" Aku mencintaimu".

" Aku menyayangimu".

Kira-kira, pernyataan mana yang pernah kamu terima dari sesorang, Bela? Kedua pernyataan tersebut merupakan hal yang istimewa. Ketika seseorang menyatakan perasaan cinta atau sayangnya padamu, itu artinya ia menaruh emosionalnya seperti rasa cemas, bahagia, senang, sedih dan sebagainya padamu.

Sebagian besar dari kita menganggap bahwa cinta dan sayang itu merupakan perasaan yang sama. Tapi sebetulnya, cinta dan sayang itu sendiri memiliki makna yang berbeda. Sayang bisa ditujukan bagi siapa saja, sedangkan cinta ditujukan bagi seseorang yang lebih spesifik lagi dan salah satunya berkaitan dengan hubungan lawan jenis.

Makna cinta

Ketahui Perbedaan Cinta dan Sayangunsplash.com/@evertonvila

Cinta merupakan emosi yang kompleks, terdiri dari berbagai macam perasaan dan keadaan. Menurut kamus Oxford, cinta didefinisikan sebagai perasaan kasih sayang yang kuat. Sedangkan, pengertian cinta lainnya menurut kamus Merriam-Webster mendefinisikan cinta sebagai perasaan kasih sayang yang kuat atau konstan bagi seseorang.

Jika kita mencintai seseorang, otomatis kita akan menyayanginya. Berbeda jika kita menyayangi seseorang, belum tentu kita mencintainya. Dalam hierarki emosi dan perasaan, cinta ini memiliki kedudukan lebih dalam daripada sayang. Ketika kita mencintai seseorang, seringkali logika kita nggak berjalan, Bela. Kita selalu memaklumi dan membenarkan apa pun yang dilakukan orang yang kita cintai meski itu salah. Sebanyak apa pun kesalahan yang dilakukan oleh orang yang kita cintai, pada akhirnya kita selalu memaafkannya dan rela berkorban. Jadi nggak heran kalau cinta itu bisa membuat kita buta.

Makna sayang

Ketahui Perbedaan Cinta dan Sayangunsplash.com/@jfelise

Pengertian sayang sendiri didefinisikan sebagai perasaan yang lembut, perasaan suka atau peduli. Ketika kita menyayangi seseorang, kita masih menggunakan logika, bisa memilih mana yang benar dan yang salah dan tentunya nggak akan dengan mudah memaklumi kesalahan. Ketika sayang, kita cenderung membenarkannya jika orang yang kita sayangi salah meski pada akhirnya orang yang kita sayangi belum tentu menerima. 

Nggak seperti cinta, kasih sayang nggak terdiri dari perasaan bergairah atau romantis. Contoh perasaan sayang bisa diberikan bagi siapa pun tanpa kecuali. Perasaan sayang juga lebih tulus.

Perbedaan cinta dan sayang

Ketahui Perbedaan Cinta dan Sayangunsplash.com/@auntneecey

Perbedaan cinta dan sayang dari segi makna, cinta memang memiliki perasaan yang dalam dan lebih spesial, sedangkan sayang memiliki makna yang tulus. Perbedaan cinta dan sayang lainnya, jika kita mencintai seseorang, otomatis kita akan menyayanginya. Berbeda dengan sayang, menyayangi seseorang belum tentu mencintainya.

Cinta merupakan keinginan, sedangkan sayang merupakan suatu kebutuhan. Perbedaan cinta dan sayang lainnya, cinta memiliki kecemburuan dan rasa memiliki, sedangkan sayang itu tulus dan luas.

Baca Juga: 8 Perbedaan Apakah Perasaanmu Padanya Itu Cinta atau Sebatas Nafsu