Membuat keputusan untuk menikah tentu bukan hal yang mudah. Selain membutuhkan materi untuk membangun sebuah rumah tangga, kamu juga perlu memiliki kesiapan mental untuk mengucapkan “Ya, aku bersedia menjalani hidup bersamamu” pada si dia. Nyatanya, setiap orang memiliki waktu yang berbeda. Ada yang baru menjalani hubungan dalam waktu yang singkat dan langsung berani mengambil langkah serius, namun ada pula yang telah menjalani hubungan hingga belasan tahun dan masih belum yakin untuk melanjutkannya. Sebenarnya, berapa lama sih waktu yang dibutuhkan seseorang untuk memantapkan hatinya?

Menurut Survei, Inilah Lama Pacaran yang Ideal Sebelum Menikahwww.imdb.com
 

Berdasarkan penelitian terhadap 4 ribu pengantin yang dilakukan Bridebook.co.uk, rata-rata mereka membutuhkan waktu selama 4,9 tahun bagi setiap pasangan untuk melanjutkan ke jenjang pernikahan. Hal ini dianggap menjadi waktu yang ideal bagi mereka untuk saling mengenal dan mengetahui kepribadian masing-masing. Semakin lama kamu berhubungan dengannya, maka semakin terbuka pula sifat dan pola komunikasi yang sebenarnya di hadapannya. Kamu nggak perlu malu lagi untuk tertawa terbahak-bahak atau bahkan membuang gas di hadapannya. Apapun yang kamu pikirkan akan bisa langsung diucapkan tanpa merasa malu.

Menurut Survei, Inilah Lama Pacaran yang Ideal Sebelum Menikahwww.imdb.com
 

Sedangkan rata-rata umur wanita memilih untuk menikah adalah saat berusia 30,8 tahun dan pria berumur 32,7 tahun. Fakta ini membuktikan adanya pergeseran umur beberapa puluh tahun yang lalu di mana banyak perempuan yang memilih menikah muda di usia belasan tahun dan pria dibawah umur 25 tahun. Nampaknya hal ini dipengaruhi oleh perubahan prioritas seperti karier, jabatan, hingga merasa belum menemukan jodoh yang tepat. Lalu, bagaimana denganmu, Bela?

BACA JUGA: Mau Menikah tapi Nggak Tahu Mulai dari Mana? Ikuti Cara Ini Saja