Tak diragukan lagi, kisah cinta merupakan salah tema yang paling sering diangkat dalam film. Baik itu berupa film komedi, drama, action, atau bahkan thriller, pasti sering menyelipkan sebuah cerita cinta di dalamnya.

Buat kamu yang suka menonton film drama atau komedi romantis, sebenarnya ada banyak pelajaran cinta yang bisa kita petik dari film tersebut.

Berikut ini adalah daftar film romantis yang bisa memberikan pelajaran cinta buat kamu.

1. When Harry Met Sally (1989)

9 Film Romantis yang Berikan Pelajaran Cinta Buat Kamuvanityfair.com

Siapa yang nggak tahu film komedi romantis klasik yang satu ini? “When Harry Met Sally” mengisahkan Harry (Billy Crystal) dan Sally (Meg Ryan) yang berkenalan secara tak sengaja, lalu menjalin persahabatan setelah pada beberapa kesempatan bertemu kembali. Pada awal film, ketika Harry mengatakan pada Sally bahwa pria dan wanita tak bisa berteman, Sally tak percaya. Menurutnya, tentu saja pria dan wanita bisa berteman tanpa perasaan. Namun ternyata pada akhirnya mereka berdua saling jatuh cinta.

Pelajaran yang bisa diambil:

Jangan-jangan orang yang kamu cari-cari selama ini sudah ada di depan mata. “The one” yang kamu cari itu bisa saja sahabat kamu sendiri.

2. Eternal Sunshine of the Spotless Mind (2004)

9 Film Romantis yang Berikan Pelajaran Cinta Buat Kamuamazon.com

Joel (Jim Carrey) dan Clementine (Kate Winslet) bertemu di kereta, lalu mulai mengobrol. Mereka saling tertarik, namun tak menyadari bahwa sebenarnya mereka pernah menjalin hubungan asmara. Sayangnya hubungan mereka waktu itu kandas dengan sangat menyakitkan, sehingga keduanya melakukan prosedur medis untuk menghapus memori mereka.

Pelajaran yang bisa diambil:

Meski berakhir buruk, cinta sejati terlalu kuat untuk dihapus. Ketika kamu mencoba untuk menghindari rasa sedih akibat putus cinta, maka kamu akan kehilangan kesempatan untuk belajar, berkembang, dan akhirnya move on. Meski sakit, semua itu harus kamu jalani, ya, Bela.

3. 500 Days of Summer (2009)

9 Film Romantis yang Berikan Pelajaran Cinta Buat Kamuscreenqueens.com

Film ini diceritakan dari sudut pandang Tom (Joseph Gordon-Levitt), seorang penulis kartu ucapan yang sangat romantis dan idealis. Dia kemudian bertemu Summer (Zooey Deschanel) dan merasakan cinta pada pandangan pertama. Namun berbeda dengan Tom, Summer justru tidak percaya cinta. Meski mereka sempat menjalin hubungan, akhirnya terungkap bahwa Summer tidak memiliki perasaan yang sama dengan Tom.

Pelajaran yang bisa diambil:

Tom sangat percaya dengan tanda-tanda yang menunjukkan bahwa Summer adalah ‘the one’. Kadang kita juga percaya akan tanda-tanda itu, namun tetap saja bukan berarti si dia adalah belahan jiwa kita. Merasakan cinta tak berbalas bukanlah akhir dari segalanya, karena siapa tahu kamu menemukan orang lain yang lebih tepat untukmu.

4. Jerry Maguire (1996)

9 Film Romantis yang Berikan Pelajaran Cinta Buat Kamuew.com

Jerry (Tom Cruise) seorang agen olahraga yang dipecat dan harus memulai semuanya dari awal. Dorothy (Renee Zellweger) adalah satu-satunya rekan kerja yang percaya pada Jerry dan membantunya saat dia terpuruk. Mereka menjalin kisah asmara lalu menikah. Namun di tengah perjalanan cinta mereka, Dorothy merasa cintanya berat sebelah dan mereka pun memutuskan untuk berpisah. Pada akhirnya Jerry menyadari bahwa selama ini Dorothy lah yang selalu ada di sisinya, apa pun situasi yang mereka hadapi.

Pelajaran yang bisa diambil:

Jangan pernah menganggap remeh orang yang mencintai kita. Kadang kita tidak sadar betapa banyak pengorbanan yang telah diberikan oleh orang terkasih kita. Jangan malu juga untuk menunjukkan pada si dia, betapa besarnya cinta kita padanya.

5. Hitch (2005)

9 Film Romantis yang Berikan Pelajaran Cinta Buat Kamuslashfilm.com

Alex “Hitch” Hitchens (Will Smith) adalah seorang ‘dokter kencan’ profesional. Dia membantu Albert (Kevin James) untuk mendapatkan perempuan idamannya, Allegra Cole (Amber Valetta). Hitch mencoba mengubah Albert menjadi pria idaman, tapi hal itu justru menutupi karakter asli Albert yang ternyata lebih disukai oleh Allegra.

Pelajaran yang bisa diambil:

Tak perlu berpura-pura menjadi orang lain saat kamu jatuh cinta pada seseorang. Jadi diri sendiri saja, karena bisa jadi gebetan justru lebih suka kamu apa adanya.

6. Forgetting Sarah Marshall (2008)

9 Film Romantis yang Berikan Pelajaran Cinta Buat Kamupluggedin.com

Sarah (Kristen Bell), yang berprofesi sebagai seorang aktris, tiba-tiba memutuskan pacarnya, Peter (Jason Segel). Peter yang patah hati berusaha move on dengan berlibur di Hawaii. Ternyata, Sarah juga ada di sana dengan pacar barunya. Namun di sisi lain, ternyata Peter bertemu dengan Rachel (Mila Kunis), resepsionis hotel yang jauh lebih baik dari Sarah.

Pelajaran yang bisa diambil:

Kadang putus cinta adalah sebuah anugerah yang patut disyukuri, jadi nggak perlu sedih berkepanjangan.

7. My Best Friend’s Wedding (1997)

9 Film Romantis yang Berikan Pelajaran Cinta Buat Kamuimdb.com

Ketika Julianne (Julia Roberts) mendapat telepon dari sahabat lamanya Michael (Dermot Mulroney) tentang sebuah berita besar, Julianne mengira Michael akan memenuhi janji yang sudah mereka buat sejak lama, yaitu mereka akan menikah jika masih lajang di usia 28. Ternyata, Michael ingin memberitahu bahwa dia sudah bertunangan dan akan menikah dengan Kimberly (Cameron Diaz). Julianne, yang diundang sebagai maid of honor, pun malah melakukan segala cara untuk menghentikan pernikahan tersebut. Tentu saja, segala upaya Julianne gagal.

Pelajaran yang bisa diambil:

Pertama, jika kamu hanya menginginkan seseorang karena kamu tidak bisa memilikinya, itu bukanlah cinta dan kamu harus merelakannya. Kedua, jika kamu benar-benar mencintai seseorang, jangan menunggu terlalu lama untuk memberitahukan perasaanmu. Kamu akan menyesali begitu semuanya sudah terlambat.

8. Dirty Dancing (1987)

9 Film Romantis yang Berikan Pelajaran Cinta Buat Kamuhappenings.ie

Baby (Jennifer Grey) menikmati perjalanan bersama keluarganya di sebuah resor, ketika dia bertemu Johnny (Patrick Swayze), seorang instruktur tari di resor tersebut. Johnny mengajak Baby menjadi partner menarinya untuk sebuah kompetisi dan mereka pun mulai jatuh cinta.

Pelajaran yang bisa diambil:

Ketika kamu membuka pikiranmu, cinta bisa mengubah kehidupanmu jadi lebih baik. Ketika Baby bertemu Johnny, dia sebenarnya punya rencana terhadap hidupnya dan ternyata rencana itu berubah 180 derajat. Johnny berhasil membantu Baby menemukan minat baru dalam hidupnya, bahkan Baby jatuh cinta pada seseorang yang sebenarnya di awal dia anggap sebagai bukan tipenya.

9. Going the Distance (2010)

9 Film Romantis yang Berikan Pelajaran Cinta Buat Kamuhollywoodthewriteway.com

Film ini bercerita tentang pasangan yang menjalani long distance relationship alias LDR. Erin (Drew Barrymore) bertemu dengan Garrett (Justin Long) saat dia magang di sebuah koran di New York. Awalnya hubungan mereka hanya kasual, tapi kemudian tumbuh menjadi cinta yang mendalam. Namun Erin hanya di New York selama enam minggu, setelah itu dia harus kembali ke San Fransisco. Mereka pun harus berpisah dan sepakat melakukan LDR, yang tentu saja tidak mudah.

Pelajaran yang bisa diambil:

Menjalani hubungan jarak jauh memang sulit, sehingga kamu dan pasangan memerlukan usaha lebih agar bisa menjaga hubungan tersebut. Rasa rindu, cemburu, dan kesepian karena tak bisa bersama pasangan akan sering datang. Selain itu, untuk menjaga hubungan, apakah kamu rela untuk melepas kehidupan di kotamu untuk bisa bersama kekasih tercinta?

Itulah daftar film romantis yang bisa memberikanmu pelajaran cinta. Semoga bermanfaat ya, Bela.

Baca Juga: 10 Film Romantis Terbaik yang Wajib Kamu Tonton, Bikin Baper!