Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

11 Arti Kecupan di Pipi bagi Perempuan dan Laki-Laki

Romantis atau malah friendzone?

Natasha Cecilia Anandita

Jika mencium bibir hanya dilakukan pada orang dewasa dan pasangan tertentu, kecupan di pipi mungkin lebih umum. Coba, kapan terakhir kali kamu mencium pipi seseorang? Jika kamu tinggal di Eropa, jawabannya mungkin baru-baru ini, karena kecupan pipi sudah menjadi sebuah kebudayaan di sana.

Di bagian lain dunia lainnya, seperti di Indonesia, kamu mungkin sedikit mengingat-ingat lagi sebelum menjawabnya. Bahkan, kamu mungkin tidak pernah melakukannya sama sekali. Memberikan kecupan memang bukan sebuah budaya yang biasa di negara kita.

Jadi, jika seseorang tiba-tiba menciummu, pasti kamu akan bertanya-tanya apa maksudnya. Nah, berikut ada 11 arti kecupan di pipi bagi perempuan dan laki-laki.

Awal mula kecupan pipi dan tujuannya

freepik.com

Mencium satu sama lain di pipi adalah sapaan populer di Eropa, terutama Prancis. Ini adalah isyarat alami yang digunakan saat bertemu dengan teman dan anggota keluarga dan orang luar.

Ini bukanlah praktik yang baru, The Maudern mengungkapkan bahwa kecupan di pipi telah datang ke Eropa berkat orang-orang Romawi selama Perang Galia atau sepanjang tahun 50 SM. Profesor antropologi Texas A&M, Vaughn Bryant, menjelaskan bahwa manusia mungkin telah belajar untuk mengenali satu dengan lainnya dengan mencium pipi.

Memberikan kecupan di pipi memiliki banyak tujuan, yang paling populer adalah salam. Ini merupakan cara salam yang santai sambil tetap menyampaikan rasa kasih sayang. Namun, tergantung pada hubungan kamu dengan orang yang memberikan kecupan di pipi, makna itu bisa berubah sepenuhnya.

Makna kecupan pipi dari laki-laki

Beberapa makna kecupan di pipi yang diberikan laki-laki pada seorang perempuan, yaitu:

1. Dia pikir kamu manis

unsplash.com

Karena ciuman di pipi sangat berharga, jika seorang laki-laki melakukan ini kepadamu, dia mungkin berpikir kamu sangat manis. Jika kamu telah melakukan sesuatu yang hal baik untuknya atau selalu ada dan membantunya, dia mungkin menggunakan gerakan ini untuk menunjukkan betapa dia menghargaimu. Dia juga ingin menambahnya dengan ucapan terima kasih. 

2. Dia berusaha untuk menghormatimu

unsplash.com

Mungkin dia sangat menyukaimu, tetapi dia tahu kamu memiliki batasan tertentu. Menciummu di bibir tanpa persetujuannya bisa jadi larangan utama dan mungkin kamu akan tidak menyukainya.

Alih-alih mencium bibir, kecupan di pipi adalah cara baginya untuk menyampaikan perasaanya tanpa bertindak melebihi batasan. Ia sangat mempertimbangkannya dengan matang supaya tidak ada salah pemahaman tentang dilecehkan atau penyerangan seksual.

3. Dia berusaha membuat kalian friendzone

unsplash.com

Jika kamu sangat menyukainya dan telah memberikan tanda-tanda untuk menjalin kasih lebih dari seorang teman, bahkan tak segan untuk berciuman, sebenarnya dia sudah sadar bahwa ia punya lampu hijau.

Tapi, jika responsnya malah justru mengecup pipimu, itu berarti dia tidak merasakan hal yang sama denganmu. Dia tidak ingin menyakiti perasaanmu dengan menolakmu mentah-mentah, tapi dia juga tidak ingin memberimu harapan palsu. Jadi, kecupan di pipi merupakan cara untuk memberitahumu tentang perasaanya. 

4. Dia tertarik padamu

unsplash.com

Jika dia menjadi lebih pemalu dan kalian baru saja dekat serta saling mengenal satu sama lain, ini bisa menjadi caranya untuk menunjukkan kepadamu bahwa ia tertarik padamu. Kecupan di pipi bisa jadi langkah tentatif untuk mengatakan, "Aku tertarik padamu" atau "Kamu menggemaskan"

5. Dia punya banyak perasaan untukmu walau belum tentu romantis

unsplash.com/istockphoto

Ini adalah cara yang bagus untuk mengekspresikan kasih sayang, tetapi itu mungkin tidak bermaksud bahwa ia melamarmu menjadi pacarnya. Ya, mungkin dia memberi kecupan itu karena ia menyayangimu sebagai saudara perempuan atau sahabat. Dia merasa cukup nyaman untuk disayangi secara fisik. Jadi, dia memberimu kecupan di pipi untuk menunjukkan bahwa dia peduli.

6. Dia sedang menguji reaksimu

unsplash.com/istockphoto

Kecupan di pipi bisa berarti bahwa seseorang menyukaimu, tetapi tidak yakin apakah kamu akan membalas perasaannya. Bagaimana kamu bereaksi terhadapnya akan memberi tahu dia semua yang perlu dia ketahui. Apakah kamu tersipu dan tertawa? Merasa tidak nyaman dan mencoba untuk pergi? Atau membalas kecupannya kembali? Dia menunggu tanggapan darimu.

Makna kecupan pipi dari perempuan

Kecupan pipi yang diberikan perempuan pada laki-laki, biasanya bermakna:

1. Sebagai sapaan ramah

unsplash.com/istockphoto

Jika perempuan memberikan kecupan di pipi seseorang, ini mungkin berarti adalah sebuah sapaan yang ramah. Bisa saja ia berasal dari latar belakang tertentu yang menganggap bahwa kecupan di pipi sebagai suatu sapaan.

Jika dia menawarkan isyarat ini kepada laki-laki, dia jelas merasa sangat nyaman dengannya dan ingin menunjukkan rasa nyaman tersebut secara fisik. Bisa jadi itu bukan hal yang mendalam atau lebih, tapi hanya sebuah sapaan.

2. Untuk menghargai persahabatan kalian

unsplash.com/istockphoto

Kecupan di pipi yang diberikan seorang perempuan pada teman perempuannya mungkin sudah biasa dan menjadi tanda persahabatan. Hal ini mungkin juga bisa bermakna sama saat ia mengecup pipi sahabat laki-lakinya yang sangat dekat dengannya. Terutama jika si laki-laki itu selalu ada untuknya dan membantunya kapan pun dibutuhkan.

3. Mencoba menghibur

freepik.com

Seorang perempuan mungkin memberi kecupan di pipi sebagai tanda ia menghibur temannya yang sedang sedih. Ini mungkin menjadi love language-nya. Dia benci melihat seseorang yang ia sayangi sedih atau melalui perjuangan yang berat, dan ingin membuat sahabatnya merasa lebih baik.

4. Sebagai ungkapan sayang sebagai saudara

unsplash.com

Sama dengan kecupan dari laki-laki ke perempuan, kecupan pipi juga bisa menjadi tanda seorang perempuan menyayangi laki-laki yang sudah seperti saudara baginya. Dia mungkin tidak berpikir dua kali untuk mengungkapkan kasih sayang secara fisik, baik dengan pelukan atau kecupan di pipi. Ini terutama jika mereka sudah berteman lama, atau  berasal dari keluarga yang sangat dekat dan terbuka satu sama lain.

5. Tertarik secara romantis, tapi tidak yakin dengan gebetannya

freepik.com

Sama seperti laki-laki, kecupan yang diberikan perempuan juga merupakan caranya untuk menguji respons. Entah itu disambut baik, justru menjadi canggung dan menghindari, atau membalas kecupan.

Ini bisa menjadi tanda bahwa perempuan sedang menyukai seseorang dan ingin berkencan, tetapi dia tidak berani secara frontal mengajak berkencan. Dia berharap dengan memberikan gerakan kecil ini, gebetannya akan memberi respons tentang perasaanya itu.

Itulah makna kecupan di pipi dari seorang laki-laki dan perempuan. Jadi, jangan baper dulu, ya. Coba bicarakan dengan si dia apa maksud dan tujuannya.

IDN Media Channels

Latest from Dating