Kamu mungkin punya prinsip, apa yang sudah berlalu, ya biarkan berlalu. Kesalahan yang dulu sempat kamu lakukan, sudah terjadi di masa lalu dan tidak relevan jika dibahas lagi sekarang. Kamu pun telah meminta maaf pada pacar dan dia juga sudah memaafkanmu, kok. Itu artinya persoalan di antara kalian selesai, dong. 

Tapi kenapa, ya pacarmu justru masih suka mengungkit-ungkit kesalahan di masa lalu? Bikin kesal, deh, kalau dia mulai membahasnya.

Namun mau bagaimanapun kamu pasti ingin tahu apa sebab dia bertindak demikian. Bisa saja satu di antara lima alasan di bawah ini yang jadi biang keroknya. Cek, yuk, biar gak penasaran.

1. Masih tersisa rasa kecewa atas apa yang kamu lakukan dulu

Bikin Kesal, 5 Alasan Pacar Suka Ungkit Kesalahanmu di Masa LaluPexels.com/Budgeron Bach

Jujur sebenarnya, dia masih kecewa dengan perbuatanmu kepadanya dulu. Baginya, kesalahanmu itu terbilang fatal dan tidak bisa diabaikan begitu saja. Misalnya saat kamu pernah kepergok selingkuh. Bisa jadi dulu persoalan di antara kalian ini belum tuntas betul. Mungkin dia menganggap kamu nggak meminta maaf dengan sepenuh hati atau kamu belum mengubah perilakumu.

Makanya, tiap kali ada kesempatan dia selalu saja mengungkit masalah yang sama. Maksudnya biar kamu nggak lupa sudah menyakiti perasaannya hingga menyisakan luka yang mendalam.

2. Tanpa sengaja kamu melakukan kesalahan yang sama

Bikin Kesal, 5 Alasan Pacar Suka Ungkit Kesalahanmu di Masa Lalufreepik.com/cookie_studio

Mungkin kamu sudah melupakan kesalahanmu dulu, hingga tanpa sadar malah mengulanginya lagi. Ini, nih, yang membuat pacarmu tergerak untuk mengingatkan kembali. Bukan dengan cara menegur, tapi dengan jalan menyindir. Bikin kesal, sih, tapi mau bagaimana lagi. Dia juga yang pada akhirnya harus sakit hati, kok.

3. Kamu yang lebih dulu mengungkit kesalahannya

Bikin Kesal, 5 Alasan Pacar Suka Ungkit Kesalahanmu di Masa Lalufreepik.com/cookie_studio

Bisa juga alasannya adalah karena kamu duluan yang sengaja 'menyenggol' dia. Artinya, kamu mulai mengungkit kesalahannya di masa lalu dan membahasnya hingga berhari-hari. Nah, sebagai bentuk protes, dia memilih melakukan serangan serupa, deh. Dengan jalan membeberkan kembali dosa-dosamu yang telah lalu. 

Pikirnya ini tindakan yang bijak, jadi kalian sudah impas. Tapi nyatanya kamu malah merasa diserang dan keberatan. Ayo, apa susahnya saling menjaga aib pasangan? Toh, kalian berdua juga sama-sama pernah melakukan kesalahan. 

4. Memang dia bilang sudah memaafkan tapi bukan berarti bisa lupa begitu saja

Bikin Kesal, 5 Alasan Pacar Suka Ungkit Kesalahanmu di Masa LaluPexels.com/Rodnae Productions

Kamu mungkin menganggap hanya kaum hawa yang sering melakukan hal ini, padahal ada juga, lho, laki-laki yang bersikap demikian. Dulunya dia sudah bilang bersedia memaafkan, tapi sekarang malah mengungkitnya lagi. Memang benar kata orang, memberi maaf itu lebih mudah ketimbang melupakan kesalahan seseorang pada kita. 

Kalau alasannya begini kamu mesti ekstra sabar, sih. Jika memang sudah nggak tahan lagi, coba sampaikan baik-baik padanya. Kalau dia juga tak bisa melupakan kesalahanmu di masa lalu, lebih baik kamu pikirkan lagi hubunganmu dan dia. Apa iya, kamu mau terus-terusan jadi pihak yang disalahkan?

5. Sekadar ingin mengajakmu menertawakan masa lalu

Bikin Kesal, 5 Alasan Pacar Suka Ungkit Kesalahanmu di Masa LaluFreepik.com

Sedangkan alasan yang terakhir ini paling receh, tapi tetap bikin kesal. Sebenarnya si dia cuma ingin mengajakmu bercanda, tapi jatuhnya semacam dark jokes gitu, ya. Bercandanya pakai bawa-bawa kesalahanmu di masa lalu. Siapa juga yang nggak jadi sensi seketika. Kamu pikir dia mau mulai pertengkaran, eh ternyata cuma ingin menertawakan kebodohan yang dulu pernah kamu lakukan. Jahil banget, sih! 

Sebenarnya membawa-bawa masalah yang sudah lama selesai itu nggak baik. Kalau memang dia belum lega, ya, coba bicarakan baik-baik, bukan dengan cara menyindir atau tiba-tiba mengajak bernostalgia ke masa-masa kelam itu. Nah, begitu tahu alasan yang sebenarnya kira-kira apa, nih tindakanmu selanjutnya? 

Disclaimer: Artikel ini sudah terbit di laman IDN Times dengan judul "5 Sebab Pacar Sering Mengungkit Kesalahanmu di Masa Lalu, Bikin Kesal"

Baca Juga: Tampak Serasi, 8 Pasangan Artis Ini Ternyata Beda Usia 11 Tahun

Baca Juga: Ini Cara Setiap Zodiak Mengintimidasi Pasangannya

Baca Juga: Jangan Emosi, Ini 9 Cara Menghadapi Pacar yang Over Protektif