Resmi tayang pada 4 Juni 2021, film Sweet and Sour yang dibintangi oleh Jang Ki Yong, Chae Soo Bin, dan Krystal Jung ini mengusung genre komedi romantis dan alur cerita tak biasa. Disutradarai Lee Gye Byeok, Sweet and Sour akan membuat kamu merasakan asam manisnya sebuah hubungan. 

Tidak hanya mengangkat kisah cinta yang dinamis, namun karakter dalam film Sweet and Sour juga dibuat serealistis mungkin dengan kehidupan nyata. Berangkat dari hal ini, Sweet and Sour memberikan beberapa pesan cinta yang bisa dijadikan pengingat saat menjalani sebuah hubungan. Ada pesan cinta apa saja di film romantis Sweet and Sour? Yuk, intip di sini.

1. Tidak semua hubungan LDR berhasil

Realistis, 7 Pesan Cinta di Film Romantis Sweet and SourFilm Sweet and Sour (Hancinema.net)

Dalam film romantis Sweet and Sour dikisahkan dua sejoli, Chae Soo Bin (Jung Da Eun) dan Jang Hyeok (Jang Ki Yong). Semula, hubungan keduanya masih berjalan harmonis, hingga sebuah kesempatan karier yang diterima Jang Hyeok membuat hubungan mereka dilanda tantangan karena harus menjalani LDR.

Dari kisah mereka, kamu jadi mengetahui bahwa tidak semua hubungan LDR berhasil. Ada banyak hal yang dipertaruhkan agar hubungan yang terjalin tidak kandas di tengah jalan. Kadang, hubungan jarak dekat saja bisa usai karena kesalahpahaman, apalagi hubungan jarak jauh yang membutuhkan kepercayaan tingkat tinggi terhadap pasangan.

2. Saling menjaga hati

Realistis, 7 Pesan Cinta di Film Romantis Sweet and SourFilm Sweet and Sour (Hancinema.net)

Meski dihadapi dengan tantangan LDR, Jang Hyeok (Jang Ki Yong) berusaha menjadi kekasih yang mempertahankan hubungan dengan menempuh perjalanan panjang antara kantor dengan rumah sang pacar, Da Eun (Chae Soo Bin). 

Namun, kondisi tersebut berubah kala Jang Hyeok mendapat proyek dadakan bersama rekan kerja barunya, Han Bo Yeong (Krystal Jung) yang membuatnya harus lembur dan tidak bisa pulang setiap hari ke rumah Da Eun. Kebersamaan mereka di kantor membuat Jang Hyeok mulai tergoda untuk selingkuh perasaan. 

Kisah mereka tentu saja terasa relatable karena dialami oleh banyak pasangan. Hadirnya orang ketiga membuat hubungan yang tadinya manis mulai terasa hambar untuk dijalani. Oleh karena itu, saling menjaga hati perlu dilakukan oleh masing-masing pasangan. Ingat kembali, niat awal dan tujuan akhir kamu saat menjalin hubungan. Tidak mudah, namun setidaknya membuat kamu urung untuk berselingkuh. 

3. Berkomunikasi dan saling terbuka

Realistis, 7 Pesan Cinta di Film Romantis Sweet and SourFilm Sweet and Sour (Hancinema.net)

Walau mencoba setia, hati Jang Hyeok mulai ragu. Komunikasi antara dirinya dengan Da Eun, sang kekasih yang awalnya intens menjadi berkurang. Selain itu, ada satu adegan di mana komunikasi yang tadinya saling terbuka, Hyeok mulai berbohong kepada Da Eun mengenai situasinya saat itu. 

Tidak hanya Jang Hyeok, Da Eun juga melakukan hal yang sama. Banyak hal yang tidak bisa Da Eun utarakan. Kesibukan Jang Hyeok membuat Da Eun merasa hubungannya memudar. Di sisi lain, Da Eun sangat membutuhkan sosok kekasih yang perhatian dengannya saat dibutuhkan. Hingga akhirnya, Da Eun turut berselingkuh dan menutupi status hubungannya. 

Dari kisah Sweet and Sour, tersimpan pesan cinta bahwa dalam setiap hubungan, berkomunikasi dan saling terbuka terhadap masing-masing pasangan menjadi pilar utama dalam mempertahankan hubungan. Cari waktu yang tepat dan ambil tindakan untuk membicarakan semuanya atau hubungan yang menjadi taruhannya. 

4. Turunkan ego demi hubungan yang baik

Realistis, 7 Pesan Cinta di Film Romantis Sweet and SourFilm Sweet and Sour (Hancinema.net)

Dalam film Sweet and Sour, Da Eun (Chae Soo Bin) diceritakan sebagai perempuan yang berprofesi sebagai perawat di rumah sakit. Jam kerja yang panjang dan tekanan di tempat kerja membuatnya didera stres ditambah hormon hamil yang membuat Da Eun lebih sensitif dan emosional. 

Sayangnya, Hyeok yang mulai teralih dengan Bo Yeong (Krystal Jung) menjadi tidak peka dengan sang kekasih. Muncul sifat egois dalam diri Da Eun yang memperkeruh situasi. Ada sebuah adegan di mana Da Eun menyuruh Hyeok membuang sampah tepat di saat Hyeok baru saja sampai rumah Da Eun setelah menempuh kemacetan untuk mencapai rumah sang kekasih.  

Pasangan mana pun tentu akan marah saat pulang kerja, tetapi tidak disambut hangat oleh sang kekasih. Apalagi saat itu, Hyeok belum mengetahui kalau Da Eun tengah hamil. Ada kalanya mencoba untuk menurunkan ego sejenak atau mengendalikan emosi demi hubungan yang baik. 

5. Pentingnya pendidikan seksual di hubungan

Realistis, 7 Pesan Cinta di Film Romantis Sweet and SourFilm Sweet and Sour (Hancinema.net)

Selain masalah komunikasi, kehamilan Da Eun yang memasuki usia empat minggu juga menjadi masalah lain dalam film romantis Sweet and Sour ini. Pada saat Da Eun memberitahu Jang Hyeok mengenai dirinya yang hamil, terlihat bahwa Hyeok belum siap menerimanya. 

Keduanya bertengkar hebat di dalam mobil dan ucapan Hyeok membuat Da Eun tersinggung. Da Eun merasa jika Hyeok tidak menginginkan anak tersebut, sehingga Da Eun sendirian menghadapi semuanya.

Ketidaksiapan Hyeok menghadapi kehamilan di luar nikah sang kekasih menjadi bukti bahwa pentingnya pendidikan seksual dalam sebuah hubungan. Selalu ada konsekuensi yang harus ditanggung saat hubungan melewati batas aman. 

6. Menghargai setiap usaha pasangan

Realistis, 7 Pesan Cinta di Film Romantis Sweet and SourFilm Sweet and Sour (Hancinema.net)

Memiliki sedikit sifat egois, Da Eun ingin terus-menerus dimengerti oleh Jang Hyeok. Padahal, Jang Hyeok juga memiliki kesibukan yang membuatnya cukup lelah untuk bisa seimbang antara karier dan cinta. 

Ketika Jang Hyeok berusaha menyeimbangkan semuanya, Da Eun tidak melihat hal tersebut dan kurang bisa menghargai setiap usaha yang diberikan oleh Hyeok. Tetapi, saat Hyeok membuat kesalahan dan intensitasnya berkurang dalam memperhatikan Da Eun. Ia menjadikan orang lain sebagai pelampiasan. 

Padahal, sejatinya sebuah hubungan tidak berlaku satu arah, namun dua arah. Cobalah untuk menghargai setiap usaha pasangan, sekecil apa pun itu. Tidak hanya ingin dimengerti, namun juga mengerti kondisi satu sama lain. Tidak hanya ingin didengar, namun juga menjadi pendengar yang baik. 

7. Menjalin hubungan tidak selalu bahagia

Realistis, 7 Pesan Cinta di Film Romantis Sweet and SourFilm Sweet and Sour (Hancinema.net)

Hubungan Jang Hyeok (Jang Ki Yong) dan Da Eun (Chae Soo Bin) penuh liku dan dinamis ini sesuai dengan keinginan sang sutradara, Lee Gae Byok, yang ingin menunjukkan asam manisnya sebuah hubungan. 

Saat konferensi pers, Lee Gae Byok mengungkapkan bahwa film ini sengaja dibuat serealistis mungkin karena menjalin hubungan tidak selalu bahagia dan berbunga-bunga. Namun, asam bahkan pahit pasti ada di dalamnya. Oleh karena itu, ia ingin membuat kisah cinta di film ini terasa otentik dan tentu saja, ada unsur plot twist di dalamnya. 

Di film romantis Sweet and Sour, kamu akan melihat dinamika sebuah hubungan LDR yang cukup memberatkan serta perjuangan untuk mempertahankan hubungan saat kehadiran orang tiga menjadi ujian. Nah, apakah kamu menonton film ini, Bela? Kalau belum, jangan sampai kelewatan. Seru, lho!

Baca Juga: 8 Tips Jalani Long Distance Relationship yang Wajib Kamu Ketahui

Baca Juga: Dos & Don'ts yang Harus Kamu Ketahui Saat Menjalani LDR

Baca Juga: Kenali 7 Jenis Permintaan Maaf Agar Hubungan Tetap Baik