Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Mau Kirim Hadiah di Hari Valentine? Cari Tahu Bahasa Cintanya Dulu!

Jangan lewatkan momen emas!

Puspita Ramadhani

Hari kasih sayang sedunia atau hari Valentine akan tiba sebentar lagi. Meski sejatinya kasih sayang itu selalu kamu berikan setiap hari kepada orang yang kamu sayangi, namun di 14 Februari nanti kamu dan pasangan lainnya di seluruh dunia akan merayakannya secara bersama-sama.

Lewat campaign #Ka5ihsayangmu, Blibli mengajak kamu untuk mengenal bahasa cinta orang-orang terkasihmu dan tips bagaimana cara memilih hadiah yang tepat dengan harga terjangkau. Yuk, intip rahasianya!

1. Pentingnya bahasa cinta dalam sebuah hubungan

Dok. Popbela/Puspita Ramadhani

Bahasa cinta atau love language menjadi salah satu cara bagaimana kamu telah mengenal diri sendiri atau pasanganmu. Sebab, dengan mengetahui apa bahasa cintamu, kamu jadi tahu bagaimana kamu akan memperlakukan dan ingin diperlakukan orang lain agar merasa dicintai. 

Setidaknya, ada lima jenis bahasa cinta menurut teori Gary Chapman, yakni sentuhan fisik, menerima hadiah, waktu berkualitas, afirmasi, dan tindakan melayani. Meskipun kamu akan selalu merasa senang saat disayang oleh pacarmu, namun ketika si dia memberikan apa yang sesuai dengan jenis bahasa cintamu, maka perhatian tersebut akan bermaknda dan memberikan dampak yang lebih besar. 

"Berdasarkan teori Gary Chapman, setiap orang punya kebiasaan dari kecil untuk menyampaikan rasa cinta yang tertempel di benak kita. Kalau kita sembarang kasih, bukan sia-sia. Tapi kalau love language-nya tepat, maka dampaknya akan lebih mahal. Maka dari itu riset dulu, mereka suka dan butuhnya apa jadi love language-nya relevan," ujar Co-Founder Kelas Cinta, Lex dePraxis.

2. Cara mengetahui bahasa cinta pasangan

Dok. Popbela/Puspita Ramadhani

Lebih lanjut, laki-laki yang kerap disapa Lex ini memberi tahu bagaimana cara mudah bagimu untuk mengetahui apa jenis bahasa cinta pasanganmu.

"Yang bisa dilakukan untuk mengetahui love language orang ada dua. Pertama, perhatikan apa yang biasa dilakukan kepada orang lain, misalnya dia suka memberi pujian artinya bisa jadi dia mempunya love language 'words of affirmation'. Kedua lihat keluhan yang sering dia lontarkan, misalnya kenapa kamu kurang waktu sama aku artinya dia suka 'quality time'," lanjutnya.

3. Bahasa cinta beda, bukan berarti tidak cocok

Dok. Popbela/Puspita Ramadhani

Ketika kamu sudah mengetahui love language pasanganmu dan ternyata berbeda dengan dirimu, apakah itu artinya kamu dan dia tidak cocok? Tentu saja tidak, Bela.

Pada dasarnya, kamu memang nggak akan pernah menemukan seseorang yang sepenuhnya sama sepertimu. Maka dari itu, hanya karena bahasa cintamu berbeda, bukan berarti kamu nggak bisa bersamanya. 

Justru, adanya ketidaksamaan itu akan melatih kemampuan komunikasi kalian. Perbedaan itu juga bisa menjadi sebuah usaha kalian bagaimana caranya kalian menyikapi sekaligus memenehi kebutuhan cinta pasanganmu.

4. Bahasa cinta untuk kamu yang sedang LDR

Dok. Popbela

Nah, kalau yang LDR (long distance relationship) bagaimana? Apakah hanya kata-kata afirmasi yang bisa diberikan saat sedang berjauhan? Tidak juga!

Lex memberi sebuah tips kalau kamu bisa mengirimkannya boneka yang telah diberi parfum untuk dipeluknya setiap malam. Atau, kamu langsung mengirimkan hadiah sesuai dengan apa yang dibutuhkannya tanpa mereka memintanya lebih dulu. 

Dengan tetap saling berusaha memenuhi bahasa cinta pasangan meski sedang berjauhan, maka hubungan LDR-mu akan terus terjaga hingga kalian bisa berjumpa kembali.

"Kalau kita rajin memberi love language pasangan, itu akan mengurangi ketegangan dan sangat berdampak pada hubungan. Ketika tengki love language kita terisi biasanya kita akan lebih murah hati dan lembut hati terhadap kesalahan," kata Lex. 

5. Cari hadiahmu di Blibli

Dok. Popbela/Puspita Ramadhani

Di bulan spesial ini, Blibli sebagai salah satu e-commerce besar di Indonesia memberikan berbagai penawaran menarik agar kamu bisa merayakan hari Valentine bersama pasangan dengan menyenangkan. Kamu bisa mencari berbagai jenis hadiah dengan bebas biaya ongkir dan pasti original.

Kamu juga bisa, lho, dapat produk serba Rp14ribu di pukul 14:00 setiap harinya selama periode 7-14 Februari 2023 mendatang. Belum lagi tawaran cashback hingga 50% dan juga pelayanan jasa kirim 2 jam sampai!

Semua promo menarik ini diberikan Blibli untuk memeriahkan hari #Ka5ihsayangmu di bulan penuh cinta. Selamat belanja, Bela!

IDN Media Channels

Latest from Dating