi, bukan lewat Twitter atau Path. 

5. 7 Aturan dalam Hubungan yang Justru Bikin Makin Romantis

Beri batasan yang jelas tentang hal-hal yang akan kalian share bersama. Contoh kecilnya adalah bagaimana kalian akan membayar pengeluaran kalian bersama saat kencan. Yang sifatnya lebih sensitif yaitu apakah ia boleh melihat-lihat isi chat dan album fotomu di hp. 

6. 7 Aturan dalam Hubungan yang Justru Bikin Makin Romantis

Jangan mau kalau dia sembarangan menyentuh atau menciummu tanpa izin. Katakan padanya batasan-batasan seperti apa yang kamu harapkan. Misalnya, kamu tidak mau dicium di bibir atau tak mau dipeluk di depan umum. Memberitahunya sejak awal bisa menghindarkan kalian dari berbagai kejadian yang tidak diinginkan, Bela. 

7. 7 Aturan dalam Hubungan yang Justru Bikin Makin Romantis

Seperti apa sih bentuk komitmen yang kalian bayangkan dari satu sama lain? Jangan hanya dibayangkan ya, Bela. Tapi bicarakan dengan baik aturannya seperti apakah kalian masih akan stay in touch dengan mantan, kapan ia akan berkenalan dengan orang tua dan keluargamu, atau sejauh mana kalian akan saling berkompromi.  

Menetapkan batasan-batasan yang jelas dalam hubungan kalian itu tak selalu berarti banyak aturan, lho. Justru dengan saling tahu apa yang dikehendaki pasanganmu, kalian bisa mengantisipasi masalah-masalah komunikasi yang biasanya dihadapi oleh banyak pasangan. Kalian pun masih bisa fleksibel, asal semuanya sudah dibicarakan bersama-sama. 

BACA JUGA: 7 Alasan Cowok yang Belum Pernah Pacaran Justru Romantis Banget​