Walaupun statusnya masih pacaran, tentu saja kamu ingin mendapat kejelasan soal hubungan ini dari pasangan, dong. Tetapi kenapa, sih, setiap kali ditanya selalu saja jawabannya abu-abu, seperti "kita jalani saja dulu, ya?". Padahal kamu mau serius sama dia, lho.

Jawaban yang berulang-ulang ini tentu bikin hatimu nggak puas, sekaligus bertanya-tanya. Biar nggak makin penasaran, berikut lima makna di balik kalimat "jalani saja dulu" yang kerap kali diucapkan pasanganmu.

Cek satu per satu, kira-kira mana yang paling cocok sama situasi kalian saat ini.

1. Dia tidak ada niatan untuk menjalin hubungan yang serius denganmu

Ini 5 Makna di Balik Kalimat Jalani Aja Dulu yang Diucapkan Si DiaPexels.com/Jep Gambardella

Kabar buruknya, bisa jadi selama ini pacarmu nggak menganggap serius hubungan kalian. Baginya menjalin asmara denganmu hanya perlu dibawa santai saja. Tidak perlu terlalu dipikirkan ke depannya akan seperti apa. Paling penting kalian bisa bersenang-senang dan terlihat harmonis di mata publik. Sementara dirimu justru menginginkan lebih darinya.

Sekarang keputusan ada di tanganmu. Apakah kamu sudah mulai memikirkan masa depan? Lalu jika pemikiran kamu dan dia ternyata berbeda, apakah kamu sanggup menjalani hubungan tanpa kejelasan?

2. Diam-diam dia belum yakin sama perasaannya sendiri

Ini 5 Makna di Balik Kalimat Jalani Aja Dulu yang Diucapkan Si DiaPexels.com/Djordje Cvetkovic

Bukannya nggak mau serius, kalau ditanya cinta apa tidak sama kamu, tentu dia akan menjawab cinta. Tapi sayangnya, hatinya belum sepenuhnya terpaut padamu. Entah karena dia masih belum berhasil move on dari masa lalunya, atau justru merasa masih ada bagian diri kalian yang belum klop.

Jika memang ini alasannya, ada baiknya kamu memberi dia kesempatan, ya. Sembari meyakinkan dirinya, bahwa hubungan kalian layak dijalani dengan sepenuh hati, bukan setengah-setengah lagi. 

3. Sebagai antisipasi supaya kamu tak buru-buru membicarakan soal pernikahan

Ini 5 Makna di Balik Kalimat Jalani Aja Dulu yang Diucapkan Si DiaPexels.com/Liliana Drew

Dia tahu apa alasan kamu sering menanyakan soal kelanjutan hubungan kalian. Ya, apalagi kalau bukan karena kamu sudah mulai memikirkan tentang pernikahan. Bukannya dia tak ingin menikah denganmu, hanya saja, menurutnya ini bukan momen yang pas.

Kalian masih sama-sama muda dan punya banyak cita-cita yang harus digapai. Makanya, dia tak mau memberimu harapan palsu. Dirinya mungkin masih merasa ingin menikmati masa lajang hingga beberapa tahun ke depan. 

4. Dia sebenarnya serius tapi saat ini belum bisa menjanjikan apa pun bagimu

Ini 5 Makna di Balik Kalimat Jalani Aja Dulu yang Diucapkan Si Diapexels.com/Andrea-Piacquadio

Jangan sedih, jika kekasihmu selalu bilang untuk menjalani dulu hubungan ini apa adanya. Belum tentu itu berarti dia nggak pernah serius dan benar-benar cinta sama kamu. Bukannya dia nggak mau segera meresmikan hubungan kalian ke jenjang yang lebih serius lagi. Hanya saja saat ini dia belum bisa menjanjikan apa pun.

Baru juga satu tahun lulus kuliah kemudian dapat pekerjaan. Kalau langsung memikirkan soal pernikahan, itu namanya tergesa-gesa. Ingat, ya, nikah modal saling cinta dan sayang saja tak cukup, lho. Banyak hal lain yang perlu dipersiapkan, terutama mental dan juga materi. 

5. Ingin melihat seberapa seriusnya kamu

Ini 5 Makna di Balik Kalimat Jalani Aja Dulu yang Diucapkan Si DiaPexels.com/RODNAE Production

Terakhir, tidak menutup kemungkinan kalau makna di balik kalimat yang dia ucapkan ini bermaksud untuk mengujimu. Dia mau lihat dulu, nih, seberapa seriusnya kamu sama hubungan kalian. Berkali-kali diminta buat jalani saja dulu, nyatanya nggak membuat niatmu surut. Malah kamu terus berada di sisinya dan menunjukkan kesetiaanmu padanya.

Jika benar demikian, percayalah setelah kamu lolos ujian, dia akan dengan senang hati membawamu ke level hubungan yang lebih serius, kok. Maka dari itu, tak usah ragu-ragu memperlihatkan ketulusanmu padanya, ya.

Ternyata makna di balik kalimat 'jalani saja dulu' yang sering diucapkan si dia tak selalu buruk, kan? Coba lihat, mana yang sepertinya pas dengan situasi kamu saat ini. Sekarang kembali lagi ke kamu, deh, mau dijalani saja dulu atau tidak?

Disclaimer: Artikel ini sudah terbit di laman IDN Times dengan judul "5 Makna di Balik Kalimat 'Jalani Saja Dulu' yang Diucapkan Pacarmu"

Baca Juga: 7 Pasangan Zodiak yang Toxic Banget Saat Menjalin Hubungan

Baca Juga: Panutan Banget! 10 Pasangan KDrama Ini Punya Hubungan Sehat

Baca Juga: 5 Tanda Kamu Insecure dalam Suatu Hubungan Serta Cara Menghentikannya