Saat ini memblokir mantan pacara di media sosial setelah putus sudah menjadi hal yang umum dilakukan. Sebagian orang menganggap cara ini memudahkan mereka melewati masa putus yang tentunya menyakitkan. Namun sebagian lagi menganggap langkah ini justru chilidsh. 

Namun nggak bisa dipungkiri kalau memblokir mantan merupakan salah satu cara efektif yang bisa kamu lakukan ketika ingin mengakhiri hubungan yang toxic. Tetapi nggak semua orang berani melakukan ini, lho. Nah, kalau kamu juga masih ragu, berikut ini ada beberapa alasan kenapa kamu harus memblokir mantan di media sosial. Keep scrolling Bela! 

1. Curiga dengan setiap teman perempuan barunya

7 Alasan Kamu Perlu Memblokir Mantan Pacar di Media SosialPixabay.com/Jan Vašek

Setelah putus, tentunya sah-sah saja bagi dia ataupun kamu untuk mencoba berkencan dengan orang baru. Tetapi nggak dapat dipungkiri kan kamu bisa saja curiga atau bahkan cemburu ketika melihat dia di sosial media sudah mulai dekat dengan perempuan baru? Tentunya hal ini akan menimbulkan perasaan nggak nyaman yang seharusnya nggak perlu kamu rasakan. 

2. Mulai membandingkan hidup

7 Alasan Kamu Perlu Memblokir Mantan Pacar di Media Sosialunsplash.com/@plann_images

Nggak dapat dipungkiri kalau sebagian orang yang sudah putus masih memeriksa profil media sosial dari mantannya. Sayangnya hal ini dapat memicu dirimu untuk membandingkan hidupmu dengannya. Kamu mungkin merasa saat ini dia mulai memiliki hidup yang jauh lebih baik dan menyenangkan tanpa kamu. Padahal kamu dan dia hanya sedang menjalani hidup masing-masing. 

3. Membentuk dendam yang tidak perlu

7 Alasan Kamu Perlu Memblokir Mantan Pacar di Media SosialUnsplash

Cepat atau lambat, dia akan menemukan kekasih baru dan kemungkinan besar kamu akan membenci momen tersebut. Terutama bila kamu dan dia mengalami perpisahan yang buruk. Rasa penasaran dan benci mungkin dapat mengantarkan kamu untuk mencari tahu kehidupan asmara mereka saat ini. Padahal hal ini tentunya nggak perlu kamu lakukan, ya, Bela. Jangan penuhi hatimu dengan kebencian. Hal tersebut hanya akan membuatmu lelah.

4. Kamu mungkin akan mengirimnya pesan tanpa sengaja

7 Alasan Kamu Perlu Memblokir Mantan Pacar di Media Sosialpexels.com

Ketika kamu sering mengunjungi profilnya, kamu mungkin tergoda untuk mengiriminya pesan secara tidak sadar karena sedang terbawa suasana. Sudah banyak, lho, orang yang mengaku mengirim pesan pada mantannya dan berakhir dengan perasaan malu. Nggak mau dong kamu jadi salah satunya? 

5. Untuk kedamaian diri sendiri

7 Alasan Kamu Perlu Memblokir Mantan Pacar di Media SosialFreepik.com

Kalau semua postingan mantanmu terasa menyindir atau membuat kamu merasa buruk, tidak ada salahnya, kok, untuk memblokirnya. Bahkan saat baru putus, sebagian orang tidak ingin melihat nama mantannya muncul di media sosial. Jika kamu ingin kedamaian di media sosialmu, jangan ragu untuk melakukannya. 

6. Mencegah terjadinya putus nyambung

7 Alasan Kamu Perlu Memblokir Mantan Pacar di Media Sosialpexels.com/ mentatdgt

Beberapa pasangan mengalami fase putus nyambung yang amat sering. Hal ini tentunya melelahkan dan dapat membuat hubungan berubah menjadi toxic. Kamu dan dia mungkin masih peduli satu sama lain tetapi ketika mencoba kembali bersama, semuanya gagal lagi. Bila hal ini terus berulang, cobalah untuk memblokirnya di media sosialmu. Dengan begitu dia tidak akan lagi mencari kesempatan untuk kembali denganmu. 

7. Lebih cepat move on

7 Alasan Kamu Perlu Memblokir Mantan Pacar di Media Sosialhttps://unsplash.com/@connerching

Pada akhirnya, kamu bebas untuk memilih memblokir atau tidak memblokir mantanmu di media sosial. Namun dengan memblokirnya juga nggak berarti kamu kejam. Kamu justru memberi kesempatan dirimu untuk segera move on dari masa lalu. Dengan begitu proses penyembuhan hatimu bisa benar-benar dimulai. 

Baca Juga: Aktif Kembali Bermedia Sosial, Hwang Hana Pacaran dengan Jungkook BTS?

Baca Juga: 9 Hal di Profil Media Sosialmu yang Bikin Gebetan Jadi Malas Stalking

Baca Juga: Waduh! 5 Tanda Media Sosial Memengaruhi Hubungan Kalian