Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

I Miss You More than Life Artinya Rindu Berat, Ini Cara Mengatasinya

Terkadang, rasa rindu begitu menyesakkan dada ya, Bela

Astri Amalia

I miss you more than life artinya aku sangat merindukanmu atau rindu berat. Saat kita hendak mengungkapkan kerinduan mendalam, nggak bisa dipungkiri bahwa terkadang rasanya bisa cukup rumit.

Misalnya, jika kamu merindukan orang yang sedang tinggal berjauhan, kamu tinggal kirimkan pesan teks dan sampaikan kerinduanmu. Namun, apabila sosok yang kamu rindukan telah meninggal dunia, sebesar apa pun kerinduanmu, perasaanmu nggak akan pernah sampai padanya.

Makna dari I miss you more than life

pexels.com/Mizzu Cho

Secara harfiah, I miss you more than life artinya aku merindukanmu lebih dari kehidupan. Namun, kata-kata I miss you more than life kerap digunakan seseorang saat mengekspresikan kerinduan mendalam.

Kata-kata I miss you more than life juga muncul dalam salah satu penggalan lirik lagu "Ghost" milik penyanyi asal Kanada, Justin Bieber. Lagu ini pun dengan jelas menggambarkan rasa rindu yang amat dalam kepada sosok yang dicintai.

Lantas, bagaimana cara mengatasi rasa rindu yang amat berat kepada sosok yang berharga dalam hidupmu?

Berikut Popbela telah merangkum cara mengatasi rindu berat yang bisa kamu coba, yang dikutip dari berbagai sumber. Simak artikelnya hingga selesai, ya.

1. Jujurlah dengan perasaanmu

Pexels.com/Katya Wolf

Saat kamu sangat merindukan seseorang, cara pertama untuk mengatasinya ialah memberikan beberapa pertanyaan kepada dirimu sendiri, kemudian menjawabnya dengan detail. Untuk melakukannya, kamu hanya perlu menyiapkan selembar kertas dan pulpen.

Jika kamu bingung harus mulai dari mana, beberapa contoh pertanyaan ini mungkin bisa membantumu. Di antaranya:

  • Apa yang paling aku rindukan dari dia?
  • Di mana dan kapan aku paling merindukannya?
  • Mengapa aku sangat merindukannya?
  • Pelajaran apa yang bisa saya ambil dari kehilangan sosoknya?
  • Bagaimana aku bisa menggunakan pengalaman ini untuk menjadi manusia yang lebih baik?

Saat menuliskan jawabannya, pastikan untuk jujur dan tulis secara apa adanya. Biarkan seluruh jawaban yang muncul di dalam kepalamu untuk keluar seluruhnya.

Menurut Sigmund Freud, seorang ahli saraf asal Austria yang terkenal karena penciptaan dan pengembangan ilmu psikoanalisis, berkata bahwa menjawab dengan jujur dan nggak menyensor apa pun yang ada di dalam kepalamu, bisa jadi cara yang sangat baik untuk mengekspresikan perasaanmu, termasuk rasa rindu.

2. Sibukkan dirimu

pexel.com

Kamu mungkin sudah sering mendengar bahwa cara terampuh untuk mengalihkan diri saat merindukan seseorang ialah dengan menyibukkan diri. Maka dari itu, cobalah untuk memenuhi jadwal harianmu dengan beragam aktivitas, misalnya memasak, mengikuti kursus, jalan-jalan ke taman, olahraga, menghabiskan waktu bersama sahabatmu, atau aktivitas lainnya yang bisa kamu nikmati.

Dengan menyibukkan diri, bisa jadi cara yang cukup ampuh dalam meringankan rasa rindu pada orang yang sangat istimewa untukmu. Daripada tenggelam dengan rasa rindu yang berujung membuatmu sedih, lebih baik salurkan emosimu dengan beragam aktivitas yang bermanfaat.

3. Kirimkan afirmasi untuk dirimu sendiri

Freepik.com

Jika situasinya kamu merindukan mantanmu yang toxic, bukan berarti kamu harus menjalin kembali hubungan dengannya, Bela. Agar perasaan rindumu bisa tersalurkan tanpa membuatmu rugi di kemudian hari, kamu bisa berikan pertanyaan reflektif seperti, "Apa yang sebenarnya aku rindukan dari sosoknya?"

Kamu mungkin mendapatkan jawaban bahwa kamu sebenarnya takut untuk hidup sendirian, meskipun kamu tahu dia nggak baik untukmu.

Setelah itu, coba kirimkan afirmasi ke dirimu sendiri seperti, "Aku sangat merindukannya, dan itu nggak apa-apa, tapi aku juga tahu bahwa dia nggak baik untukku." 

Meski mantanmu itu toxic, merindukannya bukanlah sesuatu hal yang salah kok, Bela. Yang penting, selalu ingatkan dirimu bahwa kebahagiaanmu adalah prioritas dan kamu berhak punya hubungan yang jauh lebih sehat dengan orang lain di masa depan.

4. Tetaplah terkoneksi dengan orang-orang di sekitarmu

Freepik.com

Saat kamu merindukan seseorang, tetap terkoneksi dengan orang-orang di sekitarmu adalah salah satu cara mengatasi rasa rindu yang paling baik. Cobalah untuk menelepon sahabatmu dan jadwalkan pertemuan dengan mereka.

Menjaga koneksi dengan orang-orang di sekitarmu niscaya ampuh mengalihkan perhatianmu dari rasa rindu mendalam. Selain itu, kamu juga berkesempatan untuk mencurahkan isi hatimu kepada mereka. Yakin deh, dengan menceritakan isi hatimu pada mereka, dijamin kamu akan merasa jauh lebih lega dari sebelumnya.

5. Jika sosoknya telah tiada, fokuslah pada hal yang membuatmu bahagia karenanya

pexels.com/Arina Krasnikova

Cara terakhir untuk mengatasi rindu berat, terlebih jika sosoknya telah tiada adalah mengingat hal-hal menyenangkan ketika kamu bersamanya.

Nggak bisa dipungkiri bahwa rindu pada sosok yang telah tiada adalah hal yang yang paling sulit diatasi. Berbeda halnya dengan kerinduan setelah putus cinta yang jauh lebih mudah diatasi, kehilangan sosok yang telah tiada bisa membuatmu merindukannya dalam waktu yang sangat lama.

Namun, kamu masih bisa mengatasinya dengan fokus pada kegembiraan yang ia ciptakan saat bersamamu. Seperti halnya:

  • Menghabiskan waktu di tempat favoritnya
  • Beli makanan dari restoran favoritmu dengannya
  • Tanam pohon ataupun bunga untuk mengenangnya
  • Tulis surat untuk mengungkapkan betapa besar kerinduanmu itu
  • Panjatkan doa untuknya

Rasa rindu mendalam dan kehilangan bisa membuatmu mengalami kesedihan yang tak tertahankan. Jika beberapa hal di atas belum mampu melepaskan kerinduanmu walau hanya sedikit, nggak ada salahnya untuk menghubungi terapis yang dapat membantumu melepaskan kesedihan dan memproses rasa kehilangan dengan cara yang aman dan produktif.

Itulah tadi 5 cara mengatasi rindu berat pada seseorang. Jika kamu masih bisa menyampaikan kerinduan pada sosok yang berharga dalam hidupmu, boleh lho untuk kirimkan kata-kata I miss you more than life untuknya. Namun kalau dia sudah tiada, kamu bisa ungkapkan I miss you more than life dalam bentuk doa yang tulus untuknya. Semoga artikel ini bermanfaat untukmu, Bela.

IDN Media Channels

Latest from Dating