Aplikasi Tinder mengungkapkan, pandemi ternyata membuat orang menjadi lebih terbuka dan lebih cerewet dibanding sebelumnya. Secara global, pada tanggal 5 April, merupakan puncak dari kecerewetan pengguna Tinder di seluruh dunia. Pada tanggal tersebut, pengguna Tinder terdeteksi mengirimkan pesan rata-rata 52% lebih banyak dibandingkan dengan saat lockdown di awal bulan Maret.

Di Indonesia kecerewetan pengguna Tinder memuncak pada tanggal 12 April 2020. Pada hari itu pengguna sangat aktif dalam mengirimkan pesan sehingga terjadi kenaikan pengiriman pesan dengan rata-rata 61% lebih banyak dibandingkan saat masa di rumah saja yang dimulai bulan Maret. Selain itu, dari pengiriman pesan yang terjadi ternyata lebih banyak dilakukan oleh Gen Z dengan rata-rata 64% lebih banyak dibandingkan dengan pengguna yang berusia di atas 26 tahun.

Masker menjadi topik populer di Tinder

Pandemi Membuat Orang Lebih Terbuka dan Cerewet di TinderUnsplash.com/Anna Shvets

Beberapa orang menghabiskan hari-hari awal karantina pada bulan Maret dengan memamerkan persediaan tisu toilet dan hand sanitizer. Namun pembicaraan beralih ke masker pada bulan April. Beberapa pengguna Tinder memamerkan kebiasaan penggunaan masker secara rutin atau mencari kesamaan pandangan dalam penggunaan masker. Bahkan, kebiasaan memakai menggunakan masker dapat menjadi tes kecocokan paling ideal di tahun 2020.

Karantina menghasilkan ide-ide kreatif untuk bergaul

Pandemi Membuat Orang Lebih Terbuka dan Cerewet di TinderUnsplash.com / Laura Chouette

Pembatasan social membuat kita menjadi pelaku kencan digital yang kreatif. Karena terpaksa harus di rumah saja, menjelajahi Tinder menjadi salah satu cara untuk bersosialisasi. Pada puncaknya, jumlah swipe antar pengguna di Indonesia selama masa di rumah saja juga bertambah hingga 29%. Karena Sebagian besar tempat untuk bertemu ditutup, banyak pengguna Tinder beralih ke game Animal Crossing untuk bertemu. Pada permulaan karantina terjadi 5x peningkatan penyebutan Animal Crossing di bio. Jumlah Gen Z yang menyebutkan Animal Crossing 2x lebih banyak dari Millennial.

Topik pembicaraan jadi lebih banyak

Pandemi Membuat Orang Lebih Terbuka dan Cerewet di TinderDok. Tinder

Tinder juga memiliki dua cara baru untuk meningkatkan profil kamu untuk mendapatkan match. Belum lama ini, Tinder meluncurkan Prompts, fitur aplikasi terbaru yang memungkinkan pengguna lainnya menjawab pertanyaan atau untuk menyelesaikan sebuah kalimat atau untuk dimasukkan ke dalam profil.

Selain itu ada juga fitur Interest, yang akan diluncurkan di Indonesia dalam waktu dekat, yang dapat membuat pengguna lebih mudah dalam mengisi profil dan dapat mengetahui lebih lanjut tentang profil match mereka.

Baca Juga: 5 Cara Sukses Video Dating untuk Pemula a la Tinder

Baca Juga: Kenali Gaya Pengguna Tinder Indonesia Berdasarkan Zodiak

Baca Juga: 9 Kalimat yang Tidak Boleh Kamu Ucapkan dalam Tinder