Jodohmu belum datang? Atau kamu berulang kali terjebak dalam hubungan yang salah? Mungkin sekarang adalah saatnya introspeksi diri dulu, Bela, sebelum akhirnya memutuskan untuk menjalin hubungan. Kalau kamu sudah siap untuk serius, coba saja beberapa tahapan berikut ini langkah yang perlu kamu lakukan untuk menemukan pasangan hidup yang tepat.

1. Sadar akan nilai diri

7 Tahapan Penting untuk Menemukan Pasangan Hidup yang Tepatfreepik.com/lookstudio

Penting untuk kamu mengetahui value alias nilai diri kamu sendiri. Kadang orang berpikir lebih baik berada dalam hubungan yang buruk, ketimbang harus menjadi single. Ini merupakan mindset yang harus kamu ubah jika kamu ingin menemukan pasangan hidup yang tepat. Memiliki nilai diri artinya kamu tidak akan bertahan pada hubungan yang membuatmu merasa terkekang, rendah diri, ketakutan, dan merasakan emosi buruk lainnya.

2. Cintai dirimu sendiri terlebih dulu

7 Tahapan Penting untuk Menemukan Pasangan Hidup yang Tepathttps://www.freepik.com/svetlanasokolova

Sebelum menemukan pasangan hidup yang tepat, kamu harus mencintai dirimu sendiri dengan segala kelebihan dan kekurangannya. Tak perlu berpura-pura atau menjadi orang lain, hanya demi untuk mendapatkan hati si dia. Rasa percaya diri yang kamu punya adalah bentuk self-love yang pada akhirnya membuat kamu terbuka dalam menemukan pasangan hidup yang tepat.

3. Hiduplah bahagia

7 Tahapan Penting untuk Menemukan Pasangan Hidup yang Tepatfreepik.com/ArthurHidden

Happy people attract people. Orang yang bahagia akan menarik bagi orang lain. Berbahagialah dengan hidupmu yang sekarang, dengan pekerjaanmu, dengan lingkunganmu, dan dengan dirimu sendiri. Berbahagia artinya kamu tak pernah merasa iri dengan kesuksesan, kecantikan, atau kekayaan orang lain. Buang pikiran bahwa ketika kamu nantinya menemukan pasangan, kamu akan bahagia. Sebaliknya, bentuk pikiran bahwa kamu harus berbahagia dulu sebelum akhirnya menarik perhatian orang, yang mungkin kelak menjadi pasangan hidupmu.

4. Ketahui apa kebutuhanmu

7 Tahapan Penting untuk Menemukan Pasangan Hidup yang TepatPexels.com/Hebert Santos

Apakah kamu tipe orang yang memerlukan ruang untuk sendiri? Apakah kamu tipe orang yang mengharapkan kemesraan? Apakah kamu orang yang ingin selalu mengikuti kegiatan bersama pasangan?

Apa pun tipe atau gaya hubunganmu, semua itu sah-sah saja. Dengan mengetahui apa yang kamu harapkan dan apa yang kamu butuhkan dari hubungan, maka kamu bisa mengetahui pasangan seperti apa yang tepat untukmu.

5. Melepaskan masa lalu

7 Tahapan Penting untuk Menemukan Pasangan Hidup yang TepatPexels.com/Anete Lusina

Hal yang kadang sulit dilakukan adalah melepaskan apa yang sudah berlalu. Mungkin kamu merasa mantanmu itu adalah ‘the one’, tapi pada akhirnya hubungan kalian kandas. Jika itu terjadi, maka percayalah bahwa dia bukan pasangan yang tepat untukmu. Untuk mendapatkan pasangan yang tepat, maka kamu harus berani untuk melepaskan masa lalu dan tidak lagi menoleh ke belakang.

6. Terbuka untuk bertemu dengan orang baru

7 Tahapan Penting untuk Menemukan Pasangan Hidup yang TepatPexels.com/Andrea Piacquadio

Tak perlu muluk-muluk dalam menentukan standar orang yang cocok jadi pasanganmu. Bersikaplah terbuka pada siapa saja dan saat berkenalan dengan orang baru. Kadang kamu tak pernah tahu, jodohmu ada di mana. Siapa tahu juga, kamu justru jatuh hati dengan orang yang sebenarnya tak pernah kamu sangka sebelumnya.

7. Kenyamanan itu penting

7 Tahapan Penting untuk Menemukan Pasangan Hidup yang Tepathttps://www.pexels.com/@keira-burton

Terakhir dan tak kalah penting, kamu harus merasakan nyaman saat bersama si dia. Salah satu tanda kecocokan kamu dan dia adalah kenyamanan yang saling kalian rasakan. Selain itu, kamu juga bisa melihat bagaimana kamu dan pasangan bisa sama-sama bersikap dewasa dalam menghadapi suatu permasalahan. Emosi kalian sudah lebih stabil dan segala sesuatu dipikirkan dengan logika. Kalau sudah begitu, kamu mungkin sudah menemukan orang yang tepat, tuh!

Itu dia beberapa tahapan penting untuk menemukan pasangan hidup yang tepat. Semua itu harus dimulai dari diri kamu sendiri, ya, Bela. Semoga berhasil menemukan 'the one'!

Baca Juga: Pasangan Sedang Stres? Katakan 10 Kalimat Penyemangat Ini

Baca Juga: Bertahun-tahun Pacaran Beda Agama, 9 Pasangan Artis Ini Akhirnya Putus

Baca Juga: Coba Cek, 5 Hal Ini Bisa Jadi Tanda Kalau Pasangan Tak Nyaman denganmu