Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

7 Hal Ini Dirasakan oleh Orang yang Sudah Lama Tak Pacaran 

Lama tak pacaran bisa mengubah cara pandangmu soal cinta.

Elga Windasari

Ada orang yang tidak bisa sendirian dan selalu punya pacar. Namun, tidak sedikit juga yang malas putus-sambung dan lebih memilih untuk nggak pacaran kalau nggak benar-benar cocok.

Orang yang memilih untuk jomblo selama bertahun-tahun, pasti cara pandangnya mengenai cinta dan pasangan pasti berubah dan berbeda dengan orang yang sering gonta-ganti pacar. Berikut ini adalah 10 hal yang kemungkinan besar akan dirasakan oleh orang yang sudah lama tak pacaran.

1. Sulit percaya ada orang yang tepat untuknya

Pexels.com/Engin Akyurt

Bagi kamu yang sudah terbiasa sendiri, mungkin akan sulit membayangkan akan berbagi hidup, tubuh, dan hati dengan orang lain, meskipun kamu tidak ingin sendirian selamanya.

Tidak peduli berapa banyak orang yang bilang kamu akan bertemu dengan orang yang tepat di saat kamu "tidak mengharapkannya" atau "tidak menduganya", kamu sulit percaya sampai mungkin  benar-benar mengalaminya.

2. Tidak bisa langsung percaya dengan pacar

cottonbro/Pexels

Saat kamu mencoba untuk berpacaran, kemungkinan kamu akan membutuhkan waktu lebih lama untuk bisa percaya padanya. Bahkan, kamu nggak segan untuk bilang kalau kamu belum bisa serius menjalani hubungan tersebut. Tidak jarang hal itu justru membuat laki-laki jadi mundur dan mencari pasangan lain.

Saat bertemu dengan orang yang baik, mengagumkan, dan luar biasa yang benar-benar serius denganmu, kamu mungkin akan tetap sulit mempercayainya walaupun akan lebih bersungguh-sungguh mencobanya.

3. Lebih asyik dengan diri sendiri

freepik.com/svetlanasokolova

Terlalu lama sendiri membuat kamu jadi terbiasa untuk melakukan sesuatu yang membuatnya bahagia tanpa pacar. Misalnya saja traveling, bermain dengan anjing atau kucing kesayangan, belanja, atau menghabiskan berjam-jam di di salon langganan.

Saat nanti memiliki pasangan, kamu akan lebih sulit menyesuaikan jadwalnya dengan “orang baru” dalam hidupnya. Mungkin ini akan menjadi masalah karena pasangan bisa merasa kamu seperti tidak memprioritaskan dirinya.

4. Jadi lebih mandiri

freepik.com/ senivpetro

Tidak punya pacar untuk mengingatkan kalau kamu cantik atau memelukmu saat sedang bad day, kamu jadi belajar untuk memotivasi, menenangkan dan menghibur diri sendiri.

Terlalu lama sendiri membuat dirimu handal merencanakan traveling sendirian, mendekorasi kamar, dan bepergian ke berbagai tempat tanpa bantuan siapa pun. Jadi, begitu memiliki pacar dan harus menggabungkan kehidupanmu bersamanya, kamu akan membutuhkan waktu dan pengingat kalau sekarang kamu tidak perlu selalu bersikap mandiri.

5. Lebih cinta dengan keluarga dan sahabat (dan mementingkan mereka!)

freepik.com/master1305

Karena tidak memiliki pasangan, kamu jadi lebih banyak menghabiskan waktu dengan keluarga dan sahabat. Mereka jadi bagian besar dalam hidupnya. Urusan mereka menjadi urusan penting bagimu. 

Jadi, begitu sudah memiliki pacar, ia mungkin akan merasa menjadi nomor dua karena selama beberapa saat kamu yang lebih mencintai keluarga dan sahabat, akan lebih mementingkan mereka.

6. Punya lebih banyak waktu memikirkan hubungan yang ingin dijalani

Sendirian dan mendengarkan cerita dari banyak orang mengenai hubungan percintaan mereka, kamu jadi belajar banyak tentang apa yang diinginkan dan tidak dari sebuah hubungan.

Kamu bahkan membuat catatan dari teman-teman tentang bagaimana mereka membuat hubungan jangka panjang tetap kuat. Kamu juga memiliki gambaran yang cukup bagus tentang apa yang akan diharapkan dari hubungan berikutnya.

7. Tidak sabar melakukan hal-hal yang biasa dilakukan pasangan

unsplash.com/Carly Rae Hobbins

Kamu mungkin akan kesulitan untuk menerima pacar dalam hidupmu yang sudah terbiasa sendirian. Namun, secara tidak sadar kamu juga tidak sabar untuk melakukan hal-hal yang biasa dilakukan pasangan.

Jalan-jalan di akhir pekan, makan malam romantis, nonton serial favorit di situs streaming, atau hanya sekadar menelepon di malam hari untuk menceritakan kegiatanmu di hari ini, kamu tidak sabar untuk melakukannya. Maklum, kamu sudah lama tidak punya pacar.

Meskipun orang yang sudah lama sendirian terkesan lebih sulit untuk diajak pacaran, justru mereka memiliki lebih banyak cinta di hatinya. Ini karena mereka justru tidak sering pacaran dan tidak sering membagi memberikan hatinya untuk banyak orang.

IDN Media Channels

Latest from Dating