Belakangan ini istilah love language tengah populer dan banyak dibahas sebagai salah satu tolak ukur dalam mengekspresikan rasa cintanya kepada orang lain.

Namun apa, sih, love language itu?

Sesuai dengan artinya love language merupakan ‘bahasa cinta’ yang diartikan sebagai perilaku yang membuatmu merasa dicintai (Dr. Gary Chapman).

Ada lima jenis bahasa cinta, yaitu kata-kata penegasan (words of affirmation), waktu berkualitas (quality time), menerima hadiah (receiving gift), tindakan melayani (act of service), dan sentuhan fisik (physical touch). Setiap manusia tentu memiliki bahasa cinta yang berbeda, hal ini juga yang memengaruhi kualitas sebuah hubungan.

Nah, berikut ini ulasan lebih jauh mengapa penting untuk mengetahui bahasa cintamu dan pasangan.

1. Lebih mudah untuk menunjukkan rasa sayang ke satu sama lain

5 Alasan Pentingnya Tahu Bahasa Cinta Kamu dan Pasanganfreepik.com/lookstudio

Tidak semua orang suka dipuji, tidak semua orang juga suka dengan sentuhan fisik. Jika kamu dan pasangan mengetahui bahasa cinta masing-masing, tentu akan membuat kalian lebih mudah ketika menunjukkan rasa sayang ke satu sama lain. Kalian saling mengetahui dengan tepat apa yang diinginkan masing-masing.

2. Tidak keliru ketika ingin membuat pasangan bahagia

5 Alasan Pentingnya Tahu Bahasa Cinta Kamu dan PasanganPexels.com/Katerina Holmes

"Sebenarnya aku lebih suka jika dia menghabiskan waktu berkualitas denganku."

"Nggak perlu repot kasih hadiah, aku cuma ingin dia bisa membuatku bahagia dengan kata penyemangat."

Pernah dengar hal-hal di atas? Ini kerap terjadi karena kamu atau pasangan tidak mengetahui bahasa cinta masing-masing. Terkadang, perlakuan manis yang dilakukan tidak terlalu membuat bahagia atau tersentuh, karena kekeliruan memilih perlakuan yang tepat.

Jadi, tak ada salahnya untuk mencari tahu dan saling terbuka mengenai love language dan perlakuan apa yang kamu dan pasangan harapkan. Mengetahui bahasa cinta masing-masing juga bisa bikin langgeng, lho.

3. Saling membangun empati

5 Alasan Pentingnya Tahu Bahasa Cinta Kamu dan PasanganPexels.com/Mental Health America (MHA)

Mengetahui love language juga bisa membangun empatimu dan tentunya pasangan. Kalian jadi lebih peduli satu sama lain.

Perlu diingat bahwa tidak selamanya suasana hatimu dan pasangan selalu baik. Ada kalanya kalian merasa sedih akan suatu hal. Nah, di sinilah empati kalian muncul terutama jika telah mengetahui bahasa cinta masing-masing.

Kamu dan pasangan akan jadi lebih peka dan tahu kapan perlu menghibur dengan cara yang juga tepat. Kepedulian dan empati merupakan hal-hal yang diperlukan dalam sebuah hubungan.

4. Membuatmu dan pasangan merasa lebih dihargai

5 Alasan Pentingnya Tahu Bahasa Cinta Kamu dan Pasangandok.internet

Siapa yang tidak bahagia jika pasangan mengetahui apa yang kita mau?

Kita tentu akan merasa lebih dihargai jika pasangan memperlakukan kita sesuai dengan bahasa cinta yang tepat. Tandanya, dia benar-benar mengenalmu dan tahu apa yang kamu inginkan.

Begitu pula sebaliknya, jika kamu mengetahui bahasa cinta pasangan dia pasti akan merasa bahagia dan lebih dihargai.

Siapa, sih, yang tidak ingin dihargai dalam sebuah hubungan? Jadi, jangan malu untuk saling terbuka mengenai love language masing-masing ya.

5. Membantu membuat suasana jadi lebih baik pasca konflik

5 Alasan Pentingnya Tahu Bahasa Cinta Kamu dan Pasanganfreepik.com/gpointstudio

Setelah konflik biasanya ada fase kurang mengenakan yang membuat suasana jadi canggung bahkan dingin.

Dengan mengetahui bahasa cinta pasangan kita dapat menemukan cara pendekatan yang tepat yang membuatnya nyaman. Jika dia memiliki bahasa cinta dengan kata-kata, maka kamu bisa memberinya pengertian melalui ucapan agar dia merasa lebih baik.

Tentu saja suasana setelah konflik dapat menjadi hangat kembali dengan lebih cepat jika kamu tahu apa love language pasangan.

Keterbukaan jadi salah satu kunci untuk mengetahui bahasa cinta masing-masing, jadi sekali lagi, kamu dan pasangan nggak perlu ragu atau malu untuk menanyakan perlakuan apa yang disukai dan diharapkan dari masing-masing.

Itulah beberapa alasan mengapa mengetahui love language atau bahasa cintaitu penting. Semoga artikel ini bermanfaat ya!

Baca Juga: Ini Tanda Bahasa Cinta Kamu adalah Quality Time

Baca Juga: Cek Bahasa Cinta Gebetanmu Lewat Zodiaknya, Yuk!

Baca Juga: 5 Hal yang Sering Dianggap Tabu dalam Hubungan Asmara