Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Beda Respons Kabar Kencan Song Joong Ki vs Song Hye Kyo, Ini Faktanya

Dinilai masih kental budaya patriarki

Puspita Ramadhani

Baru-baru ini, penggemar drama Korea Selatan tengah dikejutkan dengan sebuah pernyataan dari Song Joong Ki, yang menyatakan bahwa dirinya tengah menjalin asmara dengan perempuan asal Inggris. Diduga perempuan itu bernama Katy Louise Saunders, yang merupakan seorang mantan aktris dan kini bekerja sebagai tutor bahasa Inggris aktor tersebut. 

Meski banyak penggemar yang merasa patah hati akan pernyataan tersebut, tapi tentu saja ini merupakan kabar gembira. Bahkan, tak sedikit netizen yang menyeret nama mantan istri Song Joong Ki, Song Hye Kyo.

Lewat sebuah forum, netizen Korea Selatan menemukan kejanggalan atas pemberitaan media tentang kabar kencan masing-masing aktor ternama Negeri Gingseng itu. Setelah dilakukan perbandingan, terlihat ada perlakuan tidak adil dari bagaimana sebuah media massa memberitakan rumor kencan Song Hye Kyo. 

Lantas, seperti apa perbandingan judul berita yang berhasil membuat netizen murka terhadap hal tersebut? Penjelasan lengkapnya di bawah ini. 

1. Rumor kencan Song Hye Kyo

instagram.com/kyo1122

Bila Song Joong Ki kini tengah bersukacita mengumumkan kisah asmaranya, maka berbeda dengan Song Hye Kyo yang tampak tak ada kabar kedekatan dengan laki-laki mana pun. Kendati demikian, Song Hye Kyo pernah dirumorkan tengah berpacaran dengan Jang Ki Yong, aktor yang menjadi lawan mainnya di serial Now We Are Breaking Up. 

Rumor kedekatan itu semakin besar saat pecinta K-Drama jatuh cinta dengan chemistry yang mereka jalin. Selain itu, kehadiran Song Hye Kyo di tempat pelatihan saat Jang Ki Yong sedang menjalankan wajib militer juga menambah panas rumor tersebut. Sayangnya, rumor hanya sebatas isu belaka.

Kedekatan antara dua lawan main ini kandas setelah drama yang mereka bintangi selesai ditayangkan. Ditambah lagi, pernyataan Jang Ki Yong yang mengatakan bahwa kunjungan perempuan 41 tahun di arena wajib militer itu ditemani oleh kru Now We Are Breaking Up lainnya. 

2. Anggota forum menemukan perbedaan perlakuan

allkpop.com

Bermula dari forum komunitas Pann Nate, seoang netizen menemukan dan membandingkan judul artikel media Korea tentang rumor kencan Song Joong Ki pada Oktober 2022 lalu, dengan rumor kencan Song Hye Kyo. 

Sosok anonim tersebut menaruh perhatian pada bagaimana jurnalis memiliki konotasi negatif terhadap artikel yang mereka tulis tentang kencan Song Hye Kyo, dan juga sedikit menjelekkan sang aktris. Ini berbanding terbalik dengan bagaimana sang jurnalis menulis artikel yang agak positif tentang pacar baru Song Joong Ki.

3. Perbandingan judul berita

allkpop.com

Tak hanya mengemukakan pendapatnya, netizen yang menemukan kejanggalan tersebut pun membeberkan bukti perbandingan judul berita yang terlihat ditulis oleh kantor berita ternama. 

"Song Joong Ki, berkencan dengan perempuan cantik dari Inggris...' Melanjutkan hubungan baik,'" begitu judul berita kabar kencan Song Joong Ki

'"Apakah Song Joong Ki tidak cukup?' Song Hye Kyo terlibat dalam rumor kencan di usia 40-an,"  bunyi judul berita rumor kencan Song Hye Kyo.

Dari perbandingan dua judul berita di atas, terlihat jelas bahwa Song Hye Kyo tidak mendapat respons positif sebagaimana yang didapatkan oleh mantan suaminya itu.  

4. Dikaitkan dengan budaya patriarki

pinkvilla.com

Adanya perbedaan perlakuan antara kabar kencan Song Joong Ki dan Song Hye Kyo membuat banyak orang menyadari bahwa fenomena ini tak terlepas dari budaya patiarki. Terlebih lagi, Korea Selatan dinilai masih menjadi salah satu negara yang kental dengan isu ketidaksetaraan antara laki-lak dan perempuan. 

Dengan begitu, netizen merasa bahwa Song Hye Kyo difitnah dan diperlakukan tidak adil karena rumor kencannya. Padahal, ada selebriti laki-laki lain yang terlibat dalam rumor kencan yang jauh lebih banyak daripada Song Hye Kyo.

5. Reaksi kemarahan K-netz

hitc.com

Bermula dari sebuah forum, kini ketidakadilan yang dialami Song Hye Kyo ini tengah viral dan dibahas di berbagai media sosial lantaran banyak netizen yang setuju atas pendapat tersebut. Lewat kemarahan yang disampaikan netizen Korea, mereka juga menuliskan bahwa budaya patriarki yang hanya memojokkan perempuan harus dihilangkan. 

"Apa yang diharapkan dari Korea yang membenci perempuan?"

"Serius, jika Song Hye Kyo yang dikabarkan tengah berpacaran dengan orang Barat, bayangkan betapa banyak komentar seksual yang akan didapatkannya."

"Ini bukan hal selebriti atau hal Korea, tetapi secara umum, seorang perempuan yang memiliki banyak pasangan atau banyak laki-laki yang tertarik padanya, dinilai lebih (negatif) dari laki-laki yang memiliki banyak pasangan. Seorang laki-laki akan terlihat luar biasa karena dia memiliki banyak pasangan dan teman-temannya akan menilai dia keren. Tetapi seorang perempuan yang memiliki banyak pasangan, dianggap perempuan murah,"  tulis warganet mencurahkan kemarahannya. 

Itulah deretan fakta tentang apa yang sedang ramai diperbincangkan warga Korea Selatan saat ini. Bagaimana pendapatmu, Bela?

IDN Media Channels

Latest from Dating