Dibanding hubungan jarak dekat yang segala sesuatunya bisa diselesaikan bersama dan bertemu secara langsung, membina hubungan jarak jauh alias LDR dinilai lebih sulit. Karena ketika jarak terbentang dan jarang bertemu, ditakutkan ada pihak yang diam-diam mempermainkan.

Meskipun kemungkinannya besar untuk terjadi hal-hal buruk dalam hubungan jarak jauh, bukan berarti nggak bisa dijaga dengan baik jika sama-sama serius dan yakin. Celah untuk bermain di belakang pengetahuan pasangan memang besar, tapi itu juga tergantung dari apakah kamu dan pasangan bisa menjaga hubungan tetap sehat dan bersih atau tidak. Beberapa caranya akan dibahas lebih lanjut pada lima poin berikut ini. Simak baik-baik, ya! 

1. Mengedepankan keterbukaan dan kejujuran

5 Cara Jaga Hubungan LDR Tetap Sehat dan Langgeng Hingga PelaminanPexels.com/Andrea Piacquadio

Cara pertama untuk menjaga hubungan jarak jauh tetap sehat ialah dengan mengedepankan keterbukaan dan kejujuran. Mulai dari hal paling kecil dan sepele sekalipun hingga hal besar yang memang perlu diketahui pasangan.

Menerapkan hal ini pun sebenarnya juga gak gampang, yang mana antara satu sama lain harus saling percaya untuk bisa terbuka dan jujur mengenai hal manis dan pahit. Meskipun awalnya sulit, tapi kalau terus dibiasakan justru sangat bagus untuk hubungan terutama hubungan jarak jauh. 

2. Menyempatkan waktu untuk deep talk

5 Cara Jaga Hubungan LDR Tetap Sehat dan Langgeng Hingga PelaminanPexels.com/Gustavo Fring

Cara selanjutnya untuk menjaga hubunganmu tetap sehat meskipun jarak jauh ialah dengan selalu menempatkan waktu untuk deep talk. Mau itu sedang ada masalah ataupun tidak, ngobrol secara mendalam sangatlah penting untuk menjaga keterikatan hati.

Bisa membicarakan perihal keluarga, pekerjaan, hal yang dialami dengan orang sekitar ataupun berbagi pemikiran tentang prinsip hidup. Selain menjaga hubungan tetap sehat dan terbuka, hal ini juga membuat kalian jadi lebih memahami satu sama lain setiap kali deep talk. 

3. Saling mendukung karier dan kehidupan satu sama lain dari kejauhan

5 Cara Jaga Hubungan LDR Tetap Sehat dan Langgeng Hingga PelaminanPexels.com/Andrea Piacquadio

Kalau mau hubungan yang dijalani tetap sehat meskipun berjauhan, maka pastikan kamu dan dia sama-sama mendukung karier dan kehidupan satu sama lain. Memberi kebebasan dan menjaga kenyamanan satu sama lain selama berhubungan.

Sebab, meskipun berstatus sebagai kekasih, pasangan tidak bisa mengatur penuh hidupmu, begitu juga kamu pada dia. Terlebih lagi dengan saling mendukung seperti ini kalian jadi bisa sama-sama fokus menyukseskan diri dan mengejar kebahagiaan masing-masing.

4. Menjaga kepercayaan dengan tahu batasan terhadap lawan jenis di sekitar

5 Cara Jaga Hubungan LDR Tetap Sehat dan Langgeng Hingga PelaminanPexels.com/Helena Lopes

Salah satu hal paling menakutkan saat menjalin hubungan jarak jauh kalau ternyata diselingkuhi diam-diam. Maka dari itu, cara untuk menjaga hubunganmu tetap sehat ialah masing-masing harus tahu batasan terhadap lawan jenis di sekitarnya.

Mau itu kamu ataupun pasangan harus sama-sama terbuka perihal kedekatan terhadap lawan jenis lain ketika berjauhan. Apalagi kalau punya banyak teman lawan jenis, maka satu sama lain harus tahu batasan dan menjaga jarak aman ketika berinteraksi demi menjaga perasaan dan kepercayaan pasangan. 

5. Sama-sama berjuang untuk menempuh tujuan dalam hubungan

5 Cara Jaga Hubungan LDR Tetap Sehat dan Langgeng Hingga PelaminanPexels.com/Transtudios Photography & Video

Yang terakhir, baik kamu maupun pasangan harus sama-sama berjuang untuk menempuh tujuan  dalam hubungan kalian. Misalnya, tujuannya adalah pernikahan, maka kedua belah pihak mesti berjuang supaya hal itu bisa terwujud meskipun saling berjauhan.

Sebab, jarak sebenarnya tidak menjadi penghalang untuk menyatukan kedua pasangan dalam ikatan suci pernikahan. Kenapa yang berjuang harus dua-duanya? Supaya tidak ada ketimpangan usaha untuk mencapai kebahagiaan bersama, dan hubungan pun bisa semakin kuat. 

Itulah tadi lima caranya kalau mau menjalin hubungan LDR yang sehat dengan pasangan. Meskipun berjauhan, tapi kalian tetap saling menjaga keyakinan dan berjuang untuk hubungan yang dijalin. 

Disclaimer: Artikel ini sudah diterbitkan di laman IDN Times dengan judul "5 Cara Jaga Hubungan LDR Tetap Sehat, Saling Terbuka meski Berjauhan"

Baca Juga: Bukan Karena Jarak, Ini 5 Penyebab Kandasnya Hubungan LDR

Baca Juga: 6 Aplikasi Seru untuk Para Pejuang LDR

Baca Juga: Kangen Pasangan? Yuk, Simak 4 Tips agar Tetap Bahagia Saat LDR