Dalam kehidupan, nggak akan memiliki arti jika nggak ada cinta. Cinta yang seharusnya bisa memberikan kebahagiaan dalam hidup kita tapi bisa juga memberikan kesedihan yang mendalam. Untuk itu, wajar jika kita harus bijak dalam cinta.

Bagi sebagian orang yang nggak percaya cinta karena pernah merasakan pahitnya pasti memiliki trauma sendiri. Belum lagi pengalaman dipermainkan cintanya yang memberikan luka yang dalam. Nah salah satu yang sering bermain dengan cinta adalah si pemberi harapan palsu. 

Apa sih pemberi harapan palsu itu?

Pemberi Harapan Palsu dan Cara MenghadapinyaBbc.co.uk/Tom Humberstone

Menurut Wikipedia, harapan merupakan kepercayaan akan sesuatu yang diinginkan akan didapatkan atau suatu kejadian akan bebuah kebaikan di waktu yang akan datang. Harapan ini berbentuk abstrak namun diyakini.

Pemberi harapan palsu atau disingkat PHP atau dalam bahasa Inggris dikenal juga sebagai false hope merupakan harapan yang dibuat seseorang yang dianggap akan menjadi kenyataan tapi ternyata si pemberi sebetulnya berbohong atau berpura-pura alias nggak menjadi kenyataan seperti yang kita inginkan.

Bagaimana tanda-tanda dia adalah si Pemberi Harapan Palsu?

Banyak tanda yang dimilik para pemberi harapan palsu. Si pemberi harapan palsu nggak suka berkomitmen. Ia ingin dekat denganmu tapi nggak mau memiliki hubungan yang jelas. Kurang lebih hubungan kalian akan terus berada dalam friendzone. Terlalu nyaman menjadi teman. Ada batas seharusnya antara teman dan orang spesial. Biasanya si pemberi harapan palsu ini senang bersembunyi di balik arti kata teman dekat.

Tanda lainnya yakni ia memang sangat perhatian denganmu tapi ternyata di belakangmu, ia juga perhatian dengan perempuan incarannya. Nggak heran jika orang-orang menyangka dia suka padamu tapi ternyata ia malah jadian dengan perempuan lain.

Selain itu, si pemberi harapan palsu akan sangat kurang mau berkorban untukmu. Beda dong jika laki-laki tulus dan benar-benar suka dan sayang padamu, mereka tipikal orang yang mau melakukan apa pun untuk membuat orang terkasihnya bahagia. 

Ciri lainnya adalah ia nggak begitu tertarik dengan lingkungan dan duniamu. Ia nggak berusaha berbaur dengan orang terdekatmu atau kamu pun nggak diajaknya untuk berbaur dengan teman-temannya. 

Apa yang harus kita lakukan kalau sudah terjebak dengan si Pemberi Harapan Palsu?

Pemberi Harapan Palsu dan Cara Menghadapinyateenvogue.com/Lydia Ortiz

Kalau kamu sudah terlanjur jatuh ke perangkap si Pemberi Harapan Palsu, nggak perlu panik dan dendam, Bela. Kepanikan dan dendam hanya akan mempermalukan dirimu sendiri nantinya. Kita akan menyesal telah melakukan hal yang nggak perlu.

  • Pertama yang harus kamu lakukan adalah hindari bermain "playing victim" meskipun memang sebenarnya kamu adalah korban. Nggak perlu kamu menyebarkan kejelekannya bahwa ia adalah pemberi harapan palsu. Ia bisa saja dengan mudah mengelak jika kamu tipe orang yang baperan
  • Kedua, buatlah batasan dan ketika bertemu, bersikaplah biasa saja seperti nggak terjadi apa pun. Biasanya, laki-laki PHP ini akan sangat penasaran mengapa kamu bisa bersikap begitu santai. Ketika ia mulai tertarik lagi padamu, jangan langsung buka hati. Bisa jadi ia hanya penasaran saja.
  • Ketiga yang bisa kamu lakukan terhadap si pemberi harapan palsu adalah dengan berubah menjadi lebih baik. Tingkatkan kemampuanmu serta rawatlah dirimu. Buka juga hatimu, jangan terjebak dengan sakit hatimu di masa lalu akibat sikapnya. Memiliki pasangan yang membuatmu bahagia merupakan pembalasan dendam terbaik bagi si pemberi harapan palsu.

Itulah arti, tanda dan cara menghadapi pemberi harapan palsu. Semoga bermanfaat, Bela.

Baca Juga: 30 Kata-Kata PHP yang Menusuk Hati