Drama terbaru dari Park Seo Jeon, Kim Da Mi, Kwon Nara, beserta bintang Korea lainnya baru saja menamatkan episode terakhirnya. Tayang sebanyak 16 episode, "Itaewon Class" sukses curi perhatian penikmat drama Korea dengan perolehan rating tertinggi hingga 14 persen. 

"Itaewon Class" berkisah tentang seorang mantan narapidana bernama Park Sae Ro Yi yang mencari keadilan atas kematian ayahnya dan berusaha berjuang hidup di penjara selama bertahun-tahun untuk membalas dendam. Drama ini memang cukup kental mengangkat isu yang terjadi di tengah masyarakat seperti ketidakadilan, gender, kesehatan mental, serta diskriminasi perilaku yang diterima sebagai mantan narapidana. Tapi, tak lengkap rasanya jika drama Korea tidak menyelipkan adegan percintaan di dalamnya. 

Dibuat seapik mungkin, Park Sae Ro Yi (Park Seo Jeon) juga dihadapkan pada pilihan hati yang rumit. Kehadiran dua wanita dalam drama "Itaewon Class" menjadi penyempurna tokoh sentral Park Sae Ro Yi saat menghadapi problematika hidup. Oh Soo Ah, seorang wanita cantik yang ia kenal selama 10 tahun dan merupakan cinta pertamanya. Lalu, ada Ji Yi Seo, seorang wanita berpakaian nyentrik dengan kepribadian sosiopath yang gigih mendapatkan Park Sae Ro Yi meski telah berulang kali ditolak. Semakin menarik, bukan?

Satu hal yang membuat drama ini semakin layak untuk ditonton, tidak hanya berisi pesan inspiratif dari para tokoh tapi "Itaewon Class" turut menyuguhkan pelajaran cinta yang menyentuh tanpa perlu menampilkan adegan yang didramatisir. Selengkapnya di bawah ini:

1. Cinta boleh, bucin jangan

Menyentuh, Ini 5 Pelajaran Cinta dari Serial Itaewon Classwww.soompi.com

Jatuh cinta memang berjuta rasanya sampai seluruh perhatikan dan pikiran akan terfokus pada orang yang disuka. Tak jarang pula, kamu dengan mudahnya memberikan kepercayaan meski belum berstatus resmi. Terdengar klise tapi itulah yang dirasakan kala mencintai seseorang. 

Park Sae Ro Yi pun demikian. Berada dalam kondisi terpuruk dan tidak terlalu memiliki banyak teman, Park Sae Ro Yi seolah mendapat secercah harapan saat Oh Soo Ah, salah satu teman sekolahnya mau berteman dengan dirinya, mengunjunginya di penjara, sampai mengirimkan surat yang menguatkan Park Sae Ro Yi dalam menjalani hidup di penjara.

Tapi sayangnya, perasaan Park Sae Ro Yi yang terlalu dalam ke Oh Soo Ah sempat membutakan hatinya. Ia sangat memercayai Oh Soo Ah meski Oh Soo Ah secara terang-terangan menusuknya dari belakang demi loyal terhadap perusahaan. 

Sama halnya dengan hubungan percintaan, mencintai seseorang sah-sah saja tapi kamu juga perlu menyelaraskan akal dan hatimu agar tidak mudah terbius dengan orang-orang yang berniat memanipulasi hubungan demi keuntungan dirinya semata. Apalagi, kalau kamu dan si dia belum berstatus resmi alias baru PDKT, nih. Cinta sih boleh tapi jangan sampai kamu terjebak di zona bucin alias jadi budak cinta, ya.  

2. Kalau cinta, ungkapkan lalu gigihlah dalam mendapatkannya

Menyentuh, Ini 5 Pelajaran Cinta dari Serial Itaewon Classwww.meaww.com

Selain Oh Soo Ah, ada sosok perempuan nyentrik dengan kecerdasan di atas rata-rata dan seorang selebgram, yang punya peran penting dalam serial tersebut. Sosok ini juga diceritakan memiliki gangguan mental, yaitu sosiopath

Tokoh Jo Yi Seo yang diperankan oleh Kim Dami sangat menarik perhatian mulai dari potongan rambut, gaya berpakaian, sikap, serta kepribadiannya cukup unik. Dengan kecerdasan di atas rata-rata, Jo Yi Seo bisa saja melanjutkan pendidikan ke universitas ternama di Korea namun setelah bertemu dengan Park Sae Ro Yi untuk kedua kalinya, Yi Seo memilih terus berdekatan dengan Sae Ro Yi di kedai Dan Bam sebagai manajer. 

Ia sangat menyukai Sae Ro Yi dan berusaha keras merebut hati Sae Ro Yi dari Oh Soo Ah. Meski Sae Ro Yi secara tegas menolaknya dan meminta Yi Seo untuk tidak mencintainya. Tapi, dalamnya hati seseorang siapa yang tahu?. Keseriusan Yi Seo menyukai Sae Ro Yi lebih dulu ternyata membuahkan hasil, Sae Ro Yi mulai sadar ada seseorang yang berjuang lebih keras di sampingnya.

Kini, saat kamu jatuh cinta dengan seseorang. Jangan dipendam seorang diri, ungkapkan saja. Berani dan jujurlah dengan perasaanmu, tak mudah memang tapi dengan begitu orang yang kamu incar, jadi tahu tentang perasaanmu. Ditolak atau diterima, itu urusan nanti. Kalau kamu mau bersikap seperti Yi Seo, tunjukkan saja kegigihanmu dalam merebut hati si dia. Mungkin si dia akan berubah pikiran seperti hati Sae Ro Yi ke Yi Seo. 

3. Terbutakan cinta, akal menjadi tidak sehat

Menyentuh, Ini 5 Pelajaran Cinta dari Serial Itaewon Classwww.dramaobsses.com

Kalimat sulit berteman dengan seorang pria tanpa menimbulkan benih cinta memang benar adanya. Hal ini juga yang dirasakan oleh second male lead, Jang Geun Soo yang diperankan oleh Kim Dong Hee dan menaruh hati pada Jo Yi Seo. 

Jang Geun Soo bak malaikat penolong bagi Yi Seo, ia selalu ada di sisi Yi Seo kapanpun Yi Seo membutuhkan dirinya. Bahkan, ia juga rela bekerja bareng Yi Seo di kedai Dan Bam. Yi Seo mengetahui Geun Soo menyimpan rasa padanya tapi Yi Seo memilih membiarkannya. Terbutakan cinta ke Yi Seo, ia rela  bermain curang dan menjadi sosok yang ambisius ketika menjabat sebagai pewaris perusahaan ayahnya. Geun Soo berupaya mengalahkan Dan Bam dengan cara licik. Ia sudah tidak lagi memikirkan rasa persahabatan yang dulu muncul dalam dirinya ketika bekerja di Dan Bam

Begitu pula dengan hubungan, saat hati bertepuk sebelah tangan maka akal pun menjadi tidak sehat. Segala macam cara akan dilakukan untuk mendapatkan si dia tapi bukannya mendapatkan hatinya, kamu malah akan membuatnya tersiksa dengan cinta yang dipaksakan. Jangan melakukan hal yang di luar nalar apalagi sampai memakai cara tak lazim hanya untuk membuat pujaan hati menerima dirimu, karena dipaksakan sekeras apa pun, hati akan selalu tahu ke mana harus berlabuh

4. Pertahankan dia yang rela berjuang di sampingmu

Menyentuh, Ini 5 Pelajaran Cinta dari Serial Itaewon Classwww.pinterest.com/zefanyruth

Sejak awal Park Sae Ro Yi menyatakan bahwa ia hanya menyukai Oh Soo Ah, perempuan yang telah ia kenal selama 10 tahun dan menjadi cinta pertamanya itu. Ia sama sekali tidak melirik Yi Seo sebagai perempuan di matanya. Hal itu tergambar jelas di ucapan Sae Ro Yi saat mereka bermain truth or dare di sebuah kedai. 

Namun, perlahan Sae Ro Yi sadar perasaan tidak lagi sama saat melihat kegigihan Yi Seo dalam mempertahankan Dan Bam dan membantu dirinya mewujudkan Dan Bam menjadi sukses. Mereka sama-sama berjuang membangun kembali Dan Bam yang sempat dihancurkan. 

Dalam hal percintaan, dia yang rela berjuang membantumu di saat susah dan mau menemanimu untuk wujudkan mimpi idealismu dengan hati yang tulus. Terima dan pertahankan dia karena dia yang paling tahu bagaimana susahnya dirimu dalam berjuang dan tidak menyerah dengan apa pun. Jangan pernah tersilaukan dengan seseorang yang tiba-tiba ingin berada di sampingmu saat sinar kesuksesan menghampiri, karena itu tidak akan bertahan lama. 

5. Terima dan pahami sifat seseorang, biarkan si dia berproses

Menyentuh, Ini 5 Pelajaran Cinta dari Serial Itaewon Classwww.allkpop.com

Sosok Park Sae Ro Yi di drama “Itaewon Class“ ini menjadi tokoh sentral yang memiliki kepribadian keras kepala, berprinsip teguh dalam mencapai tujuan hidup, dan tidak peduli berapa kali terjatuh tetapi tetap berusaha bangkit. Meski sudah diingatkan oleh Yi Seo tentang sifatnya yang terlalu idealis dan tidak realistis dalam membangun bisnis, Sae Ro Yi tetap bersikeras dengan prinsipnya.

Yi Seo melakukan banyak hal dan berusaha mengingatkan sikap Sae Ro Yi yang tidak realistis, karena ia peduli dengan pria incarannya itu. Yi Seo tidak ingin Sae Ro Yi kembali gagal. Tapi, sikap Yi Seo justru ditentang oleh Oh Soo Ah yang mengenal baik Sae Ro Yi sejak sekolah. Oh Soo Ah mengatakan jika Yi Seo ingin berjalan bersama Sae Ro Yi, jangan menyuruhnya berubah tapi Yi Seo harus memahami sifat keras kepala Sae Ro Yi.

Saat kamu menjalin hubungan dengan seseorang. Terkadang, kamu berusaha keras untuk mengubahnya agar sejalan denganmu. Jika hal itu terjadi maka hampir setiap hari kamu akan bertengkar dengannya. Selama itu masih dalam batas normal dan tidak menyalahi aturan, pahami dia dengan segala kekurangannya dan lengkapi dia untuk tetap berada di sisinya. Dengan perjuanganmu, jika si dia sadar dirimu berarti baginya lambat laun dia akan berproses mengubah sifatnya tersebut seperti sikap Sae Ro Yi yang akhirnya melunak ke Yi Seo. Butuh waktu dan tidak terjadi dalam waktu singkat.

Ketiga tokoh dalam “Itaewon Class“ ini berhasil menghadirkan adegan percintaan yang lembut dan menggemaskan. Pesan cinta yang tersirat pun disampaikan dengan sangat baik oleh mereka. Semakin penasaran dengan kisah dari “Itaewon Class”, Bela? Segera tonton saja!

Baca Juga: 8 Pelajaran Hidup yang Perlu Kamu Ketahui Sebelum Menginjak Usia 30