Perselingkuhan merupakan perilaku yang sangat tercela dan merugikan. Kepercayaan dalam hubungan bisa pupus begitu saja ketika salah seorang berkhianat. Padahal, kepercayaan adalah fondasi utama dari langgengnya sebuah hubungan. Rasanya, nggak ada satu pun orang yang merasa baik-baik saja ketika diselingkuhi, termasuk juga dengan perempuan.

Mengetahui pasangan berselingkuh rasanya akan begitu menyakitkan. Memang, rasanya sulit untuk menata diri kembali dan hubungan setelah kejadian pahit tersebut. Namun, jika ia menyesal dan siap untuk berubah, akan ada kemungkinan hubungan berjalan jauh lebih baik ke depannya. Lalu, apa sajakah tanda laki-laki yang menyesal karena telah berselingkuh? Coba kamu cek di bawah ini, melansir Romantific.

1. Dia menyesuaikan kebutuhanmu

9 Tanda Laki-Laki Menyesal Karena Telah Berselingkuhpexels.com/andrea-piacquadio-

Menjadi korban perselingkuhan berarti kamu nggak mendapat keadilan, sehingga kamu perlu menuntut pasanganmu. Saat ia menyesali tindakannya, ia memiliki tanggung jawab untuk memenuhi semua kebutuhan dan harapan kamu agar hubungan kalian bisa membaik.

Kesediaannya untuk menyesuaikan diri dengan kebutuhanmu dalam menjalin hubungan tentu menjadi salah satu tanda awal yang membuktikan kalau pasangan kamu benar-benar menyesali perbuatannya.

2. Memutuskan hubungan dengan selingkuhannya

9 Tanda Laki-Laki Menyesal Karena Telah BerselingkuhPexels.com/Cottonbro

Jika pasanganmu benar-benar menyesal dan ingin memperbaiki keadaan, tentu dia akan segera berhenti menghubungi selingkuhannya. Kamu nggak perlu menyuruhnya untuk memutuskan hubungan dengan selingkuhannya, jika ia serius untuk berubah, dia akan otomatis meninggalkan selingkuhannya tersebut.

3. Siap untuk mendapatkan kembali kepercayaanmu

9 Tanda Laki-Laki Menyesal Karena Telah BerselingkuhPexels/ cottonbro

Selingkuh jelas akan memengaruhi kepercayaan yang kamu miliki pada seseorang. Padahal, kepercayaan nggak mudah diperoleh kembali. Memperbaiki hati dan kepercayaan bisa menjadi proses yang sangat panjang dan rumit. Ketika pasanganmu menunjukkan kesediaannya untuk mendapatkan kepercayaanmu setelah melanggarnya dengan sengaja, ini adalah tanda bahwa dia sangat menyesal dengan perilakunya.

4. Merasa menyesal, bukan merasa bersalah

9 Tanda Laki-Laki Menyesal Karena Telah BerselingkuhPexels.com/cottonbro

Ada perbedaan besar antara merasa bersalah dan merasa menyesal. Rasa bersalah didasarkan pada orang yang merasakan emosi tersebut, sedangkan penyesalan adalah emosi lebih mendalam yang mempertimbangkan empati yang tulus atas rasa sakit yang dirasakan oleh orang lain. Oleh karena itu, kamu perlu memastikan bahwa pengakuan pasangan kamu berdasarkan penyesalan, bukan rasa bersalah.

Contoh khas dari kata-kata yang diucapkan karena penyesalan adalah "maafkan aku karena telah menyakitimu". Rasa bersalah, di sisi lain, terdengar lebih seperti "aku merasa bersalah karena telah menyakitimu". Perasaan yang melekat pada rasa bersalah sering kali tanpa melibatkan empati dan lebih terfokus untuk menghindari hukuman.

5. Sering meminta maaf secara terbuka

9 Tanda Laki-Laki Menyesal Karena Telah Berselingkuhpexels.com/lucas-souza

Jika dia meminta maaf secara terbuka dan sering mengungkapkan kesalahan yang telah ia perbuat, itu menunjukkan bahwa pasanganmu benar-benar menyesal telah mengkhianatimu. Namun, jika ia meminta maaf dengan pernyataan yang tidak jelas dan tidak mengungkapkan kesalahannya, ia tidak sepenuhnya merasa menyesal atas perbuatan merugikanmu tersebut.

6. Dia merasa bertanggung jawab

9 Tanda Laki-Laki Menyesal Karena Telah BerselingkuhFreepik.com/Freepik

Ini adalah salah satu tanda penting yang menunjukkan bahwa pasanganmu sungguh-sungguh menyesal. Dia selalu menganggap dirinya bertanggung jawab, karena dia lebih peduli dengan perasaanmu daripada perasaannya sendiri. Untuk mengatasinya, dia akan melakukan hal-hal yang ia yakini akan membantu mengurangi rasa sakitmu, baik melalui tindakan ataupun kata-kata.

7. Terbuka untuk konseling dan terapi

9 Tanda Laki-Laki Menyesal Karena Telah Berselingkuhfreepik/prostooleh

Sederhananya, apa pun yang akan membantu membuat hubungan kalian berkembang,  pasanganmu akan bersedia mencobanya. Konseling pasangan adalah hal yang sangat sulit bagi laki-laki, terutama karena mengharuskan mereka untuk terbuka dan merasa rentan.

Pasangan yang benar-benar menyesal selalu siap melakukan apa pun yang diperlukan untuk bergerak maju dalam hubungan. Dia akan mendukung setiap tindakan yang kamu ingin dia lakukan dan melihatnya sebagai kesempatan untuk bertanggung jawab penuh atas tindakannya.

8. Orang lain menyadari penyesalannya

9 Tanda Laki-Laki Menyesal Karena Telah Berselingkuhunsplash.com/Nik Shuliahin

Jika kamu nggak yakin dengan perilaku penyesalannya, kamu bisa tanya beberapa orang terdekatmu. Temanmu pasti akan jujur ​​tentang apa yang mereka lihat pada pasangan kamu. Beberapa anggota keluargamu juga kemungkinan besar dapat membantu, terutama jika kalian berdua sudah menikah. Karena terkadang emosimu akan menyulitkan kamu menilai tindakan dan kata-kata pasanganmu, sehingga bantuan orang-orang dari luar bisa sangat membantu.

9. Lebih banyak berkomunikasi

9 Tanda Laki-Laki Menyesal Karena Telah Berselingkuhpexels.com/andie-venzl-2418920

Pasanganmu yang menyesal akan berbicara secara verbal dan sangat jujur ​​melalui komunikasi. Dia akan terbuka tentang bagaimana perasaannya, alasan mengapa perselingkuhan itu terjadi, keinginan dan harapannya untuk maju, dan apa yang ingin dia lakukan untuk memperbaiki keadaan. Tentu saja, komunikasi dalam hubungan sangat penting dan jika kalian mampu melakukannya, kalian akan merasakan perbedaan besar dalam hubungan.

Jadi, itulah 9 tanda laki-laki yang menyesal karena telah berselingkuh. Semoga artikel ini bermanfaat untukmu ya, Bela!

Baca Juga: Bukan Cuma Pasangan, Ini 6 Efek Perselingkuhan pada Keluarga

Baca Juga: Catat! Ini 6 Cara Mengetahui Pacaran LDR Selingkuh

Baca Juga: 7 Sifat yang Biasanya Dimiliki Tukang Selingkuh