7 Tips Mengurangi Rasa Cemas Saat Chatting dengan Gebetan

Ikuti tiap langkahnya, mudah, kok!

7 Tips Mengurangi Rasa Cemas Saat Chatting dengan Gebetan

Follow Popbela untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow Whatsapp Channel & Google News

Pernah nggak kamu merasa cemas saat ngechat gebetan? Tak usah panik, Bela. Kata psikolog Dr. Dominique Samuels, psikolog dari aplikasi relationship-health Emi Couple, rasa cemas saat chatting dengan orang yang kita suka itu merupakan hal yang sangat wajar, karena merasa takut dengan adanya risiko penolakan.

Rasa cemas kamu biasanya muncul saat mengetik pesan. Apa pun yang kamu tulis tuh sepertinya salah semua. “Duh, kayanya terlalu banyak emoji deh,” atau “Eh, kalimatnya nggak banget, deh”. Lalu, setelah pesan terkirim, akan muncul rasa cemas yang lebih parah. Kamu akan sibuk menunggu balasan sampai tangan berkeringat. Jika satu jam saja tidak ada balasan, kamu mulai merasa tidak percaya diri. 

Nah, agar kamu nggak cemas yang berlebihan saat chatting dengan gebetan, simak saja 7 tips dari para Psikolog. Jadi, tarik napas dalam-dalam dan ingat tips ini saat kamu chatting dengannya.

1. Jangan mengirim pesan saat kondisi tidak baik

Dr. Samuels menyarankan untuk berada di tempat dan suasana yang baik ketika ingin mengirim pesan dengan gebetan. Jangan mengirim pesan saat kamu sedang bekerja, karena kamu jadi akan mudah stres. Apalagi ketika gebetan tidak membalas pesanmu, itu juga akan menambah rasa cemas. Selain itu, hindari mengirim pesan saat kamu baru saja bertengkar dengan seseorang.

Mengirimkan pesan ke gebetan dalam kondisi seperti itu, tidak hanya akan memperburuk kecemasan, tetapi juga akan berdampak negatif pada nada pesan kamu. Kamu ingin membuat kesan yang baik, bukan? Jadi, daripada mengirim pesan saat kamu sedang terburu-buru, tertekan, atau sedang dalam dalam suasana hati buruk, lebih baik tunggulah sampai kamu merasa lebih baik.

2. Menulis draft terlebih dahulu

Jika kamu merasa malu untuk mengirim pesan ke gebetan, Dr LeslieBeth Wish, seorang psikoterapis dan penulis dari Training Your Love Intuition, menyarankan kamu untuk membuat draft pesan terlebih dahulu. Jika mau, kamu bisa membuat beberapa pilihan pesan. Kemudian, beri jeda sekitar lima menit, baru baca kembali. Dengan memiliki waktu untuk membuat dan memperbaiki pesan sebelum dikirim dapat memberi kamu ketenangan pikiran.

  • Share Artikel

TOPIC

trending

Trending

This week's horoscope

horoscopes

... read more

See more horoscopes here