Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

7 Bahasa Mandarin Aku Cinta Kamu untuk Ungkapkan Rasa Sayang

Bosan dengan Bahasa Indonesia dan Inggris

Puspita Ramadhani

Menyampaikan rasa sayangmu kepada pasangan, bisa dalam bentuk apa pun. Salah satu cara teruniknya adalah dengan mengirimkannya kata-kata cinta menggunakan bahasa asing.

Kalau bahasa Inggris sudah sangat umum, kamu bisa, lho, mengirimkan kata-kata cinta dengan bahasa Mandarin. Nah, di bawah ini ada beberapa bahasa Mandarin aku cinta kamu yang bisa kamu coba kirimkan untuk pacarmu!

1. Bahasa Mandarin 'aku cinta kamu'

freepik.com/jcomp

Untuk yang satu ini, pasti kamu sudah sering mendengarnya. Yup, bahasa Mandarin aku cinta kamu adalah "wǒ ài nǐ" (我爱你).

Jika kekasihmu sudah lebih dulu mengatakan "wǒ ài nǐ", maka kamu bisa membalasnya dengan "wǒ yě ài nǐ" (我也爱你) yang artinya "aku juga mencintaimu".

Kendati demikian, bagi orang Tionghoa sendiri, mereka lebih sering menggunakan 喜欢 (xǐhuan) yang juga berarti cinta dibandingkan "ài". Alasannya, masih berkaitan dengan budaya Tiongkok yang cukup sentimentil.

2. Bahasa Mandarin 'aku sangat mencintaimu'

freepik.com

Selain "wǒ ài nǐ" (我爱你), kamu juga bisa mengungkapkan rasa sayangmu dengan mengatakan "wǒ zhēn de hěn ài nǐ" (我真的很爱你). Dalam Mandarin, kata tersebut bisa diartikan sebagai 'aku sangat mencintaimu'.

3. Bahasa Mandarin 'aku suka kamu'

pexels.com/Mẫnn Quang

Sedikit berbeda dengan makna cinta, jika kamu baru ditahap menyukai apa-apa yang ada pada pasanganmu, maka kamu bisa mengatakan "wǒ xǐhuān nǐ" (我喜欢你), yang berarti aku suka kamu. Lalu, untuk membalasnya, kamu cukup mengucapkan "wǒ yě xǐhuān nǐ" (我也喜欢你), yang artinya aku juga suka padamu.

4. Bahasa Mandarin 'aku jatuh cinta padamu'

Jonathan/Borba Unsplash

Namun, jika perasaan suka itu sudah semakin dalam dan menghasilkan cinta yang begitu besar, katakanlah "wǒ ài shàngle nǐ" (我爱上了你), yang artinya aku jatuh cinta kepadamu. Dijamin, deh, si dia bakal melting!

5. Bahasa Mandarin 'kamu pujaan hatiku'

unsplash.com/Ryan Jacobson

Apabila ia sudah menjadi pasangan hidupmu, maka tak ada salahnya untuk memberinya pujian bahwa ia adalah pujaan hatimu. Dalam bahasa Mandirin, kamu pujaan hatiku ditulis dengan "nǐ tōu zǒule wǒ de xīn" (你偷走了我的心).

6. Bahasa Mandarin 'kamu segalanya bagiku'

Pexels.com/Vlada Karpovich

Kalau kalimat sebelumnya masih kurang gombal, kamu juga bisa mengatakan "nǐ shì wǒ de quánbù" (你是我的全部). Lebih dalam dari sekadar aku cinta kamu, kalimat Mandarin tersebut mempunyai arti 'kamu segalanya bagiku'.

7. Memakai kode angka

unsplash.com/Egor Vikhrev

Dalam kebiasaan masyarakat Tionghoa, mengatakan cinta tidak hanya dilakukan lewat bahasa Mandarin, lho. Kamu juga bisa melakukannya dengan beberapa kode angka, seperti 520 dan 880.

Dalam bahasa Mandirin, 520 memiliki makna yang sama dengan "wǒ ài nǐ". Sebab, angka 520 disebut dengan 5 (五 wǔ) 2 (二 èr) 0 (令 líng). Jadi, kalau angka tersebut diucap dalam bahasa Mandarin dan tanpa jeda, akan terdengar seperti "wǒ ài nǐ".

Begitu pula dengan angka 880. Saat dilafalkan, 880 akan dibaca menjadi 8 (bā) 8 (bā) 0 (líng).

Kata tersebut terdengar mirip dengan 抱抱你 (bāo bāo nǐ), yang artinya memeluk kamu. Biasanya, anak muda Tionghoa memakai angka ini sebagai pengganti emoji peluk.

Mengungkapkan perasaan cintamu memang bisa dilakukan dengan apa saja. Namun, memakai bahasa Mandarin aku cinta kamu merupakan hal baru yang perlu kamu coba!

IDN Media Channels

Latest from Dating