Mempelajari “jatuh cinta” memang rumit, karena ketika seseorang jatuh cinta perilakunya bisa berbeda-beda. Jatuh cinta itu juga sifatnya sangat subyektif. Meski begitu, Dr. Danielle Forshee, seorang psikolog, mengatakan pada laman Bustle, bahwa ada bukti-bukti yang menunjukkan perbedaan antara perempuan dan laki-laki saat jatuh cinta.

Biasanya perbedaan itu terlihat dalam cara mereka mengekspresikan perasaan dan cara mereka mendeskripsikan emosi tersebut,” kata Danielle.

Tentu saja jika bicara soal cinta, sebenarnya tidak ada aturan dalam mendefinisikannya. Tidak setiap orang bisa merasakan pengalaman yang sama. Tapi faktanya, sains menemukan beberapa hal menarik yang perlu disimak.

Ini kata penelitian seputar perbedaan perempuan dan laki-laki saat jatuh cinta.

1. Laki-laki mungkin lebih cepat jatuh cinta

7 Perbedaan Nyata Perempuan vs Laki-laki Saat Jatuh CintaUnsplash.com/Candice Waldeck

Dalam sebuah penelitian terkini, menunjukkan bahwa laki-laki cenderung jatuh cinta lebih cepat dan juga mengutarakan perasaan cinta mereka lebih cepat juga, dibandingkan perempuan.

Banyak film dan buku yang bercerita tentang perempuan yang jatuh cinta duluan, tapi seringnya justru sebaliknya,” kata Jonathan Bennett dan David Bennett, pendiri Double Trust Dating, dilansir Bustle.

Alasannya pun bisa berkaitan dengan masalah biologis. Perempuan biasanya lebih menjaga dirinya untuk tidak jatuh cinta dengan cepat, sedangkan laki-laki biasanya lebih memiliki kebebasan dalam hal itu. Tentu saja ini mungkin tidak selalu dirasakan semua orang, tapi ini bisa menjadi salah satu hal untuk diperhatikan.

2. Laki-laki mungkin mengatakan “I Love You” pertama kali

7 Perbedaan Nyata Perempuan vs Laki-laki Saat Jatuh CintaDok. Netflix

Penelitian yang sama juga mengungkapkan, banyak laki-laki lebih dulu mengatakan “I Love You” atau “aku cinta padamu” pertama kali. Perempuan mungkin dianggap sebagai makhluk romantis, namun banyak studi yang menunjukkan laki-laki lebih cepat dan lebih mudah mengekspresikan perasaannya.

3. Perempuan mungkin mengatakan “I Love You” lebih sering

7 Perbedaan Nyata Perempuan vs Laki-laki Saat Jatuh Cintahttps://www.pexels.com/@olly

Ketika pasangan laki-laki dan perempuan sudah saling tahu mengenai perasaannya masing-masing, ternyata dalam hubungan perempuan akan menjadi orang yang lebih sering mengucapkan “I Love You”.

Penelitian menunjukkan, ucapan “I Love You” merupakan tindakan romantis paling utama bagi perempuan. Sementara bagi laki-laki, tidak menganggapnya demikian. Selain itu bagi perempuan, ucapan “I Love You” yang sering diucapkan merupakan sebuah bentuk komunikasi yang menyatakan komitmen di antara mereka.

4. Perempuan hanya akan fokus pada satu orang

7 Perbedaan Nyata Perempuan vs Laki-laki Saat Jatuh Cintafreepik.com/ freepik

Coba kembali ke masa-masa sekolah dulu. Ketika kamu naksir seseorang, apakah kamu akan fokus pada orang itu saja atau kamu naksir dengan beberapa orang sekaligus?

Sebuah penelitian menunjukkan, laki-laki muda cenderung lebih cepat jatuh cinta dan sering kali jatuh cinta dengan beberapa perempuan sekaligus. Sedangkan perempuan, biasanya hanya cenderung jatuh cinta pada satu orang saja.

Tentu saja ini kembali ke pribadi masing-masing, preferensi mereka, dan lainnya.

5. Perempuan tidak mementingkan visual

7 Perbedaan Nyata Perempuan vs Laki-laki Saat Jatuh CintaFreepik.com

Laki-laki bisa dengan mudah jatuh cinta dari jauh, hanya dengan melihat visual dari sosok perempuan. Tidak demikian dengan perempuan yang butuh waktu lebih lama untuk jatuh cinta. Tak hanya dengan melihat, mereka perlu kenal lebih dekat. Perempuan pun bisa saja menjadi demikian dalam jatuh cinta pada seseorang setelah beberapa lama mengenalnya.

6. Perempuan dan laki-laki mencari kualitas yang sama untuk hubungan jangka panjang

7 Perbedaan Nyata Perempuan vs Laki-laki Saat Jatuh CintaUnsplash.com/Alex Iby

Ternyata, tak selamanya berbeda, karena perempuan dan laki-laki punya pendapat yang sama soal hubungan jangka panjang. Dalam penelitian, laki-laki dan perempuan sama-sama mencari cinta untuk akhirnya berkomitmen, memiliki hubungan jangka panjang, dan menikah.

Kualitas yang mereka cari pun cenderung sama, yaitu kebaikan pasangan, kecerdasan, pengertian, dan tentu saja seseorang yang mencintai mereka dengan kadar yang sama.

7. Laki-laki lebih sering merasakan cinta tak berbalas

7 Perbedaan Nyata Perempuan vs Laki-laki Saat Jatuh CintaUnsplash.com/Kinga Cichewicz

Sebuah penelitian yang dilakukan di University of California, Los Angeles, pada 2010, menunjukkan laki-laki lebih sering merasakan cinta pada pandangan pertama. Mereka juga lebih sering merasakan cinta tak berbalas, karena mereka lebih cepat jatuh cinta, sedangkan perempuan biasanya membutuhkan waktu lebih lama. Laki-laki biasanya lebih merasakan cinta yang menggebu-gebu di awal pacaran.

Itu dia, deh, beberapa perbandingan berdasarkan hasil penelitian mengenai perbedaan laki-laki dan perempuan saat jatuh cinta. Menurut kamu bagaimana, Bela?

Baca Juga: Kenali 7 Bahasa Tubuh, Tanda Laki-laki Tidak Tertarik Padamu

Baca Juga: 6 Hal yang Dicari Laki-laki dalam Diri Perempuan, Ungkap Para Seleb!

Baca Juga: 7 Alasan Laki-laki Sering Menghilang Tanpa Kabar