Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

5 Tips Mengencani Laki-Laki ISTJ, Si Keras Kepala yang Sangat Setia

Mereka dikenal sangat serius dalam hubungan romantis

Astri Amalia

ISTJ (Introverted, Observant, Thinking, dan Judging) adalah satu dari 16 kepribadian MBTI yang dikenal sebagai introvert terbanyak di seluruh dunia. Orang-orang ini dikenal sangat logis, jujur, teratur, dan disiplin. Bahkan, karena para ISTJ selalu mengandalkan logika ketimbang hati, mereka sampai disebut sebagai orang-orang yang nggak punya hati karena dianggap insensitif. Padahal, sering kali mereka nggak bermaksud untuk menyakiti hati orang lain.

Kendati begitu, dalam hubungan romantis, laki-laki ISTJ sangat dijagokan karena punya karakteristik sangat bisa diandalkan, yaitu bertanggung jawab, dan yang paling disukai para perempuan, yakni punya ingatan yang baik akan kejadian di masa lalu.

Itu artinya, nggak ada, tuh laki-laki ISTJ yang lupa dengan tanggal jadian atau hal penting lainnya!

Nah di artikel kali ini, Popbela akan bahas 5 tips mengencani laki-laki ISTJ yang pantang untuk kamu lewatkan. Check this out, Bela!

1. Biarkan dia membuat rencana kencan

freepik.com/freepik

Karena ISTJ dikenal sangat terorganisir, maka nggak heran kalau laki-laki ISTJ sangat senang untuk merencanakan segala sesuatu, termasuk dengan rencana kencan. Jadi, tips mengencani laki-laki ISTJ yang pertama adalah membiarkan dia membuat rencana kencan denganmu.

Kamu nggak perlu khawatir untuk mengatur di mana kalian harus pergi kencan, aktivitas apa yang akan kalian lakukan, atau di restoran mana kalian akan makan. Sebab, kamu hanya perlu duduk manis dan menunggunya saja. Yakin, deh, rencananya nggak akan mengecewakanmu! 

2. Berikan dia cukup waktu untuk menjadi nyaman denganmu

unsplash.com/Natalia Sobolivska

Karena orang-orang ISTJ termasuk introvert yang cukup tertutup dan pendiam, maka nggak heran kalau mereka butuh waktu untuk bisa membagikan pemikiran dan perasaan terdalam mereka kepada orang lain.

Maka dari itu, saat mengencani laki-laki ISTJ, kamu nggak boleh memaksanya untuk bercerita tentang kehidupannya. Wajar, sih kalau kamu jadi sangat kepo tentang kehidupannya dan ingin dia buru-buru untuk terbuka. Tapi, biarlah dia menyamankan dirinya padamu terlebih dahulu. Karena saat dia sudah sangat nyaman, dia nggak hanya akan sangat terbuka padamu, tapi juga jadi pasangan yang sangat setia!

3. Hargai waktu me time-nya

Pexels.com/Vlad Bagacian

Namanya juga introvert, sudah pasti laki-laki ISTJ memerlukan waktu untuk dirinya sendiri alias me time untuk mengisi ulang energi. Kalau kamu seorang ekstrovert, maka kamu perlu mengerti bahwa terkadang laki-laki ISTJ bukannya nggak mau untuk chatting atau bertemu denganmu, tapi dia memerlukan lebih banyak alone time. Sebab, kalau dia nggak punya cukup waktu untuk dirinya sendiri, rentan baginya untuk merasa kewalahan hingga gampang kesal.

Sehingga, kamu nggak perlu overthinking, ya, kalau laki-laki ISTJ minta waktu untuk sendirian!

4. Jadilah sosok yang perhatian

Pexels.com/Andrea Piacquadio

Meski terkenal cukup tertutup dan pendiam, nyatanya laki-laki ISTJ adalah sosok yang sangat perhatian dengan pasangan romantisnya, lho. Yup, meskipun banyak yang menganggap berhubungan dengan laki-laki ISTJ akan cukup menantang, mengingat sifat mereka yang dinilai cukup kaku dan terstruktur, tapi kalau urusan hati, mereka nggak pernah main-main. Kalau sudah cinta pada seseorang, laki-laki ISTJ bakal mencurahkan perhatian yang nggak tanggung-tanggung padanya.

Tapi, kamu harus tahu bahwa laki-laki ISTJ mengaharapkan hal yang sama. Kalau dia bisa sangat perhatian denganmu, maka kamu juga perlu jadi sosok yang sama perhatian dengannya, Bela. 

5. Kamu harus serius saat menjalin hubungan

Pexels.com/ROMAN ODINTSOV

Kalau ditanya apa MBTI laki-laki yang paling berkomitmen dan setia, jawabannya sudah pasti ISTJ. Laki-laki ISTJ adalah orang-orang yang paling anti untuk kencan buta atau 'tebar jala' asal-asalan untuk kesenangan belaka. Karena mereka lebih memilih kencan dengan gaya tradisional, yakni berkenalan lalu mengajaknya untuk menghabiskan waktu bersama demi mengenal lebih dalam satu sama lain.

Lagi pula, karena laki-laki ISTJ punya sifat jujur dan bertanggung jawab yang tinggi, itu artinya, kecil kemungkinan kamu bakal di-ghosting atau didekati hanya karena faktor penasaran belaka. Kalau dia merasa nggak klik, maka laki-laki ISTJ akan sangat terbuka dan nggak akan hilang begitu saja.

Makanya, karena dedikasi laki-laki ISTJ sangat tinggi dalam hubungan romantis, maka kamu juga harus jadi orang yang sama serius dan setianya ketika menjalin hubungan dengannya ya, Bela.

Jadi itulah tadi 5 tips mengencani laki-laki ISTJ, si keras kepala yang sangat setia. Bagaimana menurutmu, Bela?

IDN Media Channels

Latest from Dating