Kamu boleh mengaku hidup di zaman yang modern, tapi coba perhatikan apakah pola pikir dan perilakumu sudah sesuai? Karena tidak sedikit lho, Bela, yang mengakunya sudah maju tapi ternyata masih kolot dalam berpikir dan berperilaku, termasuk dalam gaya berpacaran. Terkadang tanpa disadari kamu masih memegang teguh prinsip dan budaya pacaran yang seharusnya sudah ditinggalkan supaya kamu pun bisa lebih dewasa dalam berpacaran. Nah, apakah kamu salah satu yang masih melakukan kebiasaan kolot itu?

1. Gengsi untuk minta maaf

7 Kebiasaan Kuno Pacaran yang Harus Kamu Tinggalkanheyuguys.com

Bela, jangan karena kamu ini seorang perempuan lantas membuat kamu jadi gengsi ya untuk minta maaf. Kalau kamu memang berbuat salah, akuilah kesaalahanmu itu. Jangan menunggu pacar kamu mengalah dan membujukmu untuk baikan lagi. Kalau seperti itu terus, pacar kamu pasti akan capek dan menilai dirimu itu belum dewasa.

2. Cowok yang harus memulai dulu

7 Kebiasaan Kuno Pacaran yang Harus Kamu Tinggalkanduviet.com

Ini nih pemikiran yang masih banyak dipegang teguh oleh banyak perempuan. Dalam melakukan semua hal, harus cowok dulu yang memulai. Jadi kamu tinggal nunggu saja mereka para cowok yang melakukannya. Buat SMS, telepon, memberi kabar, sampai menyatakan perasaan pun harus cowok dulu yang memulai. Bukan perkara emansipasi wanita lho, Bela. Tapi kebiasaan ini sudah selayaknya kamu tinggalkan. Cewek juga boleh kok menyatakan perasaannya duluan. Buang jauh pikiran yang menganggap hal itu akan menjatuhkan harga diri kamu, ya!

3. Wajib lapor setiap saat

7 Kebiasaan Kuno Pacaran yang Harus Kamu Tinggalkan
forbes.com

Sangat wajar kalau kamu harus ngasih kabar ke pacar. Tentunya si dia akan sangat khawatir kalau seharian kamu tidak ada kabar. Tapi kebiasaan yang harus ditinggalin adalah ketika kamu harus setiap saat mengabari dia dan laporan dengan rinci apa yang sedang kamu lakukan seperti kamu mau kemana, sama siapa, makan apa, sampai jam berapa, itu sih sangat berlebihan, Bela.

4. Sengaja bikin cemburu

7 Kebiasaan Kuno Pacaran yang Harus Kamu Tinggalkanhollywood.com

Coba sekarang mengaku, siapa yang masih melakukan kebiasaan ini? Sengaka bikin pacar cemburu untuk menguji seberapa besar rasa sayang dia ke kamu. Ah! Ini kuno banget, deh. Kamu pasti tahu kalau sengaja bikin jealous itu akan membuat kamu dan dia akan berantem. Dan biasanya, pacar kamu akan lebih sering cemburu dan curiga sama kamu. Masih mau melakukannya?

5. Sengaja bikin penasaran

7 Kebiasaan Kuno Pacaran yang Harus Kamu Tinggalkankinomnogo.net

Yang satu ini tidak jauh berbeda dengan poin sebelumnya. Kamu sengaja lama-lama balas pesan, angkat teleponnya, tapi kamu justru update status di media sosial. Sama saja kamu sedang cari masalah kalau begini. Bukannya dia penasaran, justru lama-lama dia akan capek mencari kamu. Nanti ujung-ujungnya kamu sendiri kan yang kesal karena pacar jadi cuek sama kamu.

6. Cowok yang harus membayar makan

7 Kebiasaan Kuno Pacaran yang Harus Kamu Tinggalkanfilmstarts.de

Sebagian besar memang masih menganggap kalau cowok itu wajib banget bayarin cewek. Kalau cowok kamu dengan keadaan finansial  yang baik sih nggak masalah. Tapi kalau sebaliknya? Tak ada salahnya kok kalau sekali-kali kamu mentraktir dia. Jangan sampai dia menghindari jalan sama kamu karena sedang terbatas keuangannya.

7. Pacar selalu antar-jemput

7 Kebiasaan Kuno Pacaran yang Harus Kamu Tinggalkanravepad.com

Pacar harus siap 24 jam buat mengantar dan menjemput ke manapun kamu akan pergi. Hmm, pacar atau tukang ojek nih? Jangan sampai kamu jadi menggantungkan segala halnya sama pacar kamu. Jadilah diri yang mandiri, meskipun kamu punya pasangan, kamu juga bisa kok buat melakukan segala hal sendiri. Kamu justru akan lebih dihargai lho, Bela!

Mulai sekarang kamu bisa mengubah mindset lama soal pacaran ya, Bela. Model pacaran yang kuno seperti itu, tentu tidak baik untuk dipertahankan. Pacaran seharusnya menjadi proses untuk bisa belajar saling menjaga komitmen antara kamu dan pasangan. Jadi, buatlah gaya pacaranmu jadi lebih baik lagi. 

BACA JUGA: 10 Kebiasaan Ini Bisa Membuat Hubungan Rumah Tanggamu Selalu Harmonis​