Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

7 Tips Mengatasi Curiga Berlebih dari Pasangan, Bikin Gerah!

Pastikan komunikasi tetap terjaga!

Fithriyah Saiidah

Saling menyayangi, peduli, dan berempati kepada pasangan memang suatu hal yang wajar dan harus dilakukan. Namun, apa yang terjadi ketika salah satu memiliki rasa terlalu ‘peduli’ sehingga ingin tahu segalanya tentang pasangan yang berujung pada curiga? Tentunya, hal tersebut membuatmu jadi tidak nyaman dan merasa selalu diawasi.

Padahal, dalam hubungan yang sehat, membiarkan rahasia kecil sebagai ranah privasi pasangan adalah hal yang dibolehkan. Alih-alih ingin memberikan perhatian, justru pasangan jadi curiga berlebih dengan selalu mengecek media sosial dan teman-temanmu. Mungkin, pasangan yang selalu curiga tidak merasa dirinya aneh karena dia menganggap hanya memberikan rasa kasih sayang kepadamu.

Namun, hal tersebut salah ya, Bela. Sayang dan curiga itu sangat berbeda. Rasa sayang itu melahirkan kenyamanan dan rasa aman, sementara curiga berujung pada mudah menyalahkan dan melarang. Huh, daripada capek menghadapi pasangan seperti itu, melansir dari PsychCentral, yuk simak 7 tips mengatasi curiga berlebih dari pasangan di bawah ini!

1. Bicarakan tentang hubungan sehat

ukrainianspace.com

Jika kamu sudah tidak nyaman dengan pasangan yang penuh curiga, tips pertama untuk mengatasinya adalah bicarakan tentang hubungan yang sehat kepada pasangan. Diskusikan bagaimana cara membangun kenyamanan dalam hubungan asmara dan cara menumbuhkan rasa saling percaya. Dengan begitu, hubungan akan terasa lebih hangat karena memberikan kasih sayang dan empati sesuai kebutuhan pasangan.

2. Jangan membenarkan curiga berlebih dari pasangan

Pexels.com/MART PRODUCTION

Pasangan yang memiliki rasa curiga berlebih sering kali tidak merasa salah dan mengatakan bahwa hal itu dia lakukan karena sayang. Katakan pada pasanganmu kalau rasa curiga tidak akan menghasilkan hubungan yang sehat dan harmonis. Justru sebaliknya, rasa curiga membuat rasa percaya dalam hubungan menurun. Bicarakan hal ini dalam keadaan yang tenang bahwa sikap pasangan itu salah dan sampaikan bagaimana perlakukan yang membuat kalian saling merasa nyaman.

3. Pahami pasangan dan beri bantuan konseling

Pexels.com/cottonbro

Kita tidak pernah tahu apa yang sebenarnya pasangan rasakan ketika memberikan rasa curiga yang berlebih kepada kita. Entah dia memang begitu protektif atau bahkan rasa curiga yang berlebih itu datang dari kesehatan mentalnya yang kurang baik. Mulai saat ini, kamu sebagai pasangan yang baik bisa tetap memahaminya dan tanyakan apa yang dia rasa. Bila perlu, berikan bantuan konseling agar rasa curiga bisa tersalurkan dengan baik dan menemukan solusinya.

4. Tetap peduli dengan dirimu sendiri

Freepik.com

Terlepas pasanganmu memiliki rasa curiga yang berlebih, kamu harus tetap bisa peduli dengan diri sendiri. Yakinlah bahwa diri kita sendiri yang mengetahui sesuatu yang kita butuhkan dan perlu kita jauhkan. Oleh karena itu, selain memahami pasangan, penting bagimu memahami diri sendiri. Lakukan apa yang menjadi kesadaran dari hati dan tinggalkan rasa tidak nyaman yang datang dari pengaruh eksternal. Dengan begitu, kamu bisa menjadi pribadi yang merdeka.

5. Pastikan komunikasi terjaga

Pexels.com/cottonbro

Pasangan menjadi curiga berlebih pasti ada penyebabnya. Mungkin di masa lalu dia pernah dikecewakan oleh seseorang sehingga membuatnya lebih menjagamu dengan menaruh rasa curiga berlebih. Kalau sudah begitu, sebaiknya kamu bisa memastikan komunikasi hubungan tetap terjaga dengan baik. Tunjukkan bahwa kamu menyayanginya dan berkomitmen untuk selalu setia dengan kejujuran hati. Kabari pasangan selalu jika kamu sedang tidak bersamanya.

6. Pertimbangkan kelanjutan hubungan

Pexels.com/Vlada Karpovich

Jika rasa curiga sudah berlebih dari pasangan membuatmu tidak bertumbuh dan justru mengurung diri, cobalah pertimbangkan kelanjutan hubunganmu. Mempertahankan hubungan yang sehat adalah tanggung jawab bersama. Namun, jika salah satu ada yang lebih dominan dan tidak membuat aman, sebaiknya memang pertimbangkan ingin dibawa ke mana ujung hubungan asmara ini? Tidak salah jika ingin putus atau lanjut, yang terpenting pertimbangkan dengan pikiran jernih dan emosi stabil.

7. Carikan bantuan profesional untuk pasangan

pexels.com/Polina Zimmerman

Sebagai rasa sayang dan cinta, tentu kita ingin pasangan dalam keadaan baik-baik saja. Kalau dirasa pasangan ternyata memiliki gejala yang memengaruhi kesehatan mental, ada baiknya carikan bantuan profesional untuk pasangan seperti psikolog yang bisa membantu merasa lebih baik. Memberikan bantuan profesional kepada pasangan perlu didiskusikan terlebih dahulu agar pasangan lebih terbuka dan tidak merasa dipojokkan.

Nah, itu dia tujuh tips mengatasi curiga berlebih dari pasangan yang bisa kamu terapkan. Sikap atau perilaku tidak menyenangkan bisa saja terjadi di pertengahan jalan menjalin hubungan untuk menguji kesetiaan cinta. Walaupun terkadang sulit, bukan berarti tidak bisa.

Dalam hubungan percintaan, kamu dan pasangan sebaiknya memang terus memahami satu sama lain dan menyelesaikan permasalahan apa pun dengan bijak. Semoga artikel ini bermanfaat ya, Bela!

IDN Media Channels

Latest from Dating