Cinta memang harus diperjuangkan. Terlebih jika kepada seseorang yang memang telah kamu sukai dari dulu. Namun, ada kalanya kenyataan tidak sesuai harapan. Orang yang kamu sukai mungkin saja tidak mencintaimu dan hanya menjaga perasaanmu.

Di momen ketika kamu tahu bahwa si dia hanya menjaga perasaanmu, pastilah membuatmu patah hati. Namun, mau bagaimana lagi? Cinta memang tidak bisa dipaksakan. Perlu diketahui, yang merasa sedih bukan kamu saja. Orang yang selalu menjaga perasaanmu pun ikut kena imbasnya, lho!

Pasalnya, dia mencintai dalam kepalsuan. Maka dari itu, untuk menjaga kalian, sebaiknya kamu tahu lima tanda bahwa si gebetan sebenarnya mencintaimu karena keterpaksaan.

1. Tidak berinisiatif untuk menjalin komunikasi duluan

Tak Perlu Diperjuangkan, Ini 5 Tanda Dia Mencintaimu Secara TerpaksaUnsplash.com/Kev Costello

Pernahkah gebetanmu menanyakan kabar? Atau pernahkah dia lebih dulu berkirim pesan kepadamu? Jika tidak, kemungkinan dia tidak menaruh perasaan apa-apa terhadapmu. Biasanya, orang yang tertarik kepada suatu hal akan menyelidiki hal tersebut sedetail mungkin.

Rasa penasaran yang besar akan membuat dia ingin tahu kegiatan apa yang sedang kamu lakukan, kamu sedang berada di mana, dan bagaimana kondisimu saat ini. Kalau benar dia tertarik padamu, maka seharusnya dia akan menanyakan kabar terlebih dahulu sebelum kamu memulai percakapan. 

Selain tidak berinisiatif dalam menanyakan kabar, dia juga tidak melakukan usaha supaya percakapan kalian berlangsung lebih lama. Bahkan, dia tidak akan segan untuk membalas pesanmu dengan jawaban yang singkat, seperti "Oke" atau hanya mengirimkan stiker yang bermakna "Sudah, sampai di sini saja percakapan kita. Saya tidak tertarik dengan Anda". Jika hal tersebut terjadi, maka sudah dipastikan kamu dipersilahkan untuk mundur pelan-pelan.

2. Tidak ada perlakuan spesial darinya

Tak Perlu Diperjuangkan, Ini 5 Tanda Dia Mencintaimu Secara TerpaksaUnsplash.com/Andrew Neel

Kalau kamu pikir perlakuannya padamu adalah hal yang spesial, maka cobalah sesekali kamu bergabung dengan teman-temannya ataupun rekan kerjanya. Bisa jadi perlakuan yang kamu anggap spesial itu berlaku untuk semua orang. Misalnya, ketika dia menanyakan kabar saat kamu sakit dan memberikan perhatian lebih seperti menyuruhmu untuk meminum obat dan banyak istirahat. 

Lalu, coba kamu tanyai teman-temannya. Apakah dia melakukan hal itu juga terhadap mereka? Bagaimana jika ternyata perhatian yang mereka peroleh justru lebih besar lagi dibandingkan denganmu? Begitu mengetahuinya, masih yakin kalau kamu punya keistimewaan dalam hidupnya?

3. Tidak pernah memiliki waktu untuk bersamamu

Tak Perlu Diperjuangkan, Ini 5 Tanda Dia Mencintaimu Secara TerpaksaUnsplash.com/Priscilla du Preez

Jika kamu adalah prioritasnya, maka sesibuk apa pun, dia akan meluangkan waktu untukmu. Setidaknya jika dia memiliki halangan untuk bertemu, dia akan memberikan kabar kepadamu. Tentu saja hal ini dikarenakan dia ingin membuatmu terkesan dengan pengorbanan yang diberikan. 

Namun, jika dia tidak berpikir dua kali untuk menolak permintaanmu dalam menghabiskan waktunya bersamamu atau keberatan ketika dimintai bantuan sekecil apa pun itu, tandanya dia tidak tertarik kepadamu. Bahkan, mungkin saja ia justru merasa terganggu oleh kehadiranmu.

4. Secara blak-blakan menceritakan tentang orang yang dia sukai

Tak Perlu Diperjuangkan, Ini 5 Tanda Dia Mencintaimu Secara TerpaksaUnsplash.com/Steven Lasry

Coba ingat-ingat kembali, apakah dia pernah mengungkit-ungkit cerita tentang mantan pacarnya? Atau apakah dia pernah bercerita secara terang-terangan bahwa perempuan yang baru saja melewati kalian membuatnya tertarik? Itu tandanya dia telah mengirimkan kode padamu untuk menjauh.

Ini juga bisa berarti bahwa dia sedang mengetes reaksimu setelah mengetahui hal itu, apakah kamu akan terkejut atau cuek saja. Namun, perlu diketahui bahwa orang yang benar-benar menyayangimu tidak akan sampai hati untuk membuatmu cemburu. Maka, bila si dia telah mengirimkan sinyal ini, persiapkan mental saja, ya!

5. Terlihat bimbang ketika mengakui perasaannya

Tak Perlu Diperjuangkan, Ini 5 Tanda Dia Mencintaimu Secara TerpaksaUnsplash.com/Kilarov Zaneit

Carilah momen yang tepat untuk bertanya mengenai perasaannya kepadamu. Hal ini sangat penting demi masa depan hubunganmu dengannya karena dalam sebuah hubungan, kejujuran dan keterbukaan sangat diperlukan. Ketika kamu sudah melontarkan pertanyaan tersebut, coba perhatikan baik-baik bagaimana ekspresi wajahnya.

Apakah terlihat tidak nyaman sesaat setelah kamu menanyakannya? Atau apakah dia membutuhkan waktu yang lama untuk menjelaskan perasaannya kepadamu? Keheningan yang tercipta sudah cukup menjelaskan bahwa dia ragu untuk mengatakan hal yang sebenarnya. Ia sedang merangkai alasan untuk menghindari topik itu, atau bahkan bisa jadi sedang mempersiapkan kebohongan dengan menjawab bahwa dia mencintaimu.

Nah, itulah beberapa tanda bahwa si dia mencintaimu dalam keterpaksaan. Bila salah satu tanda muncul, ada baiknya bila kalian komunikasikan hal tersebut dengan kepala dingin. Jika si dia memang terpaksa mencintaimu, lebih baik akhiri hubungan kalian secara baik-baik melalui kesepakatan dua belah pihak agar tidak ada yang tersakiti lagi.

Disclaimer: Artikel ini sudah diterbitkan di laman IDN Times dengan judul "5 Tanda Ini Buktikan Dia Mencintaimu Secara Terpaksa, Renungkan!"

Baca Juga: Nyesek! Ini 5 Tanda Pasangan Sudah Tak Lagi Mencintaimu

Baca Juga: Hati-Hati, 5 Hal Ini Bisa Membuat Pasangan Tidak Mencintaimu Lagi

Baca Juga: Jangan Berpikir Dia Mencintaimu Hanya Karena Dia Terus Kembali