Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

6 Cara Melacak Lokasi Seseorang Tanpa Diketahui, Bisa untuk Pasangan!

Sesekali kamu juga perlu melakukan hal ini ya, Bela

Elga Windasari

Di zaman canggih dan dengan kemajuan teknologi seperti sekarang, kamu bisa memiliki cara melacak lokasi seseorang tanpa diketahui. Misalnya saja, saat kamu ingin memastikan lokasi pasangan berada. 

Caranya bisa lewat aplikasi–yang saat ini juga sudah banyak tersedia–atau bahkan hanya lewat Google atau aplikasi percakapan, WhatsApp. Setiap cara memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, ya. 

Lalu, cara apa saja yang menjadi rekomendasi jika ingin melacak lokasi seseorang tanpa diketahui? Ini dia cara melacak lokasi seseorang tanpa diketahui.

1. Lewat WhatsApp

pexel.com

Sebelum melacak lokasi pasangan dengan cara ini, pastikan dia pernah menggunakan WhatsApp Web yang dibuka melalui peramban atau browser pada laptop maupun komputer miliknya satu hari sebelumnya. Jika pesan terakhir sudah berhari-hari yang lalu, maka cara ini tidak bisa dilakukan.

Caranya adalah buka laman WhatsApp Web di https://web.whatsapp.com/, lalu masuk ke menu "Task Manager" dengan mengklik kanan logo "Start".

Setelah masuk ke menu "Task Manager", tekan logo Windows+R secara bersamaan dan ketik cmd. Kemudian tekan enter pada keyboard dan tunggu sebentar hingga muncul command prompt, lalu ketik netstat-ano dan tekan enter pada keyboard.

Kamu kemudian akan mendapatkan alamat IP dari pasangan, lalu copy dan masukkan ke dalam situs IP tracer dengan alamat https://www.ip-adress.com/ip_tracer/. Setelah itu, kamu akan mengetahui lokasi pasangan berada. 

2. Menggunakan Find My Device

play.google.com

Jika ingin menggunakan fitur ini, pastikan terlebih dahulu bahwa ponsel pasangan adalah Android. Jika sudah, lalu buka laman https://google.com/android/find di browser laptop dan pastikan bahwa akun Google yang ingin dilacak sudah sama seperti yang digunakan pada ponsel.

Sebenarnya, kamu juga bisa mengunduh aplikasi Find My Device ini secara gratis melalui Play Store. Setelah diunduh, login dengan akun Google yang sama seperti yang digunakan pada ponsel pasangan yang ingin dilacak.

Setelah log in, baik dari browser atau aplikasi, kamu akan melihat deretan ponsel yang bisa dilacak. Kemudian pilih perangkat yang ingin dilacak.

Jika sudah dipilih, kamu akan melihat simbol pin pada peta. Ini adalah titik lokasi ponsel itu berada. Jika pin diklik, langsung akan dialihkan ke aplikasi Google Maps untuk melihat alamat lengkap lokasi.

3. Lihat di Google Maps

Cnet.com

Masih berhubungan dengan Google Maps, kamu bisa melacak lokasi seseorang tanpa diketahui, tetapi tidak perlu melalui Find My Device. Namun, kamu tetap bisa melakukannya diam-diam alias tidak diketahui oleh pasangan. 

Sebelum melakukan pelacakan, kamu harus membagikan lokasi milik ponsel pasangan ke smartphone milikmu. Caranya adalah dengan membuka aplikasi Google Maps pada ponsel pasangan. Pastikan fitur GPS atau lokasi sudah menyala pada ponselnya.

Lalu, masuk ke halaman utama aplikasi, klik gambar profil yang berada di pojok kanan atas.

Pilih menu "Location sharing" atau "Berbagi lokasi" dan pilih "Bagikan lokasi". Setelah itu, pilih "Sampai Anda mematikan ini" atau "Until you turn this off".

Setelahnya, bagikan lokasi ponselnya ke alamat e-mail atau nomor ponsel milikmu untuk melihat pergerakannya. Tutup aplikasi jika prosesnya sudah selesai.

Jika lokasi ponsel pasangan sudah dikirimkan kepadamu, kamu bisa mulai melihat pergerakannya melalui layanan Google Maps yang bisa diakses lewat aplikasi atau browser. Caranya dengan membuka link Google Maps yang sudah dibagikan kamu sudah bisa melihat keberadaan lokasi pasangan. 

4. Lewat aplikasi Number Locator

pexels.com/Ingo Joseph

Ini salah satu aplikasi yang juga menjadi cara untuk melacak lokasi seseorang tanpa diketahui. Sebelumnya, kamu harus mengunduh aplikasi ini secara gratis di Play Store.

Kemudian, buka aplikasi Number Locator dan hidupkan GPS. Pada halaman utama  akan ada menu "Phone Tracker", masukkan nomor target secara lengkap pada kotak yang tersedia, klik menu "Localize!".

Selanjutnya, kamu akan mendapatkan peta lokasi target secara lengkap. Untuk mengetahui jarak kalian dengan lokasi HP target, tekan menu "Petunjuk Arah".

5. Di aplikasi Mspy

freepik.com/lifestylememory

Untuk bisa mengunduh aplikasi ini, kamu bisa mengunjungi situs resminya, https://www.mspy.com/, yang dapat diakses lewat browser. Ini merupakan aplikasi yang cukup populer untuk melacak seseorang karena memiliki banyak fitur dan tersedia untuk Android ataupun iPhone.

Sebelum menggunakannya, kamu harus membuat akun terlebih dahulu. Setelah itu, kamu bisa mulai melakukan pemantauan penggunaan ponsel baik untuk aplikasi pesan, aplikasi panggilan, browser, lokasi, dan nomor ponsel.

6. Lihat di Family Locator

Pexels.com/Torsten Dettlaff

Seperti namanya, aplikasi ini bertujuan untuk  mengetahui lokasi anggota keluarga, termasuk pasangan dan anak. Banyak orang yang memilih menggunakan aplikasi ini karena bisa melacak lokasi anggota keluarga tanpa diketahui. 

Setelah mengunduh Family Locator di ponsel kalian, aplikasi ini bisa mencatat lokasi yang dikunjungi oleh anggota keluarga selama tujuh hari terakhir. 

Itulah beberapa cara untuk melacak lokasi seseorang tanpa diketahui yang bisa kamu lakukan. Namun, semoga saja kepercayaan antara kamu dan pasangan cukup kuat agar tidak perlu menggunakan cara-cara ini ya, Bela. 

IDN Media Channels

Latest from Dating