Di dalam sebuah hubungan asmara, tak hanya dibutuhkan dua orang yang saling mencintai saja, tapi juga dua orang yang bisa saling mengerti dan memahami. Sebab yang namanya pacaran tak melulu dihiasi dengan kisah manis nan romantis semata, namun juga ada kalanya harus diuji dengan adanya masalah, mulai dari yang sepele sampai yang berat.

Jika mampu melewatinya, sudah bisa dipastikan ikatan cinta di antara kalian akan semakin kuat. Sebaliknya, jika kamu masih saja bersikap tidak dewasa dalam menjalani hubungan ini, bukan nggak mungkin kamu akan gagal mempertahankan hubungan asmaramu berkali-kali. Lalu apa, sih, tanda yang menunjukkan kalau ternyata selama ini, kamu belum dewasa dalan membina hubungan asmara dengannya?

Biar nggak penasaran, berikut kamu bisa membaca ulasannya. 

1. Menuntut dia selalu menjadi yang kamu mau

6 Tanda Kamu Tak Bersikap Dewasa dalam Hubungan AsmaraPixabay.com/Fxq19910504

Sah-sah saja jika kamu ingin pacarmu berubah jadi lebih baik. Tapi itu harus demi kebaikannya, bukan semata-mata untuk memuaskan egomu saja. Kalau kamu masih saja suka menyetir dia harus bersikap begini-begitu, demi membuat kamu senang, itu tandanya kamu belum bisa bersikap dewasa dan masih kekanak-kanakan. 

Mungkin awalnya dia mau menurut, tapi lama kelamaan sikapmu itu bakal membuatnya risih dan pada akhirnya memilih mantap meninggalkanmu. Lagi pula kalau posisinya dibalik, apakah kamu bisa tahan diatur-atur sesuai keinginannya?

2. Membandingkannya dengan orang lain secara terang-terangan

6 Tanda Kamu Tak Bersikap Dewasa dalam Hubungan AsmaraPexels.com/Ba Phi

Orang yang berpikir dewasa pasti tahu betul, jika setiap orang tidaklah sama. Saudara yang terlahir kembar saja bisa memiliki sifat yang berbeda, kok. Sementara kamu malah gemar membandingkan antara pacarmu dengan cowok lain. Seolah-olah jika dia nggak bisa bersikap seperti mereka, berarti dia nggak cukup baik di matamu. 

3. Berharap hanya ada kebahagiaan dalam hubungan kalian

6 Tanda Kamu Tak Bersikap Dewasa dalam Hubungan Asmarapexels.com

Mengharapkan hubungan kalian selalu dilimpahi dengan kebahagiaan, memang suatu keinginan yang baik. Akan tetapi kenyataannya dalam hubungan asmara pasti akan menghadapi permasalahan. Nah, rumit tidaknya masalah tersebut tergantung dari bagaimana kalian bersikap satu sama lain. Jika baik kamu atau dirinya bisa saling terbuka, memahami, dan mengalah tentu masalah seperti apa pun bisa kalian lewati dengan mudah.

4. Membuka masalah kalian di depan umum

6 Tanda Kamu Tak Bersikap Dewasa dalam Hubungan AsmaraPexels.com/Vera Arsic

Di sekitar kita masih banyak orang yang dengan bangganya membeberkan masalah pribadi di depan umum. Nah, jangan sampai kamu salah satunya, ya. Karena jika iya, itu artinya kamu masih belum dewasa dalam menjalin hubungan. Adanya masalah itu wajar, karena kamu dan dia nggak selamanya sepaham kan? 

Tapi coba, deh, tahan diri dan simpan masalah itu buat konsumsi pribadi. Lagipula membeberkan masalah ke orang lain belum tentu menyelesaikan persoalan, kok. Apalagi sampai menceritakan tentang keburukan pasanganmu. Itu, sih, justru kamu membuat masalah jadi berlarut-larut.

5. Kamu nggak mau terima jika dia punya kekurangan, pokoknya harus sempurna

6 Tanda Kamu Tak Bersikap Dewasa dalam Hubungan AsmaraPexels.com/Zun zun

Tidak ada seorang pun di dunia ini yang sempurna. Masing-masing dari kita tentu punya kekurangan. Begitu pula dengan kamu dan pacar. Kamu nggak bisa menuntut dia jadi yang terbaik, tanpa cacat sedikit pun. Kekurangan itu ada bukan untuk dihina, tapi lebih baik terima apa adanya, dan jika bisa diperbaiki, ya, coba perbaiki bersama. Orang yang nggak dewasa, hanya bisa menuntut ini-itu, tapi nggak mau berproses untuk bisa maju bersama. 

6. Mengungkit-ungkit masalah yang telah lalu

6 Tanda Kamu Tak Bersikap Dewasa dalam Hubungan Asmarampasho.co.ke

Tak hanya dia, pastinya kamu juga pernah berbuat salah. Tapi apa iya, kamu masih tega mengungkit masalah yang sudah lewat terus menerus? Kalau memang persoalan itu sudah dianggap selesai, sewajibnya kamu melupakannya dan cukup jadikan itu sebagai pelajaran. Tindakan suka menyindir masalah yang dulu-dulu hanya akan membuatmu dipandang sebagai seseorang yang belum dewasa oleh pacarmu. Kalau memang masih ada yang menganjal, lebih baik bicarakan itu baik-baik daripada main sindir nggak jelas.

Itulah tadi enam indikasi yang menunjukkan sikap tak dewasa saat menjalin hubungan asmara. Nggak mau kan, kamu harus gagal berkali-kali dalam asmara hanya karena nggak pandai menjaga sikap?

 

Disclaimer: Artikel ini sudah terbit di laman IDN Times dengan judul "6 Tanda Kamu Gak Bersikap Dewasa dalam Hubungan Asmara"

Baca Juga: 6 Tips Agar Suatu Hubungan Awet dan Berkualitas, Wajib Tahu!