Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

6 Tips agar Pesan Tak Hanya Sekedar Dibaca, tapi Dibalas

Pastikan nggak bertele-tele

Natasha Cecilia Anandita

Saat mengirimkan pesan kepada seseorang terutama kepada pasangan atau orang yang disuka, kamu pasti mengharapkan balasan, bukan? Tapi, terkadang dia tidak membacanya atau hanya sekadar baca dan tidak membalas. 

Mungkin ada alasan di balik hal itu, entah karena sibuk atau tiba-tiba hilang sinyal dan kuota habis, atau memang sengaja membiarkan karena malas menanggapi. Nah, berikut ini ada tips agar pesan tak hanya sekedar di baca oleh gebetanmu. 

1. Jangan bertele-tele

pexels.com/Andrea Piacquadio

Salah satu kebiasaan buruk orang adalah selalu bertele-tele, termasuk saat mengirim pesan. Saat kamu ingin mengirim pesan kepada si dia, jangan hanya mengirim satu kalimat atau satu kalo seperti "Halo...", "Apa kabar ...?", "Boleh kenalan nggak" itu hanya membuat lawan bicaramu malas menanggapi yang akhirnya hanya membaca pesanmu saja. 

Begitu juga jika saat kamu mulai PDKT dengan seseorang, jangan hanya menanyakan hal-hal rutinitas biasa, tapi coba cari topik unik yang bisa membuatnya semangat atau tertarik untuk menjawab. Misalnya, "foto profil kamu bagus, kamu foto di mana?" atau mengomentari statusnya yang sedang mendengarkan musik dengan mengatakan "kamu suka dengar dia juga, lagu mana yang paling kamu suka?"

2. Langsung ke inti

pexels.com/Andrea Piacquadio

Saat mengirim pesan buat crush-mu, daripada menanyakan kabar, coba untuk menanyakan tentang hal yang dia suka, atau sesuatu yang terjadi baru-baru ini di dekat kalian. Pesanmu mungkin akan lebih menarik dan membuat dia ingin membalasnya. 

3. Gunakan bahasa dan kata yang jelas

pexels.com/Andrea Piacquadio

Orang-orang mungkin malas membalas pesanmu karena kamu terkadang menggunakan kata-kata dan bahasa yang kurang jelas dipahami. Hindari penggunaan kata terkini yang hanya diketahui oleh circle-mu saja, saat ingin mengirim pesan kepada orang lain termasuk si dia. Gebetanmu mungkin nggak akan mengerti maksud pesanmu dan menimbulkan kesalahpahaman, sehingga membuatnya malas untuk chat sama kamu.

4. Tunjukkan kalau kamu ingin lebih kenal dengannya

pexels.com/Andrea Piacquadio

Pastikan pesan yang kamu kirim itu menunjukkan kalau kamu ingin mengenalnya lebih jauh. Tujuan PDKT yang dimulai dari berkirim pesan adalah untuk mengenal satu sama lain lebih jauh. Kalau dia saja malas menanggapi pesanmu, hubungan kalian akan berhenti di situ saja. 

Nah, di setiap chat yang kamu kirim tunjukkan niatmu ini dengan jelas. Kamu bisa mulai dengan menanyakan hobinya atau musik/film/buku kesukaannya dan berbagi pikiran dengan dia. 

5. Coba sesuatu yang kreatif

Dok. Internet

Chat-mu hanya dibaca mungkin karena membosankan. Coba saat kalian saling mengirim pesan gunakan emoji, sticker, atau gif supaya room chat lebih berwarna. Kamu juga bisa mengirim pesan yang lebih kreatif, misalnya titip pesan untuk anabul kesayangannya yang menggemaskan kalau kamu ingin bertemunya nanti. Kamu bisa memikirkan hal-hal yang kreatif atau out of the box agar pesanmu nggak membosankan dan dilihat saja. 

6. Jangan bombardir dengan banyak pesan

cosmopolitan.com

Hal yang membuat gebetan hanya membaca pesanmu saja adalah kamu mengirim banyak pesan padanya tapi tak berisi sesuatu yang menarik atau bermanfaat. Misal, karena dia tak kunjung balas, kamu hanya memanggilnya atau mengirim "P"

Saat itu, mungkin dia sedang sibuk dan nggak bisa membalas. Tapi, karena kamu terlalu membombardir dengan banyak pesan, dia akhirnya malas dan melupakan chat kamu. Mengiriminya banyak pertanyaan juga membuat dia jadi bingung dan malas untuk menjawab semuanya. Lebih baik tanyakan satu-satu saat dia sudah membalas pesanmu. 

Itulah tips agar pesan tak hanya sekedar dibaca. Semoga berhasil, ya, Bela!

IDN Media Channels

Latest from Dating