Teman tapi mesra, friends with benefits, atau hubungan tanpa status intinya sama saja. Kamu menjalin hubungan layaknya orang pacaran, namun status kalian tidak ada dan kamu pun tidak dianggap sebagai pacar olehnya.

Kamu mungkin berpikir hal tersebut sah-sah saja. Toh, atas dasar suka sama suka. Tapi yang nggak kamu sadari adalah banyaknya kerugian dari hubungan tersebut. Mau tahu apa saja?

1. Kamu tahu ini hanya sementara saja

10 Kerugian Hubungan Teman Tapi Mesra yang Nggak Kamu SadariPexels.com/Jure Širić

Meski hubungan yang kamu jalani tampak stabil, sebenarnya hubungan tersebut justru bisa dengan mudahnya hilang. Sebagian diri kamu tahu hal tersebut hanya sementara dan tak ada kepastian dalam sebuah hubungan teman tapi mesra tersebut. Hanya saja, kamu tidak atau belum berani melepaskannya.

2. Sebenarnya kamu bingung dengan perasaan kamu sesungguhnya

10 Kerugian Hubungan Teman Tapi Mesra yang Nggak Kamu SadariUnsplash.com/Cristian Newman

Hanya karena kamu selalu lari ke si dia setiap kamu butuh, bukan berarti ada perasaan khusus yang mengikat kalian berdua. Kamu sebenarnya masih belum bisa memilah perasaan kamu padanya, apakah benar cinta atau hanya sekadar keinginan punya seseorang yang dekat tanpa punya kewajiban.

3. Kamu berharap hal tersebut berubah menjadi sesuatu yang lebih

10 Kerugian Hubungan Teman Tapi Mesra yang Nggak Kamu SadariUnsplash.com/Clem Onojeghuo

Di sisi lain, kamu mungkin berharap hubungan tanpa status itu bisa berubah menjadi lebih jelas. Tapi jika si dia juga mengharapkan hal yang sama, tentunya dia tidak akan menggantungkanmu sekian lama.

4. Kamu berpikir hubungan itu adalah yang terbaik

10 Kerugian Hubungan Teman Tapi Mesra yang Nggak Kamu SadariUnsplash.com/Yolanda Sun

Kamu mungkin memiliki trauma di masa lalu, sehingga akhirnya memilih hubungan teman tapi mesra atau tanpa status ini. Kamu pada akhirnya berpikir bahwa kamu hanya membutuhkan kedekatan fisik dan bukan emosional. Namun sebenarnya kamu bisa mendapatkan hal yang lebih baik dari itu.

5. Yang kamu rasakan sebenarnya adalah sebuah kesetiaan palsu

10 Kerugian Hubungan Teman Tapi Mesra yang Nggak Kamu Sadarihttps://www.pexels.com/@rosie-ann-115355

Si dia selalu ada jika kamu butuhkan. Kamu pikir itu sebuah kesetiaan, namun itu semua tidak akan berlangsung selamanya. Si dia tidak punya komitmen padamu dan bisa meninggalkanmu kapan saja dia mau.

6. Kamu mulai punya perasaan lebih

10 Kerugian Hubungan Teman Tapi Mesra yang Nggak Kamu SadariCosmo.ph

Bukan tidak mungkin kamu bisa memiliki perasaan lebih dan menginginkan hubungan yang lebih dari sekadar teman tapi mesra. Namun bagaimana jika perasaan itu bertepuk sebelah tangan? Lagi-lagi, kamu yang akan dirugikan.

7. Hubungan itu menghalangi kamu menemukan cinta sejati

10 Kerugian Hubungan Teman Tapi Mesra yang Nggak Kamu SadariPexels.com/rawpixel

Tanpa kamu sadari, hubungan teman tapi mesra kamu itu justru menghalangi kamu untuk menemukan cinta sejati. Kamu terlalu fokus pada hubungan tanpa statusmu itu, sehingga tidak melihat bahwa ada pria potensial lainnya di sekeliling kamu.

8. Kamu tidak menghargai diri sendiri

10 Kerugian Hubungan Teman Tapi Mesra yang Nggak Kamu Sadaristatic.independent.co.uk

Menjalin hubungan teman tapi mesra sebenarnya menunjukkan bahwa kamu tidak cukup menghargai diri sendiri. Kamu sebenarnya berhak memiliki sebuah hubungan dengan seorang pria yang sama-sama saling menghargai, bukan hubungan tidak jelas yang hanya ada kalau dibutuhkan saja.

9. Kamu tetap bertahan padahal tahu hubungan itu berdampak buruk

10 Kerugian Hubungan Teman Tapi Mesra yang Nggak Kamu SadariPexels.com/Luiz Clas

Di lubuk hati kamu yang terdalam, kamu sebenarnya tahu hubungan itu akan berdampak buruk padamu. Jika dibiarkan berlarut-larut, kamu pada akhirnya hanya membuang-buang waktu saja. Tapi kamu seperti tidak mampu melepaskan diri dan akhirnya kembali lagi pada hubungan tanpa status itu.

10. Rasa nyaman tidak selalu berarti cinta

10 Kerugian Hubungan Teman Tapi Mesra yang Nggak Kamu SadariPixabay.com/StockSnap

Kamu mungkin merasa nyaman dengannya. Tapi nyaman tidak selalu berarti cinta. Sebuah hubungan cinta membutuhkan rasa saling percaya, saling menghargai, komitmen, dan cinta yang tulus.

Pernahkah kamu berada dalam sebuah hubungan teman tapi mesra ini, Bela? Jika kamu melihat kerugiannya lebih banyak daripada kebaikannya, lebih baik kamu sudahi saja. Ingatlah, bahwa kamu berhak mendapatkan yang terbaik. Kamu berhak untuk dicintai dan mencintai. Kamu juga berhak berada di sebuah hubungan yang penuh komitmen.

Baca Juga: 5 Fase Patah Hati yang Kamu Alami Ketika Putus dengan Teman Terbaik