Setiap hubungan percintaan akan selalu mengalami pasang surut. Nggak ada hubungan yang mulus dan selalu bahagia. Meski begitu, kamu tetap masih bisa menyelamatkan hubungan agar tak kandas di tengah jalan.

Caranya adalah hindari melakukan kesalahan dan berekspektasi tinggi dari pasangan. Ingin selalu dicintai dan disayangi pasangan memang hal yang wajar. Namun, letak kesalahan yang bisa merusak hubungan percintaan adalah ketika salah satu pihak mulai mengharapkan sesuatu yang lebih.

Segala jenis hubungan yang sehat pasti membutuhkan proses dan usaha. Butuh perjuangan setara antara kamu dan pasangan. Jika ingin hubungan baik-baik saja, maka kendalikan keinginanmu yang berlebihan itu.

Berikut adalah lima ekspektasi yang harus kamu hindari saat menjalani hubungan percintaan. Dengan begitu, kamu nggak akan merasa kecewa saat ekspektasi tak terpenuhi.

1. Menginginkan pasangan selalu romantis

Agar Tak Kecewa, 5 Ekspektasi Ini Perlu Dihindari Saat Menjalin AsmaraPexels.com/Yaroslav Shuarev

Sadari dan pahamilah bahwa setiap orang memiliki kegiatan lainnya untuk diurus, selain memikirkan membuatmu bahagia. Menjalani hubungan percintaan akan ada saatnya pasanganmu nggak bisa melakukan hal-hal yang membuatmu senang sepanjang waktu.

Dia juga manusia sama seperti kamu, sosok yang membutuhkan waktu untuk bersantai dan menenangkan pikirannya. Sehingga, dia bisa saja suatu ketika membuatmu nggak tersenyum karena kurang memperhatikanmu. Jika terjadi hal seperti itu, hal yang paling tepat untuk kamu lakukan adalah bersabar dan mengerti.

2. Tak ingin pasangan bertemu lawan jenis

Agar Tak Kecewa, 5 Ekspektasi Ini Perlu Dihindari Saat Menjalin AsmaraPexels.com/Vlada Karpovich

Sebaiknya jangan terlalu berekspktasi seperti ini. Ingatlah bahwa pasanganmu adalah manusia biasa. Dia juga harus berinteraksi dengan siapa saja. Hanya karena dia menjalin hubungan asmara denganmu, bukan berarti nggak boleh berinteraksi lawan jenisnya, ya.

Percayalah padanya, jangan terlalu khawatir dia akan mengkhianatimu. Jika kamu nggak ingin dia bertemu dan berinteraksi dengan lawan jenisnya, itu hanya akan menunjukkan bahwa dirimu tak menaruh kepercayaan terhadapnya. Milikilah harapan yang sewajarnya saja, dijamin kamu akan bahagia dalam menjalani hubungan asmara dengannya.

3. Berekspektasi pasanganmu selalu ada untukmu

Agar Tak Kecewa, 5 Ekspektasi Ini Perlu Dihindari Saat Menjalin AsmaraPexels.com/Ron Lach

Kamu harus mulai belajar untuk menghargai apa yang kamu miliki dalam hidupmu sendiri. Pasanganmu nggak akan pernah bisa selalu ada setiap waktu untukmu dan itu bukan menjadi masalah besar dalam hubungan. Dia juga sama dengan kamu yang memiliki keluarga dan sahabat yang dia butuhkan untuk menyeimbangkan hidup.

Bisa juga dia memiliki tuntutan pekerjaan yang harus segera diselesaikan, sehingga itu membuatnya sangat sibuk dan menyita perhatiannya. Solusi terbaik jika terjadi seperti ini adalah saling mengerti dan memahami. Kamu juga bisa memberikan ruang kepada diri untuk belajar dan bertumbuh mandiri.

4. Berharap dia setuju dengan semua pendapatmu

Agar Tak Kecewa, 5 Ekspektasi Ini Perlu Dihindari Saat Menjalin AsmaraPexels.com/Katerina Holmes

Memiliki sudut pandang berbeda akan membuatmu menjadi sosok yang bijaksana dan fleksibel. Jika kamu berpikir dan berharap dia akan selalu mendukung setiap hal yang kamu katakan, maka sebenarnya kamu sudah salah memilih pasangan berkencan.

Jika selalu setuju dengan apa yang menjadi pendapatmu, itu menunjukkan bahwa dia bukanlah orang yang benar-benar mencintaimu. Orang yang tak memiliki pendirianlah yang pasti mau mengikuti semua yang kamu katakan. Bagi orang yang berkualitas, dia nggak akan mungkin menerima apa pun yang kamu ingin lakukan setiap saat.

5. Hubungan akan selalu damai tanpa konflik

Agar Tak Kecewa, 5 Ekspektasi Ini Perlu Dihindari Saat Menjalin AsmaraPexels.com/Samson Katt

Apakah kamu mempunyai harapan bahwa hubungan yang kalian jalani nggak akan ada pertengkaran? Perlu kamu ketahui, bahwa salah satu ciri hubungan yang sehat adalah adanya konflik yang terjadi dan kalian mau untuk saling menemukan solusinya.

Konflik yang terjadi seperti sedikit pertengkaran adalah bagian penting dari sebuah hubungan asmara untuk memicu mempertahankan cinta kalian. Sebenarnya, itu yang membuat kamu dan dia saling menginginkan kehadiran satu sama lain.

Apabila kelima ekspektasi di atas bisa kamu hindari, maka hubungan percintaan akan terselamatkan dan memberi kebahagiaan untuk kalian. Sekarang, belajarlah untuk bisa saling menerima serta menghargai satu sama lain.

Disclaimer: Artikel ini sudah diterbitkan di laman IDN Times dengan judul "Rawan Kecewa, 5 Ekspektasi yang Harus Dihindari saat Menjalin Hubungan"

Baca Juga: 5 Tips Menjalin Hubungan Harmonis dengan Keluarga Pasangan

Baca Juga: 9 Alasan untuk Nggak Menjalin Hubungan Jangka Panjang di Usia 20-an

Baca Juga: Lama Menjalin Hubungan dengan Si Dia Bikin Kamu Sadar Akan 6 Hal Ini!